Cuma 50 Jutaan! Berikut Perhitungan Biaya Bangun Rumah Type 45

Estimasi Biaya Bangun Rumah Type 45

RANAHSOLUSI.WEB.ID --- Dalam membangun rumah minimalis, memang dibutuhkan perencanaan yang baik, mulai dari konsep untuk buat desain, denah, hingga cara menghitung biaya pembangunan. Mau bikin rumah type 45? Bisa! Lalu, berapa estimasi biaya bangun rumah type 45? Apa benar, dengan modal Rp 50 juta bisa dilakukan? Bisa! Asalkan Anda tahu tips dan trik cara bangun rumah yang hemat.

Jangan, khawatir, ranahsolusi akan membahas semua yang dibutuhkan dalam rangka menaksir biaya bangun rumah minimalis type 45 beserta tips agar bisa membangun rumah dengan dana terbatas. Sebelum masuk ke perhitungan, Anda perlu memahami terlebih dahulu konsep desain rumah seperti apa yang ideal untuk rumah type 45, terutama jika buat rumah minimalis sederhana dengan biaya 50 jutaan. Apakah bisa rumah 2 lantai? Berikut ulasannya.

Konsep Rumah Minimalis

Rumah minimalis merupakan rumah yang memiliki konsep pengaturan furnitur dengan kuantitas yang minim dan desain yang relatif sederhana tapi bisa dibuat modern. Rumah minimalis terdiri dari beberapa tipe, ada rumah type 21, rumah type 36, rumah type 45, rumah type 60 dan lainnya.

Apa yang dimaksud type ini? Type ini dapat diartikan sebagai ukuran bangunan rumah yang dihitung dalam skala per meter persegi. Meskipun begitu, Anda juga perlu mengetahui bahwa ada juga rumah minimalis sederhana dengan type 36/72 atau rumah type 45/70, dan sejenisnya. Apa maksudnya? Hal ini berarti bahwa rumah dengan type 36/72 di mana ukuran luas bangunan rumah yaitu 36 meter sedangkan luas tanahnya 72 meter persegi.

Begitu juga dengan rumah minimalis type 45/70, di mana ukuran luas bangunan rumah yaitu 45 meter dan 70 meter nya adalah ukuran luas tanah. Oh, ya, jangan salah, rumah minimalis tidak hanya mengarah untuk rumah 1 lantai saja, tetapi juga bisa dimaksudkan untuk konsep desain rumah 2 lantai, seperti rumah type 36 2 lantai, rumah minimalis type 45 2 lantai, dan seterusnya. Dengan kata lain, luas bangunan dan tanah tetap, hanya saja ukuran tinggi bangunan yang berbeda.

Bagi Anda yang berencana ingin bangun rumah sendiri khususnya type 45, maka untuk mengetahui berapa biaya bangun rumah type 45 tersebut, Anda harus menentukan terlebih dahulu seperti apa konsep dan detail rumah.

Misalnya, untuk mengetahui biaya bangun rumah secara detail, Anda bisa mencari inspirasi desain rumah minimalis type 45 yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan Anda. Kemudian, tentukan, mau rumah type 45 seperti apa, apakah 1 lantai atau rumah 2 lantai? Apakah dengan 2 kamar atau dengan 3 kamar tidur? Lalu, bagaimana tata letak dan denah rumah, seperti apa rancangannya? Hal-hal semacam inilah yang mesti Anda persiapkan agar bisa lebih detail mengetahui konsep rumah.

Tentukan Konsep Rumah Sendiri

Biaya Bangun Rumah Type 45 3 Kamar

Rancangan rumah memang harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu, seperti menentukan konsep desain, denah, dan seterusnya. Dari situlah nantinya Anda dapat membuat estimasi anggaran bangun rumah. Jika anggaran biaya sudah dibuat, maka Anda bisa memulai untuk mencari modal agar bisa merealisasikan rumah type 45 tersebut.

Konsep rumah minimalis memang sangat sederhana, tapi mampu memberikan kesan nyaman pada penghuninya. Dengan ciri khasnya yang serba minimalis, seperti furnitur rumah, maka perawatan rumah pun bisa lebih praktis.

Ada beberapa perbedaan ketika Anda ingin bangun rumah dengan membeli rumah siap jadi. Kalau membeli rumah jadi, Anda tinggal menempatinya saja, dan Anda juga bisa langsung mencari rumah yang memiliki lokasi strategis, atau yang sesuai dengan konsep Anda, meskipun harus berjuang untuk mendapatkan yang sesuai.

Sedangkan jika membangun rumah idaman sendiri, Anda bisa lebih leluasa dalam menciptakan konsep desain rumah yang orisinil atau sesuai dengan karakter Anda. Dengan kata lain, sepenuhnya keputusan mengenai desain rumah ada di tangan Anda. Bahkan, Anda juga bisa menentukan detail penggunaan material bangunan rumah sehingga di sanalah ada kesempatan untuk menghemat biaya bangun rumah type 45 tersebut.

Mau bangun rumah dengan biaya 50 juta? Tentu saja bisa, karena Anda lah yang mengendalikan semua biaya pembangunan rumah. Ingat, biaya bangun rumah itu relatif, tergantung dari individu. Ada individu yang bangun rumah type 36, tapi bisa menghabiskan dana hingga ratusan juta.

Kenapa demikian? Sekali lagi, itu tergantung individu, bisa jadi ia pengin bangun rumah type 36 dengan konsep modern mewah. Tentu saja, butuh material yang juga mewah. Nah, pertanyaannya, Anda mau buat rumah macam apa? Apakah rumah minimalis sederhana? Jika seperti itu, maka biaya bangun rumah type 45 dengan modal Rp 50 jutaan punya potensi untuk terealisasi. Untuk lebih jelas, berikut estimasi perhitungan biaya bikin rumah tersebut.

Perhitungan Biaya Membangun Rumah Minimalis Biaya 50 Jutaan

Nah, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, di sini, ranahsolusi akan memberikan contoh estimasi perhitungan biaya bangun rumah minimalis type 45 yaitu dengan konsep sederhana, bukan konsep mewah. Oh, ya, satu hal lagi, untuk biaya 50 juta, maka Anda bisa buat desain 2 kamar atau 3 kamar, tergantung keinginan Anda. Jika buat desain 2 kamar tidur, tentu bisa lebih hemat pengeluaran dibanding desain 3 kamar.

1. Biaya Material Bahan Bangunan

Pusat perhatian Anda harus lebih tajam pada elemen material bahan bangunan ini. Kenapa? Ya, karena sebagian besar biaya pembangunan rumah berasal dari elemen ini. Jadi, material bahan bangunan inilah yang paling banyak menguras dana. Oleh karena itu, untuk menghemat biaya bangun rumah type 45 dengan konsep 3 kamar, Anda mesti jeli dan cermat dalam memilih material bangunan yang bagus dan ekonomis.

Material Semen
Inilah salah satu material utama yang mesti ada dalam pembangunan rumah. Hampir setiap sisi rumah secara umum pasti memakai bahan semen, apakah untuk pembuatan dinding kamar, wc, dan sebagainya. Untuk pemakaian semen itu sendiri, besaran biaya yang dibutuhkan tergantung dari konsep rumah. Untuk harga satuan semen per sak (50 kg), Anda bisa mendapatkan dengan harga standar yaitu sebesar Rp 50 ribu per kantong.

Material Batu Bata Merah
Batu mata juga merupakan salah satu elemen pokok dalam bangun rumah. Bahkan, komposisi rumah secara umum pasti melibatkan elemen ini. Untuk membuat anggaran biaya pembelian batu bata merah, Anda bisa menghitung dengan luas bangunan per meter terlebih dahulu, kemudian tinggi rumah. Dari sanalah Anda bisa membuat estimasi kuantitas batu bata yang dibutuhkan untuk rumah minimalis type 45. Berapa harga batu bata merah tahun 2019? Standarnya, batu bata merah bisa didapatkan dengan harga Rp 800 per batang.

Material Pasir
Dalam pembangunan rumah, pasir dibutuhkan sebagai elemen campuran dari semen. Untuk kuantitas pasir yang dibutuhkan juga tergantung konsep desain rumah yang dibangun. Dengan kata lain, harus menyesuaikan. Berapa harga pasir tahun 2019 ini? Jika dihitung per meter kubik, maka harga pasir berada di kisaran Rp 200 ribuan. Kalau Anda mau lebih hemat, Anda bisa mencari dan membeli secara langsung ke penambang pasir.

Material Batu Kali
Berapa biaya untuk membeli batu kali? Sama seperti material pasir, umumnya harga material batu kali tahun 2019 ini dipatok di harga Rp 200 ribuan per meter kubik. Anda bisa membeli material ini ke penambang batu secara langsung agar lebih hemat biaya. Untuk pembeliannya, mungkin bisa sejalan dengan pembelian material pasir. Namun, itu tergantung pilihan Anda.

Material Kayu
Material kayu juga merupakan elemen penting dalam proses konstruksi pembangunan rumah, terutama dipakai dalam membantu pembuatan kerangka rumah dan bagian atap rumah. Untuk harga material kayu sangat relatif, tergantung ukuran. Namun, jika dibuat estimasi, maka Anda bisa mendapatkan material ini di harga kisaran Rp 75 ribu - Rp 100 ribu.

Material Paku
Biaya material ini termasuk yang paling murah dan penggunaannya pun juga sangat relatif. Berapa harga paku saat ini? Untuk biaya pembelian material paku, Anda bisa membeli di harga Rp 30 ribuan per kg. Namun, itu juga tergantung ukuran paku yang Anda gunakan. Setiap ukuran memiliki harga yang berbeda-beda.

Material Besi
Sebagai salah satu material penting terutama dalam pondasi rumah, Anda tidak bisa mengabaikan biaya material ini dalam bangun rumah type 45 tersebut. Material inilah yang dapat membantu suatu bangunan terlihat lebih kokoh, meskipun material lain juga memiliki peran yang sama. Untuk harga material besi, Anda bisa membeli di harga standar yaitu sekitar Rp 15 ribu - Rp 100 ribu per batang.

Material Atap Rumah
Umumnya, material atap rumah yang digunakan yaitu seng dan genteng. Anda mau gunakan yang mana? Apa pun konsep rumah yang Anda buat, pastikan Anda membuat anggaran untuk pembelian material ini, ya.

Material Finishing Rumah
Untuk biaya material finishing rumah, seperti biaya pembelian cat, keramik, dan sejenisnya, juga tidak boleh Anda lupakan. Untuk harga, Anda bisa cek di toko bangunan, tergantung motif dan ukuran material yang Anda beli.

2. Biaya untuk Tukang Bangunan

Estimasi Biaya Bangun Rumah Type 45

Tukang bangunan merupakan aktor utama dalam proses bangun rumah Anda. Apa pun konsep desain rumah yang Anda buat, termasuk rumah minimalis sederhana type 45, maka tukang bangunanlah yang mewujudkan pembangunan rumah tersebut. Oleh karena itu, Anda mesti membuat anggaran biaya untuk jasa tukang bangunan.

Berapa alokasi biaya untuk jasa tukang bangunan? Biaya jasa tukang memang bervariasi, namun jika dilihat secara umum, harga tukang berada di kisaran Rp 80 ribu - Rp 125 ribu. Lalu, untuk bangun rumah type 45 3 kamar tidur, berapa jumlah tukang yang dibutuhkan. Ini tergantung Anda, namun setidaknya Anda bisa menggunakan 3 orang tukang. Bagaimana jika menggunakan lebih? Boleh saja, asalkan Anda mau membayarnya. Hehehe

Oh ya, satu hal lagi, kenapa tidak menggunakan jasa kontraktor saja? Seperti yang ranahsolusi jelaskan sebelumnya, jika konsep desain rumah yang Anda buat adalah konsep sederhana yang mampu menghemat biaya, maka sepertinya menggunakan jasa kontraktor kurang tepat. Kenapa? Jelas, biaya bangun rumah type 45 dengan menggunakan jasa kontraktor pasti lebih mahal daripada menggunakan jasa tukang biasa.

Meskipun begitu, Anda juga tidak boleh asal-asalan dalam memilih tukang bangunan. Carilah yang sudah memiliki pengalaman dalam membangun rumah. Anda bisa bertanya kepada keluarga atau tetangga mengenai jasa tukang yang berkualitas dan ekonomis. Ingat, murah tidak selalu murahan, ya.

3. Biaya Pemasangan Instalasi

Estimasi Biaya Bangun Rumah Type 45

Dalam proses pengerjaan rumah, tentu saja Anda membutuhkan seorang yang ahli dalam hal instalasi, seperti pemasangan instalasi listrik, air, dan sebagainya. Nah, untuk anggaran biaya instalasi secara umum bisa menghabiskan dana kisaran Rp 3 juta - Rp 5 juta. Semua ini sangat relatif, tergantung instalasi seperti apa yang dibutuhkan. Meskipun begitu, Anda tetap harus memasukkan elemen ini ke dalam anggaran biaya bangun rumah type 45 tersebut.

4. Biaya Cadangan

Nah, ada salah satu biaya lainnya yang perlu juga Anda perhatikan, yaitu biaya cadangan dalam pembangunan rumah atau bisa juga sebagai biaya lain-lain. Anda perlu menyisihkan dana untuk biaya ini sebagai cara berjaga-jaga jika terjadi sesuatu di luar perencanaan awal. Untuk jumlah biaya, itu sangat relatif. Tapi setidaknya, Anda perlu membuat anggaran untuk biaya ini. Bisa lebih spesifik? Untuk biaya cadangan, idealnya 10% dari total anggaran yang Anda punya.

Estimasi Biaya Membangun Rumah Minimalis Type 3 Kamar

Dalam melakukan proses bangun rumah sendiri dengan konsep desain minimalis type 45 3 kamar, maka target awal biaya yang ditentukan yaitu Rp 50 jutaan. Nah, untuk melihat bagaimana rincian biaya pembangunan rumah tersebut, berikut penjabaran lengkap yang bisa menjadi gambaran umum kepada Anda.

Biaya Material Rumah
Untuk biaya material rumah, seperti biaya untuk membeli semen, pasir, batu bata, paku, batu kali, kayu, besi, genteng, cat, dan elemen lainnya, diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp 35 jutaan.

Biaya Tukang
Jika diasumsikan ongkos satu orang tukang sebesar Rp 100 ribu per hari, maka ongkos tiga orang tukang yaitu Rp 300 ribu. Anda menargetkan berapa lama dalam proses pembangunan rumah? Apakah 1 bulan atau 2 bulan? Anggaplah Anda menargetkan bangun rumah lebih cepat, yaitu selama 30 hari. Dengan demikian, maka biaya tukang selama satu bulan adalah Rp 300 ribu x 30 = Rp 9 juta.

Biaya untuk Instalasi
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk biaya instalasi berada di kisaran Rp 3 juta - Rp 5 juta. Anggaplah dengan rumah type 45 tersebut, Anda bisa mengambil jalan tengah, yaitu dengan mengeluarkan biaya Rp 4 juta untuk instalasi.

Biaya Cadangan
Biaya cadangan ini merupakan biaya jaga-jaga jika terjadi sesuatu di luar perencanaan awal. Misalnya, adanya penambahan material, atau adanya material yang rusak, dan sebagainya. Untuk biaya cadangan yaitu 10% dari anggaran Anda. Jika Anda membuat anggaran dana untuk bangun rumah sebesar Rp 50 juta, maka setidaknya Rp 5 juta untuk biaya cadangan.

Dengan demikian, maka total estimasi anggaran untuk biaya bangun rumah type 45 yaitu Rp 35 juta + Rp 9 juta + Rp 4 juta + Rp 5 juta = Rp 53 juta.

Jadi, untuk biaya pembangun rumah type 45 dengan konsep 3 kamar tidur, Anda bisa merealisasikan dengan biaya Rp 50 jutaan. Ya, meskipun ini hanya estimasi saja, namun Anda bisa memanfaatkan informasi ini sebagai gambaran umum dan bahan pertimbangan untuk membangun rumah. Sekurang-kurangnya, Anda tahu apa saja biaya yang dibutuhkan dalam bikin rumah. Selebihnya, Anda bisa menggali lebih lanjut.


Oh, ya, estimasi ini merupakan contoh anggaran biaya untuk konsep rumah minimalis sederhana, bukan untuk konsep rumah mewah. Kalau mau membuat rumah dengan desain mewah, tentu saja membutuhkan tambahan dana yang tidak sedikit.

Gunakan Material Bekas sebagai Tips Agar Hemat Bangun Rumah

Perhitungan Biaya Bangun Rumah Type 45

Pada dasarnya, biaya bangun rumah sangat relatif, tergantung banyak faktor. Namun, Anda bisa lebih fokus pada penggunaan material bangunan rumah karena inilah elemen yang paling banyak menguras modal Anda dalam proses buat rumah. Sebagai tips hemat dalam bangun rumah, maka Anda bisa memanfaatkan material bekas yang masih layak pakai. Anda bisa melakukan kombinasi, misalnya, 50% material baru, 50% material bekas, atau dengan porsi yang lain. Semua tergantung Anda.

Apa pun itu, dalam proses menentukan anggaran biaya bangun rumah type 45 ini, pastikan Anda membuat perencanaan yang baik. Hal ini bertujuan agar bisa menghasilkan bangunan rumah yang sesuai dengan harapan. Kemudian, pastikan juga Anda lebih detail dalam membuat konsep rumah sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran lebih terukur tentang estimasi biaya pembangunan rumah. Demikianlah info dari ranahsolusi, semoga bermanfaat, dan jangan alpa untuk membagikan artikel ini, ya.

Postingan terkait: