Panduan Gratis! Cara Mudah Membuat Denah Rumah Minimalis Sederhana

Cara Mudah Membuat Denah Rumah Minimalis Sederhana

Cara Membuat Denah Rumah Minimalis Sederhana --- Bagi sobat yang berencana membangun atau membuat sebuah rumah, baik rumah minimalis modern, klasik, asri, sederhana tapi mewah, maka ada baiknya untuk melakukan perencanaan dengan baik.

Percayalah, sesuatu yang direncanakan dengan baik, maka hasilnya pun juga akan baik. Salah satu perencanaan yang perlu sobat lakukan adalah dengan membuat sketsa atau denah rumah. Lalu, bagaimana cara membuat denah rumah minimalis sederhana? Oke, sebelum membahas cara membuatnya, saya akan membagikan beberapa info penting. Tujuannya, agar sobat memiliki pondasi kuat dalam membuat denah rumah, baik denah untuk rumah 1 lantai, 2 lantai dengan 2 kamar tidur, maupun denah untuk 3 kamar tidur type 36, 48, 60, dst.

Memahami Fungsi Denah Rumah


Sobat pengin buat denah rumah, tapi belum tahu fungsinya apa? Itu sama saja mengerjakan sesuatu yang tidak paham. Hasilnya juga tidak akan maksimal. Nah, ada beberapa inti dari fungsi denah rumah yang saya jabarkan di bawah ini.

1. Petunjuk Awal dalam Membangun Rumah


Dengan membuat denah, itu bisa memberi gambaran kasar atau sebagai petunjuk awal dalam membangun rumah. Kenapa? Ya, dengan adanya denah, sobat bisa mengetahui dengan pasti di masa posisi kamar, livingroom, kamar mandi, toilet, dan ruangan lainnya.

2. Menghindari Kesalahan dalam Pengerjaan Rumah


Tujuan lain dalam membuat denah adalah untuk meminimalisasi kesalahan dalam pembangunan rumah, terutama dalam hal pembuatan ukuran luas setiap sisi ruang. Tidak hanya itu, para tukang pun juga bisa bekerja lebih terstruktur sesuai dengan denah yang telah ditentukan.

3. Mampu Menghasilkan Pembangunan yang Efisien dan Efektif


Fungsi dan manfaat denah selanjutnya yaitu mampu menghasilkan efisiensi. Salah satunya yaitu efisien dalam penggunaan material bangunan. Kenapa begitu? Pasalnya, denah mampu memberi petunjuk mengenai asumsi penggunaan material bangunan. Namun, tentu saja ini juga perlu didiskusikan dengan ahli bangunan. Dengan demikian, itu akan menghasilkan pembangunan rumah yang efektif.

4. Mengetahui Estimasi Anggaran Pembangunan


Ini yang tidak kalah penting. Membuat denah juga bisa memberi gambaran kepada sobat mengenai estimasi biaya pembangunan rumah. Misalnya, tahun 2018 ini sobat berencana membangun rumah 2 lantai dengan 3 kamar. Nah, dengan kehadiran denah, sobat akan mampu memperkirakan besaran biaya yang perlu dikeluarkan. Dengan demikian, sobat bisa mempersiapkan dana pembangunan dengan tepat sasaran.

Setelah memahami fungsi dan manfaat membuat denah rumah, kini saatnya saya memberikan informasi mengenai cara membuat denah rumah minimalis sederhana. Pastikan sobat memahaminya dengan saksama agar mampu mengimplementasikannya.


Cara Mudah Membuat Denah Rumah Minimalis Sederhana


1. Tentukan Anggaran untuk Pembangunan Rumah


Inilah cara pertama yang perlu sobat ketahui. Meskipun sobat hanya membuat rumah minimalis, bukan berarti sobat boleh mengabaikan masalah anggaran ini. Ini kelihatan sederhana, dan seringkali disepelekan oleh banyak orang. Sah-sah saja membuat denah rumah yang bagus, tapi sesuaikan dengan kondisi keuangan dan anggaran yang ada. Jangan sampai nanti denah yang bagus tersebut terlihat sia-sia karena sulit terealisasi.

2. Tentukan Jumlah Ruangan yang Dibutuhkan


Jumlah ruangan ini sebenarnya juga harus disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang akan menempati rumah tersebut. Misalnya, anggota keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan 1 orang anak. Nah, khusus rumah minimalis sederhana, umumnya ruangan kamar ada dua atau tiga. Tapi ini relatif.

Ayah dan ibu mungkin bisa berada dalam satu kamar. Jika anak masih berusia di bawah umur, saya kira belum membutuhkan kamar sendiri, tapi tidak ada masalah jika menyediakannya. Selain itu, tentukan juga ruangan lainnya, seperti ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan seterusnya. Pastikan jumlah ruangan ini sesuai dengan kebutuhan.

3. Saatnya Membuat Sketsa Lahan


Inilah cara membuat denah rumah minimalis sederhana selanjutnya. Ada beberapa hal yang perlu sobat persiapkan terlebih dahulu. Misalnya, sediakan kertas dan pensil untuk membuat sketsa secara manual. Kemudian, buatlah bagaimana gambar atau sketsa lahan rumah yang sobat inginkan.

Sobat bisa menciptakan beberapa garis bantu seperti ukuran 3,5 meter, 4 meter, atau 6 meter. Itu nantinya akan membantu sobat dalam menentukan luas setiap ruangan. Nah, garis bantu tersebut terdiri dari dua arah, yaitu arah vertikal dan horizontal.

4. Menentukan Ruangan dengan Garis Bantu


Dengan garis bantu yang telah ditentukan sebelumnya, sobat bisa menentukan setiap ruangan. Misalnya, pada bagian depan rumah, sobat bisa membuat sebuah garasi, teras atau taman minimalis. Untuk garis bantu selanjutnya, bisa dijadikan sebagai kamar utama, ruang tamu, dan kamar tidur anak. Begitu seterusnya, sobat bisa menentukan ruangan apa saja dengan garis bantu yang telah dibuat sebelumnya.

5. Menambah Porsi Garis Bantu


Asumsi saya, sobat sudah mampu menentukan letak setiap ruangan dengan bantuan garis bantu tersebut. Nah, untuk tahap selanjutnya, sobat bisa menambahkan lagi garis bantu. Tujuannya, agar gambar atau sketsa denah rumah minimalis tersebut terlihat lebih rapi.

Proses ini diharapkan mampu menciptakan desain yang paling pas dengan kebutuhan sobat. Sebagai contoh, untuk sisa ruangan yang ada di bagian belakang, bisa sobat manfaatkan untuk beberapa hal, seperti tempat jemur pakaian, taman minimalis belakang rumah, atau tempat mencuci baju.

6. Saatnya Melakukan Penyempurnaan


Cara membuat denah rumah minimalis sederhana yang terakhir yaitu dengan melakukan penyempurnaan terhadap denah rumah yang telah dibuat sebelumnya. Sebagai contoh, cobalah sobat arsir dengan pensil setiap ruangan tersebut untuk menjelaskan yang mana dinding, pintu, jendela. Sobat juga bisa melakukan penebalan untuk memisahkan setiap ruangan. Misalnya, ini kamar utama, ini kamar anak, dan seterusnya. Dengan demikian, sobat bisa memiliki gambaran jelas mengenai bentuk rumah yang akan dibangun.

Itulah tahapan dan cara membuat denah rumah minimalis sederhana yang perlu sobat ketahui. Pada dasarnya, ini hanya sebagai gambaran singkat yang semoga bisa memberi pencerahan kepada sobat semuanya. Satu hal lagi yang tidak bosan-bosan terus saya ingatkan. Dalam membuat denah rumah, jangan lupa menyesuaikan dengan kebutuhan. Akhir kata, saya mohon maaf atas kekurangan pada artikel ini. Semoga bermanfaat, ya...

Postingan terkait: