12 Tips & Cara Membangun Rumah Dengan Modal 50 Juta, Sampai Beres!

Cara Membangun Rumah Dengan Modal 50 Juta


RanahSolusi --- Jika dipilih satu wadah terbaik untuk berbagi cinta, kasih sayang, tangis dan tawa, maka wadah itu adalah rumah; sebaik-baiknya tempat kembali. Itulah faktor utama setiap orang pengin bangun rumah idaman. Bagaimana cara membangun rumah dengan modal 50 juta? Apakah bisa? Percayalah, dengan tekad dan usaha yang maksimal, bangun rumah murah yang hemat biaya, insyaallah ranahsolusi yakin itu bisa direalisasikan.

Bikin rumah modal 50 juta sebenarnya tidak begitu sulit. Bahkan, itu termasuk anggaran dana atau budget yang ideal untuk bangun rumah. Asalkan, Anda tahu bagaimana cara mengelola pengeluaran dalam proses pembangunan rumah. Nah, berikut ini kami telah menyajikan trik, strategi, dan cara membangun rumah dengan modal 50 juta, sampai selesai!

1. Pastikan Anda Punya Lahan untuk Bangun Rumah, Ya...

Bagi kami, lahan atau tanah menjadi faktor utama yang mesti Anda sediakan dalam membangun rumah dengan modal yang relatif kecil. Bahkan, jika Anda ingin membangun rumah minimalis dengan biaya 70 juta, maka Anda juga harus memiliki bidang tanah yang ideal dan cukup untuk bikin rumah minimalis tersebut. Sebagai mana yang kita ketahui bersama bahwa tanah merupakan salah satu elemen yang paling banyak menguras dana.

Jika Anda sudah memiliki lahan, sebagai tips untuk membangun rumah dengan modal 50 juta, pastikan juga Anda memilih model rumah dengan type yang ideal. Rumah seperti apa yang cocok untuk modal 50 juta? Maksimal, Anda bisa memilih rumah minimalis type 45, namun akan lebih ideal jika Anda membuat rumah type 36. Meskipun begitu, ini sangat relatif dan tergantung pemilihan material bangunan rumah.

2. Rumah Minimalis adalah Pilihan yang Bijak

Sangat bijak jika Anda memilih desain rumah minimalis sebagai pilihan dan cara membangun rumah dengan modal 50 juta. Selain mampu menghemat biaya pembangunan rumah, rumah minimalis saat ini juga sedang menjadi tren. Bahkan, tak jarang banyak orang yang memilih model rumah minimalis sebagai pilihan terbaik meskipun mereka memiliki dana lebih. Banyak sekali inspirasi rumah minimalis, seperti desain rumah minimalis modern, asri, elegan, dan sebagainya.

Sebaiknya, hindari menyewa bantuan konsultan atau penyedia jasa bangun rumah. Kenapa? Tentu saja, selain Anda mengeluarkan biaya sewa, mereka juga pasti tidak memahami dengan pasti kebutuhan Anda. Selain itu, tak jarang pula mereka memiliki jaringan dengan pihak lain yang saling menguntungkan di antara mereka, dan itu merugikan untuk Anda. Intinya, pilih rumah minimalis untuk buat atau bikin rumah murah dan cepat.

3. Buat Rancangan Detail Mengenai Konsep Rumah

Cara Membangun Rumah Dengan Modal 50 Juta

Inilah salah satu cara membangun rumah dengan modal 50 juta lainnya. Ketika Anda merencanakan konsep rumah secara detail, tentu saja Anda bisa menaksir berapa biaya setiap komponen yang akan dikeluarkan. Untuk buat rumah dengan budget minim, memang sudah semestinya ini dilakukan. Bagaimana cara membuat konsep rumah sementara tidak punya pengetahuan tentang itu?

Nah, inilah salah satu masalah yang sering terjadi. Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir. Saat ini, sudah banyak desain rumah minimalis dengan berbagai konsep bertebaran di internet. Anda tinggal mencari inspirasi dan contoh model seperti apa yang cocok dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda ingin bikin rumah modal 50 juta, maka carilah desain rumah dengan anggaran itu. Untuk contoh rumah modal 50 juta, Anda bisa lihat di sini: 10 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Biaya 50 Jutaan, Dijamin Keren

4. Gunakan Jasa Tukang Bangunan, Bukan Kontraktor

Cara Membangun Rumah Dengan Modal 50 Juta

Jika Anda benar-benar ingin bangun rumah 50 juta, maka jangan pernah memakai jasa kontraktor. Ya, gunakanlah jasa tukang bangunan saja. Masih banyak kok tukang bangunan yang memiliki kinerja baik dan berpengalaman. Selain biaya yang lebih murah, menyewa tukang juga cukup efektif dalam pembangunan rumah. Sudah banyak orang yang merasakan hebatnya kinerja tukang bangunan.

Meskipun begitu, Anda juga tidak boleh asal-asalan dalam memilih tukang. Untuk mendapatkan tukang terbaik, Anda bisa bertanya atau meminta rekomendasi pada keluarga, sahabat, atau teman-teman yang pernah bikin rumah. Satu hal lagi, jangan asal murah, ya... Murah boleh, tapi juga mengedepankan kualitas.

5. Ciptakan Konsep Rumah Minim/Tanpa Sekat

Cara Membangun Rumah Dengan Modal 50 Juta

Penggunaan sekat rumah yang berlebihan, seperti triplek atau sejenisnya, itu sangat tidak ekonomis. Ya, semakin banyak memaki sekat, semakin besar biaya yang harus Anda keluarga dalam membangun rumah. Boleh saja memakai sekat, tapi dibatasi. Inilah salah satu cara membangun rumah dengan modal 50 juta.

Ada alternatif lain dalam penggunaan sekat, misalnya Anda ingin membatasi antara ruang makan dengan dapur. Tidak harus memakai triplek sebagai pembatas, Anda bisa memakai tirai yang difungsikan sebagai sekat ruangan. Selain simpel dan praktis, harga tirai tentu saja lebih murah dari triplek. Nah, inilah yang mesti Anda perhatikan jika ingin bangun rumah murah dan cepat selesai.

6. Cari Material Bangunan Murah dan Bukan Murahan

Sudah jelas, bahan atau material bangunan merupakan salah satu unsur yang paling banyak memakan biaya dalam proses pembangunan rumah. Bikin rumah minimalis 50 juta memang membutuhkan strategi besar untuk mewujudkannya. Nah, salah satu yang dapat Anda lakukan yaitu dengan membeli material dan bahan bangunan yang murah tapi memiliki kualitas yang kompetitif, dengan kata lain tidak murahan.

Masih banyak toko bangunan yang menawarkan harga material bangunan yang ekonomis. Itulah pentingnya Anda turun langsung ke pasar untuk memastikan dan mencari toko yang paling baik. Anda juga bisa meminta saran atau rekomendasi dari orang di sekitar Anda mengenai toko material yang bagus dan pastinya menawarkan harga yang relatif murah.

7. Manfaatkan Material Bahan Bangunan Bekas

Cara Membangun Rumah Dengan Modal 50 Juta

Tidak semua material bekas itu buruk. Percaya atau tidak, masih banyak orang yang memanfaatkan bahan bangunan bekas dalam pembangunan rumah mereka. Namun, material bekas tersebut pastinya harus masih layak pakai. Percayalah, jika Anda mengimplementasikan cara ini, tentu saja Anda bisa bikin rumah modal 50 juta.

Sebagai contoh, dahulu ketika teman saya ingin membangun rumah, ia memanfaatkan batu bata bekas bangunan yang telah roboh. Di sana, masih banyak terdapat batu bata yang masih layak pakai. Si pemilik bangunan pun menjual bata tersebut dengan harga yang pastinya lebih murah. Jika misalnya batu bata merah sekarang berharga sekitar 750 per biji, maka bata merah bekas bisa Anda dapatkan di harga 400 - 500 per biji.

8. Menggunakan Material Semi-Fabricated? Why not!

Salah satu cara menghemat biaya bangun rumah yaitu dengan memanfaatkan material bangunan semi-fabricated atau bahan setengah jadi. Apa sih contoh material ini? Misalnya, jika dalam pembangunan rumah Anda membutuhkan material cor beton, maka bahan semi-fabricated yang dapat dipakai yaitu bata cor. Ini cukup efektif meminimalkan biaya bangun rumah.

9. Menunda Finishing Rumah

Memang, tidak ada salahnya untuk melakukan finishing rumah. Namun, untuk strategi dan cara membangun rumah dengan modal 50 juta, ada baiknya Anda menunda finishing rumah terlebih dahulu. Pasalnya, biaya untuk melakukan finishing jelas tidak sedikit, seperti misalnya menambahkan lampu hias, membuat taman, dan hal-hal lain yang bersifat “melengkapi”. Namun, tidak semua jenis finishing harus ditunda. Anda yang bisa langsung dilakukan, misalnya cat rumah.

10. Hindari Menciptakan Profile Rumah

Apapun konsep rumah yang Anda inginkan, jika itu termasuk konsep rumah yang hemat biaya, seperti buat rumah dengan budget 70 juta, atau modal 50 juta, hingga buat rumah dengan biaya 30 juta, maka penciptaan profile rumah semestinya dihindari. Apa itu profile rumah? Itu sejenis model desain rumah yang merupakan hasil ukiran. Tentu saja, itu bisa mempercantik rumah Anda sehingga tampak elegan, modern, dan asri. Namun, itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

11. Ikut Serta (Gotong-Royong) dalam Mengerjakan Pembangunan Rumah

Tidak ada salahnya juga Anda ikut membantu pengerjaan rumah. Ingat, Anda sedang merancang dan membangun istana atau rumah idaman Anda sendiri. Jadi, sudah semestinya ada campur tangan Anda dalam proses pembangunan rumah. Anda bisa kok melakukan hal-hal kecil, tapi dampaknya pasti sangat besar. Bahkan tak jarang, Anda juga dapat menghemat biaya sewa tukang. Gunakan saran ini sebagai salah satu cara bangun rumah dengan hemat biaya.

12. Gunakan Konsep Rumah Tumbuh

Pada dasarnya, dalam membangun rumah dengan dana minim, atau dengan dana terbatas, maka konsep rumah tumbuh sangat ideal untuk diaplikasikan. Yang terpenting, Anda bisa menghuni rumah tersebut terlebih dahulu. Jika kemudian Anda memiliki rezeki tambahan, maka Anda bisa menambah ruang rumah. Konsep rumah tumbuh memang ideal untuk Anda yang pengin di kemudian hari melakukan ekspansi pada rumah. Inilah cara

Berikut Contoh perhitungan bangun rumah dengan modal 50 juta:


Cara Membangun Rumah Dengan Modal 50 Juta


1. Biaya tiga orang tukang per orang, yaitu sekitar 80 ribu rupiah per hari. Maka, total pengeluaran tukang bangunan per hari yaitu 80 ribu x 3 x 30 hari = 7,2 juta rupiah. Misalnya, Anda ikut serta dalam pembangunan rumah, anggaplah itu dapat mengefisiensi 5 hari kerja. Oleh karena itu, hitungan biaya tukang hanya 25 hari kerja. Jadi, 80 ribu x 3 x 25 = 6 juta rupiah.

2. Biaya material, seperti batu bata, batu kali, batako, semen, pasir, anggaplah mengeluarkan biaya sekitar 20 juta rupiah.

3. Biaya material untuk atap rumah, seperti seng, kayu, genteng, atau sejenisnya, anggaplah membutuhkan budget sebesar 10 juta rupiah.

4. Biaya material dan bahan lain untuk pembuatan pintu, kusen, jendela, dan sejenisnya, anggaplah menghabiskan uang sekitar 4 juta rupiah.

5. Biaya instalasi, seperti utilitas, listrik, air, sanitasi, dan sebagainya, diperkirakan menghabiskan dana sekitar 3 juta rupiah.

6. Biaya lain-lain, seperti cat rumah, keramik, gorden, dan yang bersifat “finishing pokok”, bisa menghabiskan dana sekitar 3 juta rupiah.

7. Terakhir, anggaran untuk biaya tak terduga anggaplah sekitar 5 juta rupiah.

Dengan demikian, maka total pengeluaran pembangunan rumah yaitu, 6 juta + 20 juta + 10 juta + 4 juta + 3 juta + 3 juta + 5 juta = 51 juta.

Inilah 12 tips dan cara membangun rumah dengan modal 50 jutaan. Meskipun perhitungan ini masih kasar, tapi setidaknya Anda punya gambaran secara umum mengenai pengeluaran dan biaya-biaya apa saja yang mencakup dalam proses pengerjaan rumah. Sekali lagi, ini hanya perhitungan kasar saja dan hanya sebagai informasi umum bagi Anda yang belum tahu sama sekali mengenai dana pembangunan rumah. Kami berharap, ini berguna untuk Anda, dan mohon maaf atas segala kekurangan pada artikel ini. Salam hormat!


Postingan terkait: