Catat! Begini Cara Beli Rumah tanpa DP (Uang Muka) dengan KPR

Cara Beli Rumah tanpa DP

Cara Beli Rumah tanpa DP --- Betapa pentingnya fungsi rumah sehingga banyak sekali orang yang berharap bisa memiliki rumah sendiri. Fasilitas yang bisa dimanfaatkan masyarakat salah satunya yaitu KPR (Kredit Perumahan Rakyat) dengan keunggulan cicilan murah! Apakah ada KPR yang menawarkan fasilitas tersebut? Ada! Bahkan, Anda bisa beli rumah tanpa DP! Dengan kata lain, cukup membayar cicilannya saja. Masa, sih? Caranya?

Ya, memang, dalam aturan DP sebelumnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI) tentang ketentuan Loan to Value (LTV) bahwa minimal DP pembelian rumah adalah 15% dari harga rumah. Jadi, jika Anda ingin beli rumah murah dengan harga Rp 300 juta, maka uang muka yang mesti disediakan yaitu sebesar Rp 45 juta. Tapi, itu dulu, ya. Sekarang sudah berbeda lagi. Maksudnya?

Sekarang, aturan DP 15% dari BI tersebut tidak berlaku lagi. Dengan kata lain, BI sudah memberi kebebasan mengenai batas DP rumah pertama. Wah, enak, donk? Ya, kebijakan tersebut tentu saja membuat Anda tidak perlu lagi memikirkan berapa persen DP rumah di tahun 2019 ini. Cukup dengan menyediakan cicilan rumah saja, alias DP nol persen.

Lalu, bagaimana prosedur, langkah-langkah, dan cara beli rumah tanpa DP dengan KPR? Nah, Sebelum kami menjelaskan lebih detail mengenai hal itu, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang KPR.

Kredit Perumahan Rakyat (KPR) tanpa Down Payment (DP)

Cara Beli Rumah tanpa DP

Saat ini, KPR (Kredit Perumahan Rakyat) masih menjadi andalan bagi mayoritas masyarakat Indonesia sebagai jalan untuk membeli dan memiliki rumah. Apalagi dengan melihat kondisi perekonomian Indonesia yang saat ini masih belum stabil. Terlepas dari faktor itu, KPR memang digemari karena memberikan beberapa keunggulan dan keuntungan. Adapun keuntungan menggunakan fasilitas KPR antara lain:
  • Fasilitas KPR memungkinkan Anda untuk menyediakan DP minimal atau dengan uang muka yang relatif kecil. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi secara repot menyiapkan uang dalam jumlah besar. Ini juga bisa mengatasi masalah akan kebutuhan dana tunai yang besar dalam proses pembelian rumah.
  • Fasilitas KPR juga memberikan keringanan kepada Anda dalam hal cicilan atau angsuran karena memang proses KPR umumnya belangsung secara jangka panjang. Jelas, ini berdampak pada nilai cicilan yang relatif kecil atau minimal.

Dahulu, memang KPR dianggap kurang terjangkau karena menuntut calon pembeli rumah untuk menyediakan DP atau uang muka dengan persentase tertentu. Atas kegelisahan itulah muncul sebuah aturan baru mengenai DP KPR yang dimotori oleh BI.

Nah, secara mengejutkan, aturan tersebut memungkinkan Anda untuk membeli rumah tanpa DP, itulah yang disebut sebagai KPR tanpa DP. Dengan demikian, maka proses dan cara beli rumah akan terasa lebih ringan karena Anda hanya butuh menyediakan dana untuk cicilan rumah saja.

Penasaran, seperti apa cara mendapatkan kredit rumah tanpa DP? Di sini, ranahsolusi telah menyediakan informasi secara lengkap mengenai hal itu. Berikut cara mudah memperoleh dan beli rumah tanpa DP.

1. Mencari Developer Rumah yang Bekerja Sama dengan Bank

Untuk melakukan pembelian rumah baru, sudah banyak pengembang yang bekerja sama dengan pihak perbankan dalam memberikan fasilitas KPR rumah tanpa DP. Ya, di dalam kerja sama tersebut, tak jarang pihak developer membayarkan DP terlebih dahulu kepada perbankan. Maksudnya?

Jadi, ketika pengembang melakukan promosi terhadap proyek rumah yang dikelola, mereka seolah-olah menawarkan rumah kepada calon pembeli dengan iming-iming fasilitas kredit tanpa DP. Padahal, skema tersebut tetap terkandung DP meskipun masuk ke dalam pokok harga rumah.

Meskipun begitu, tetap saja Anda sebagai pembeli diuntungkan dengan skema tersebut karena Anda tidak perlu lagi repot-repot menyediakan uang muka. Inilah salah satu cara beli rumah tanpa DP yang bisa Anda manfaatkan.

2. Perjanjian Melalui Perantara Notaris

Ini merupakan salah satu trik yang cukup unik cara beli rumah tanpa DP. Caranya cukup simpel, Anda bisa membeli rumah melalui penjual rumah secara langsung, bukan dari pihak pengembang. Kemudian, Anda yakinkan pihak penjual rumah agar mau menjual rumah tanpa uang muka.

Di sini, Anda harus benar-benar membuat si penjual rumah yakin dan percaya bahwa Anda akan sanggup membayar angsuran atau cicilan meskipun dengan jangka waktu yang lebih panjang karena tidak memakai uang muka di awal. Jika si penjual rumah sepakat dengan negosiasi tersebut, kemudian Anda bisa membuat perjanjian secara tertulis di hadapan notaris mengenai skema beli rumah tanpa DP ini.

Meskipun trik ini memungkinkan untuk dilakukan, tapi ada beberapa kelemahan. Misalnya, Anda belum bisa mendapatkan hak sertifikat tanah atau rumah sebelum melunasi angsuran. Dengan kata lain, kepemilikan atas rumah dan tanah masih atas nama si penjual. Namun, sertifikat rumah tersebut akan aman karena disimpan oleh notaris.

3. Menaikkan Harga Rumah

Cara Beli Rumah tanpa Uang Muka

Alternatif lain yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara beli rumah tanpa DP yaitu bekerja sama dengan pihak developer atau pemilik rumah lama untuk menaikkan harga rumah di depan bank. Maksud menaikkan harga rumah di sini yaitu nominal DP rumah dimasukkan ke dalam harga pokok rumah. Misalnya, harga rumah Rp 400 juta, maka DP yang mesti Anda sediakan yaitu sebesar 15% dari Rp 400 juta, yaitu Rp 60 juta.

Nah, untuk menghindari pembayaran uang muka di awal, Anda bisa meminta pihak developer untuk memasukkan uang DP Rp 60 juta tersebut ke dalam harga pokok rumah, maka seolah-olah harga pokok rumah menjadi Rp 460 juta. Nanti, di depan bank, harga rumah akan menjadi Rp 460 juta. Intinya, ini kesepakatan bersama dan untuk kepentingan pengurusan KPR saja. Aslinya, harga rumah tetap dibayarkan 400 juta.

4. Memanfaatkan Promo dari Pengembang

Salah satu promo yang biasa dilakukan oleh pengembang rumah yaitu dengan menawarkan kredit inhouse. Apa itu kredit dengan sistem inhouse? Ini semacam skema pembayaran di mana Anda mencicil atau membayar angsuran ke developer secara langsung.

Skema inhouse ini bukan berarti tanpa uang muka (DP). Hanya saja, proses pembayaran DP bisa dicicil sampai beberapa kali. Tidak hanya itu, jangka waktu pelunasan rumah pun juga sangat fleksibel, dan pastinya cukup meringankan untuk pembeli. Meskipun skema ini disebut juga sebagai cara beli rumah tanpa DP oleh pengembang, namun ini hanyalah strategi marketing saja. Dengan kata lain, uang muka tetap ada tapi bisa dicicil.

Selain itu, keuntungan sistem inhouse ini juga memungkinkan Anda untuk membayar cicilan murah, yaitu tanpa bunga. Tidak hanya itu, proses, cara, dan prosedurnya pun juga relatif sederhana (tidak ribet), serta juga tidak ada biaya tambahan.

5. Membayar Tunai Langsung (Hard Cash)

Cara Beli Rumah tanpa Uang Muka

Inilah cara beli rumah tanpa DP selanjutnya. Ya, Anda bisa mengumpulkan uang terlebih dahulu hingga mencapai nominal harga rumah. Jadi, Anda tidak perlu lagi memikirkan DP rumah. Cara ini sangat cocok dilakukan bagi Anda yang tidak sedang mendesak ingin memiliki rumah.

Bandingkan Beberapa Developer

Membeli rumah tentu saja membutuhkan modal atau dana yang tidak sedikit. Dengan demikian, Anda mesti berpikir lebih strategis agar bisa mendapatkan rumah dengan cara yang lebih ekonomis. Nah, salah satu cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membandingkan setiap penawaran dari pihak pengembang rumah. Berusaha lebih keras adalah cara yang paling efektif untuk bisa mendapatkan developer terbaik.

Bandingkan Beberapa Bank

Jika Anda sudah menemukan kesepakatan dengan pihak penjual rumah atau developer mengenai harga rumah, maka Anda bisa segera mengajukan kredit rumah ke bank. Untuk mendapatkan harga taksiran yang lebih tinggi, Anda bisa mengajukan kredit rumah ke beberapa bank.

Jika Anda sudah berhasil menemukan bank yang mau memberi harga taksiran tinggi, maka kesempatan Anda terbuka lebar untuk terlepas dari pembayaran DP rumah. Hal ini berpotensi terealisasi jika dana yang cair memiliki nominal besar.

Selain itu, dengan membandingkan beberapa bank, Anda juga bisa melihat dan menilai bank mana yang lebih mudah dalam proses pencairan dana. Semua ini dilakukan hanya untuk satu tujuan, yaitu memaksimalkan keuntungan bagi Anda sebagai peminjam (debitur).

Memahami Proses dan Cara Memperoleh Rumah Tanpa DP

Cara Beli Rumah tanpa Uang Muka

Ketika Anda membuat rencana untuk membeli rumah dengan fasilitas kredit rumah (KPR), maka kemungkinan untuk bisa beli rumah tanpa DP selalu terbuka lebar, asalkan Anda mempelajari setiap tahapan dan prosesnya.

Meskipun begitu, ada baiknya juga Anda memilih skema yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik Anda serta juga harus siap dengan segala risiko yang mungkin terjadi. Dengan kata lain, Anda harus bisa mempersiapkan rencana lain jika rencana awal tidak berhasil.

Selain itu, kami juga memberikan saran kepada Anda untuk mengecek kembali tentang beberapa hal sebelum melakukan pengajuan KPR. Misalnya, apa saja syarat dan ketentuan dalam pengajuan KPR tersebut. Kemudian apa saja biaya-biaya yang mungkin timbul dalam proses pengajuan KPR, serta bagaimana proses dan prosedur dalam pengajuan KPR dari bank yang Anda pilih.

Dengan memperhatikan beberapa hal penting tersebut, Anda bisa mendapatkan kesepakatan yang adil dan menguntungkan serta menghindari segala risiko yang mungkin saja terjadi.

Satu hal lagi yang mesti ingat dan catat bahwa proses perjanjian pengajuan KPR adalah proses jangka panjang sehingga dibutuhkan komitmen baik dari Anda maupun dari pihak bank itu sendiri. Selalu teliti dalam setiap proses dan mempelajari simulasi KRP adalah kunci agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, itulah informasi mengenai cara beli rumah tanpa DP yang bisa menjadi alternatif Anda. Apa pun pilihan Anda, pastikan Anda memiliki perencanaan yang baik dan strategi yang matang. Jangan lupa untuk menyertakan usaha dan dpa dalam mewujudkan apa yang menjadi mimpi Anda. Percayalah, selalu ada jalan untuk menggapai tujuan, asalkan tidak sedikit pun terbesit kata putus asa. Semoga bermanfaat, ya...

Postingan terkait: