Cara Mengelupas Cat Tembok Lama Dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengelupas Cat Tembok Lama Dengan Mudah dan Cepat


RanahSolusi --- Jika Anda ingin mengganti cat dinding atau cat tembok lama, maka Anda bisa mengerok atau mengupas cat lama tersebut dan mengganti dengan yang baru. Bagaimana cara mengelupas cat tembok lama dengan mudah dan cepat? Nah, ranahsolusi akan menyajikan pemaparan mengenai hal itu. Namun sebelumnya, ada baiknya Anda memahami penjelasan berikut ini terlebih dahulu.

Memang, sebelum melakukan cat ulang dinding lama, Anda sebaiknya mengupas cat lama atau menghilangkan plamir terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Ada beberapa alasan kenapa seseorang ingin mengganti cat lama, seperti cat sudah pudar, berjamur, rusak, dan alasan lainnya. Dengan mengelupas cat tembok lama, itu diharapkan dapat menghasilkan warna cat yang bersih dan lebih bagus.

Jika Anda mengecat tembok lama tanpa mengupas cat tersebut dan tanpa mengampelas tembok tersebut, maka sulit untuk mendapatkan warna yang bagus. Oleh karena itu, pastikan Anda mengelupas cat lama tersebut terlebih dahulu. Memang, mengupas cat tembok termasuk pekerjaan yang tidak mudah. Banyak faktor yang memengaruhi tingkat kesulitan dalam mengelupas cat tembok. Namun, Bagi Anda yang belum tahu cara mengelupas cat tembok lama dengan cepat dan mudah, berikut ulasan dari ranahsolusi.

Cara Mengupas Cat Tembok Lama Dengan Mudah dan Praktis

Cara Mengelupas Cat Tembok Lama Dengan Mudah dan Cepat

Bagi Anda yang ingin tahu cara praktis dan mudah dalam mengelupas cat tembok lama, berikut alternatifnya:

1. Memakai Paint Remover

Saat ini, paint remover telah banyak tersedia di berbagai toko cat dan material. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Ya, paint remover memiliki beragam jenis, mulai dari tingkat agresivitas yang rendah hingga tinggi. Bagaimana cara pemakaiannya? Berikut cara mengelupas cat tembok lama dengan paint remover.
a. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan terlebih dahulu karena paint remover memiliki sifat korosif yang akan menyebabkan kulit gatal jika terkontaminasi. Setelah memakai sarung tangan, silakan Anda kuaskan cairan paint remover tersebut ke dinding tembok yang ingin dikelupas. Lakukan secara perlahan dan hati-hati untuk menghindari risiko yang tak diinginkan.

b. Diamkan selama sekitar 3 menit sampai cat tembok tersebut terlihat menggelembung.

c. Saat kondisi cat tembok masih dalam keadaan lembab, Anda dapat mengupas cat tersebut dengan sekrap. Caranya, Anda tekan sekrap tersebut hingga ke dasar cat agar pengelupasan terlihat sempurna.

d. Setelah itu, bersihkan tembok dengan air untuk menghilangkan sisa dari paint remover.

e. Tunggu hingga mengering dengan sendirinya atau Anda juga bisa mengeringkan dengan menggunakan kain.

f. Setelah kering dengan sempurna, Anda mesti mengampelas cat tembok agar terlihat halus. Gunakan permukaan amplas yang paling kasar kemudian gunakan amplas yang lebih halus untuk tahap akhir. Dengan demikian, itulah cara mengelupas cat tembok lama dengan praktis dan cepat.

d. Terakhir, pastikan Anda mengelap tembok dari debu-debu yang menempel dengan menggunakan kain. Permukaan tembok harus bersih secara utuh dan sempurna untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika perlu, Anda dapat mengulang proses pembersihan tersebut.

Hal-hal yang penting diperhatikan dalam menggunakan paint remover:
1. Ketika Anda membuka kaleng paint remover, jangan menghirup uap yang keluar dari sana.

2. Jangan sampai cairan paint remover mengenai tubuh Anda karena cairan tersebut mengandung unsur kimia. Jika terkontaminasi, cepat bersihkan dengan air, jika tidak maka tubuh Anda akan terasa gatal.

3. Setelah semua aktivitas selesai, pastikan Anda membersihkan seluruh peralatan kerja, seperti sarung tangan, sekrap, kuas, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar kotoran atau bekas cat yang menempel dapat hilang sehingga peralatan tersebut dapat digunakan kembali nantinya.

2. Menggunakan Thinner

Sebelumnya telah dijelaskan cara mengelupas cat tembok lama dengan paint remover. Nah, bagi Anda yang merasa harga paint remover terlalu mahal, ada alternatif lain yang bisa digunakan, yaitu dengan menggunakan thinner. Meskipun begitu, pastikan Anda memakai thinner dengan kualitas terbaik. Di pasaran, banyak sekali jenis thinner yang dijual. Untuk thinner yang bagus, coba gunakan jenis ND atau epoxy.

Bagaimana cara mengaplikasikannya? Caranya cukup sederhana. Pertama, Anda bisa mengoles cairan thinner di permukaan cat tembok yang akan dikupas. Dengan segera langsung Anda kupas bagian yang dioles tersebut. Ingat, cairan thinner lebih cepat mengering sehingga jika menunggu terlalu lama, proses pengelupasan akan gagal. Itulah alasan kenapa setelah dioles dengan thinner, cat tembok harus segera dikupas.

Setelah pengelupasan cat tembok lama selesai, langkah selanjutnya yaitu mengampelas tembok dan membersihkannya dari debu atau kotoran yang tertinggal. Jika proses ini benar-benar selesai dengan sempurna, barulah Anda dapat melakukan pengecatan seperti halnya mengecat tembok baru.

Oh ya, satu hal lagi, meskipun tembok telah dikerok, cat baru tetap menempel dengan kuat. Oleh karena itu, cara terbaik yang mesti dilakukan yaitu dengan mengaplikasikan cat encer pertama kali ke dinding atau tembok. Setelah itu, barulah dicat kembali dengan cat kental. Hasilnya akan terlihat lebih bagus. Inilah cara mengelupas cat tembok lama, kemudian mengampelas, dan mengecat kembali dengan cat baru.

3. Menggunakan Soda Api

Ada beberapa peralatan yang perlu disediakan sebelum menggunakan soda api dalam mengelupas cat tembok lama, yaitu kacamata, sarung tangan, air, kape kuas (scrapper), dan kuas. Penggunaan soda api memang mampu mengupas cat dinding lama dengan baik, namun efek dari penggunaan soda api juga cukup berisiko. Jika terkena kulit, maka akan menimbulkan efek terbakar. Itulah kenapa Anda mesti menyediakan dan menggunakan peralatan yang telah disebutkan sebelumnya.

Cara mengupas cat tembok lama dengan soda api cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

a. Sediakan soda api terlebih dahulu dan hati-hati dalam membuka kemasan. Jauhi dari pandangan Anda karena itu akan mengeluarkan gas. Penggunaan kacamata sangat ditekankan di sini.

b. Sediakan kuas dan oleskan soda api ke permukaan cat tembok yang akan dikupas. Oh ya, soda api juga bisa mengelupas dempul.

c. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai cat tembok tersebut terlihat seperti terbakar. Jika Anda ingin mengelupas dempul, maka dempul tersebut akan terlihat menggelembung.

d. Gunakan skrap atau kape untuk mengelupas cat tembok atau dempul tersebut.

4. Menggunakan Gerinda

Inilah cara mengelupas cat tembok lama selanjutnya, yaitu dengan memakai gerinda. Menggunakan gerinda artinya menggosok dengan sebuah gesekan (megasah). Gerinda dalam proses penghapusan cat tembok atau dinding dinilai sangat penting dan juga sebagai salah satu kemajuan teknologi. Roda pemotong tersebut memiliki butiran kecil yang menyatu secara bersama. Butiran-butiran itulah yang berfungsi sebagai pemotong. Jadi, memakai gerinda untuk mengupas cat tembok lama adalah pilihan yang baik.

Well, itulah informasi dan pemaparan yang dapat kami sampaikan, yaitu tentang cara mengelupas cat tembok lama dengan mudah dan cepat. Ada empat alternatif yang dapat Anda gunakan, silakan pilih salah satu alternatif yang menurut Anda ideal dan sesuai dengan kondisi di lapangan. Dukung terus kami untuk membuat artikel yang menginspirasi dan memberi solusi dengan cara membaca dan membagikan artikel kami. Terima kasih, semoga sukses, dan salam hormat.

Postingan terkait: