Cari Rumah Murah di Padang? Begini Syarat dan Cara Mendapatkannya!


Mau Rumah Murah di Padang? Begini Syarat dan Cara Mendapatkannya!

Rumah Murah di Padang --- Banyak cara untuk bisa memiliki hunian, bisa dengan membeli rumah pribadi seseorang atau beli rumah di kompleks perumahan. Di kota Padang, banyak perumahan baru yang bisa ditemukan, baik perumahan bersubsidi maupun non subsidi. Anda bisa mencari info mengenai hal itu, mulai dari harga hingga sistem pembayaran atau kredit perumahan tersebut.

Baca juga: Lengkap! Tahapan dan Cara Beli Rumah Bekas dengan KPR

Nah, bagi Anda yang ingin membeli Rumah Murah di Padang, ada beberapa tips dan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan agar bisa mewujudkannya.

1. Lakukan Survei atau Riset


Mau punya rumah murah di Padang, Sumatera Barat? Cobalah untuk bersabar dan gigih, terutama dalam mencarinya. Anda bisa bertanya kepada teman atau saudara. Jika ingin lebih mudah, manfaatkan teknologi. Ya, Anda bisa mencari info tersebut di Google. Banyak sekali yang bisa Anda temukan di sana, ada yang jual kpr murah, ada juga rumah bekas lelang bank, hingga perumahan bersubsidi.

2. Lakukan Perbandingan Harga


Sekali lagi saya katakan, banyak sekali rumah dijual kota Padang, Sumatera Barat. Dengan melakukan perbandingan harga, Anda bisa menemukan rumah murah di Padang. Bagaimana cara melakukan perbandingan? Ya dicek! Misalnya, coba Anda cari kompleks perumahan kota Padang, Sumatera Barat, tanyakan apakah ada rumah murah di sana. Jika sesuai dengan budget, ambil. Kalau mau harga miring, jangan pilih perumahan baru.

3. Manfaatkan Perumahan Bersubsidi


Terutama bagi Anda yang berpenghasilan rendah, rumah atau perumahan bersubsidi bisa menjadi pilihan utama. Inilah salah satu trik agar bisa membeli rumah murah di Padang. Umumnya, hunian bersubsidi ini merupakan program Pemerintah dan rumah-rumah ini biasanya terletak di Perumahan Nasional (Perumnas).

Baca juga --> 5 Tips Aman Beli Rumah Murah/Bersubsidi di Kota Padang

Ada beberapa keunggulan membeli rumah program Pemerintah ini. Misalnya, proses dan pengajuan kredit perumahan lebih mudah. Kemudian, harga yang ditawarkan juga lebih murah, serta pengembang atau developer-nya pun juga terpercaya. Selain itu, rumah subsidi ini biasanya juga terletak di lokasi yang cukup strategis. So, tunggu apalagi? Buruan cari infonya!

4. Beli Rumah Tua yang Masih Layak Huni


Kalau mau rumah murah di Padang kota, belilah rumah tua. Kalau Anda gigih mencari informasi, Anda pasti bisa mendapatkan rumah tua yang masih layak huni. Rumah tua di sini bukan berarti rumah kuno, ya. Kalau rumah kuno biasanya mengandung nilai sejarah dan pasti harganya lebih mahal. Maksud rumah tua di sini adalah rumah yang kondisinya kurang sehat.

Misalnya, cat rumah tersebut sudah pudar, dindingnya sudah mengelupas, atapnya bocor, dan sejenisnya. Meskipun kondisinya seperti itu, Anda masih bisa melakukan sedikit renovasi plus menambahkan dekorasi. Saya yakin, biayanya tidak begitu mahal asalkan Anda tahu bagaimana cara renovasi rumah yang tepat.

5. Pilih Rumah di Pinggiran Kota


Meskipun Anda membeli rumah di perumahan baru, tapi jika lokasinya di pinggiran kota, saya yakin harganya pasti miring (lebih murah). Kenapa? Salah satu yang menentukan mahal atau tidaknya suatu hunian adalah lokasinya. Jika lokasinya dekat dengan pusat kota, biasanya harganya lebih mahal karena nilai tanahnya yang tinggi.

Oleh karena itu, kalau mau rumah murah di Padang, cobalah cari yang berlokasi di pinggiran kota. Misalnya di daerah Kuranji, Siteba, Gadut, dan lainnya. Saya dengar, di sana juga ada yang jual KPR murah dan promo perumahan bersubsidi. Cobalah mencari info lebih lanjut untuk memastikan apakah info tersebut masih ada atau tidak.

6. Manfaatkan Rumah Lelang (Over Kredit)


Alternatif terakhir yang bisa Anda pertimbangkan adalah dengan memanfaatkan rumah hasil lelang bank, atau bisa juga disebut sebagai over kredit. Tentu saja, harga rumah yang dilelang/over kredit lebih murah dari rumah pada umumnya. Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa harganya lebih murah, bukan? Itu karena adanya pihak yang terdesak dan membutuh dana segera.

Ilustrasinya seperti ini: misalnya si A membeli rumah dengan cara KPR dari BTN dengan lama angsuran 15 tahun. Nah, setelah si A melunasi DP (down payment) dan mencicil hingga tahun ke empat, ternyata usahanya bangkrut dan ia tidak memiliki aset apa pun. Walhasil, si A pun kesulitan melunasi angsuran, terjadilah kredit macet.

Dalam hal ini, rumah si A pasti diambil alih oleh BTN untuk dilelang sehingga cicilan yang tak mampu dibayar si A bisa ter-lunasi. Ketika dilelang, harga rumah pasti lebih murah karena DP sudah dilunasi si A dan cicilan pun juga sudah berjalan 4 tahun. Selain faktor itu, bank sebenarnya juga memerlukan dana dengan segera dengan tujuan untuk menjaga perputaran uang di bank agar tetap lancar.

Itulah Cara Mendapatkan Rumah Murah di Padang. Anda bisa mencoba semua tips tersebut atau juga bisa melakukan beberapa di antaranya. Untuk mendapatkan rumah yang sesuai dengan budget, dibutuhkan kegigihan. Anda harus lebih cerdas dalam melihat situasi dan kondisi, serta mampu memaksimalkan peluang sekecil apa pun. Rumah yang dijual kota Padang, Sumatera Barat sangat banyak. Untuk mendapatkan yang tepat, cobalah 6 tips di atas. Semoga berhasil, sanak!

Ilustrasi: rumahditanahbali(dot)com

Postingan terkait: