Cara Mengatasi Nat Keramik Bocor & Rembes pada Lantai Kamar Mandi

Cara Mengatasi Nat Keramik Bocor dan Merembes pada Kamar Mandi


RanahSolusi --- Salah satu masalah yang sering terjadi pada kamar mandi yaitu nat keramik yang rembes. Namun, Anda tidak perlu khawatir, di sini kami akan memberikan solusi cara mengatasi nat keramik bocor pada kamar mandi Anda. Menambal atau memperbaiki nat keramik terbilang relatif mudah. Sebelum ranahsolusi menjelaskan lebih dalam, Anda perlu mengetahui apa yang menyebabkan nat keramik rembes.

Biasanya, kebocoran yang terjadi pada kamar mandi cenderung disebabkan oleh usia nat keramik yang terbilang tua sehingga nat sudah tampak terkikis. Itulah salah satu penyebab munculnya celah yang membuat air masuk ke dalamnya. Ditambah lagi dengan kehadiran binatang kecil seperti cacing yang dapat membuat kondisi nat keramik menjadi semakin parah. Ini harus benar-benar Anda perhatikan dan mesti ditanggulangi dengan segera.

Bagaimana jika lantai dan dinding di kamar mandi Anda masih terbilang baru (belum tua) tetapi sudah bocor saja? Nah, bisa jadi kebocoran tersebut terjadi akibat pemasangan keramik dan pembuatan dak yang kurang sempurna. Cara mengatasi nat kemarik bocor dan rembes, Anda mesti melakukan pemasangan nat keramik dengan baik, tidak boleh tergerasa-gesa, dan harus teliti sehingga kebocoran dapat dicegah.

Pahami Fungsi Utama Nat & Pastikan Melakukan Pemasangan Nat dengan Benar

Coba Anda pahami kembali apa fungsi dari nat keramik. Ya, itu berguna sebagai ruang gerak keramik. Setiap rongga pada keramik sudah semestinya diisi dengan nat yang fleksibel. Jangan Anda isi dengan semen warna biasa yang notabene memiliki sifat keras dan getas, tentu saja itu berpotensi membuat keramik Anda menjadi mudah retak dan pecah jika terjadi pergerakan yang cukup signifikan.

Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan salah satu komponen lantai ini, jangan pernah mengabaikannya sedikipu pun. Selain bisa mencegah terjadinya kebocoran dan rembesan, nat keramik juga dapat memberikan nilai estetika pada kamar mandi Anda. Nah, bagi Anda ingin tahu cara mengatasi nat kemarik bocor, maka Anda mesti melakukan pemasangan keramik dengan baik dan benar. Berikut ada tiga (3) jenis pemasangan keramik yang perlu Anda ketahui.

1. Open Joint

Inilah salah satu teknik pemasangan keramik. Ya, teknik ini menggunakan nat dengan ukuran yang lebih besar dari 3 mm. Teknik ini biasanya diaplikasikan untuk pemasangan lantai dalam rangka untuk meminimalkan terjadinya penyusutan pada kemarik. Ada beberapa keunggulan dengan menggunakan teknik open joint ini, yaitu sebagai berikut:

a. Memberikan toleransi terhadap perbedaan ukuran pada keramik khususnya untuk keramik KW 2 dan keramik berglazur yang mempunyai porositas yang relatif rendah.

b. Memberikan kemudahan terutama dalam proses pengisian nat.

c. Dapat memininalisasi penggunaan flexible joint khususnya jika menggunakan bahan pengisi nat yang cukup elastis.

2. Closed Joint

Nah, closed joint merupakan salah satu teknik pemasangan keramik khususnya dengan ukuran yang lebih kecil dari 3 mm. Biasanya, teknik seperti ini dipakai untuk memasang keramik dinding atau lantai dengan tingkat porositas yang juga rendah.

3. Expansion Joint

Teknik yang terakhir ini merupakan nat atau sambungan yang bersifat membantu atau mendukung dalam mengantisipasi terjadinya pergeseran struktur. Jika Anda pernah mendengar istilah “lantai meledak”, maka itu diakibatkan oleh pergeseran struktur tersebut. Perlu Anda ketahui juga bahwa tidak seluruh sambungan atau nat harus diisi dengan semen, tetapi itu juga dapat diisi dengan bahan karet, seperti styrofoam atau material lain yang bersifat elastis. Nah, expansion joint ini umumnya dipakai untuk ruangan yang relatif luas.

Satu hal yang perlu diingat sebagai langkah atau cara mengatasi nat keramik bocor yaitu Anda mesti memperhatikan proses pengisian nat keramik. Ya, dalam proses tersebut, Anda mesti pandai dalam melakukan perhitungan waktu karena itu akan berpengaruh pada hasil yang diperoleh.

Setelah proses pengisian nat tersebut selesai, dan sudah kelihatan mulai mengering, Anda bisa mengelap atau membersihkan permukaan keramik dengan spons basah yang bertujuan untuk membersihkan kelebihan nat. Jika masih terlihat sisa debu nat pada dasar dan permukaan keramik, maka bersihkan dengan kain lap kering.

Bagaimana cara memperbaiki dan mengatasi nat keramik yang bocor meskipun umur nat keramik masih terbilang baru?

Nah, inilah salah satu pertanyaan yang cukup sering diajukan, yaitu cara mengatasi nat keramik bocor meskipun umur nat masih baru. Sebelumnya juga sudah disinggung bahwa salah satu yang menjadi penyebab hal ini terjadi yaitu proses pemasangan keramik dan pembuatan dak yang kurang sempurna.

Untuk menambal atau memperbaiki nat keramik yang tergolong baru caranya cukup mudah. Pertama, pastikan bahwa keramik telah menempel dengan baik dan benar. Seandainya keramik tersebut belum menempel dengan sempurna, maka Anda hanya butuh untuk membersihkan nat di area yang bocor atau rembes saja.

Cara Mengatasi Nat Keramik Bocor dan Merembes pada Kamar Mandi

Setelah nat tersebut Anda kerok sampai pada bagian dasar, maka selanjutnya Anda dapat membersihkan sisa atau bekas nat tersebut sampai bersih sempurna. Kemudian, coba campurkan air dan semen agar nat keramik tahan terhadap air atau juga bisa cat waterproof yang dioles atau dikuaskan pada nat keramik. Setelah itu, biarkan cairan tersebut meresap dan mengering.

Nah, jika Anda sudah benar-benar yakin bahwa cat waterproof dan lapisan semen tersebut mengering secara sempurna, selanjutnya Anda dapat memakai semen pengisi nat. Sete;ah semuanya tertutup dengan baik, tunggu hingga mengering. Sambil menunggu kering, Anda bisa membersihkan semen yang bertebaran atau meluber dengan memakai lap basah (spons) yang dibasahi dengan air.

Seandainya nat keramik pada kamar mandi Anda bocor atau rembes yang disebabkan oleh cacing yang membuat celah atau lubang, maka Anda bisa menyingkirkan cacing tersebut terlebih dahulu sebelum penambalan dilakukan. Bagaimana cara mengusir cacing di kamar mandi? Anda bisa menyiram lantai kamar mandi dengan air yang telah dicampur dengan garam. Diamkan beberapa saat hingga cacing-cacing tersebut keluar.

Well, inilah penjelasan mengenai cara mengatasi nat keramik bocor atau rembes yang disebabkan oleh beberapa faktor. Anda bisa menggunakan solusi ini sesuai dengan kondisi yang terjadi pada lantai kamar mandi Anda. Kami berharap informasi singkat dan sederhana ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Jangan lupa share dan terus ikuti artikel kami, ya.

Postingan terkait: