15 Tips & Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai yang Asri

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri

Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri (Hemat Biaya) --- Tak bisa dipungkiri bahwa rumah saat ini menjadi kebutuhan penting semua orang. Kita menyadari bahwa banyak sekali model rumah yang beredar. Yang paling tren yaitu rumah minimalis, apakah 1 lantai atau 2 lantai. Namun, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi lengkap mengenai 15 tips, trik, dan cara membuat desain rumah minimalis 2 lantai asri yang hemat biaya.

1. Buat Perencaaan Matang (Mantapkan Niat)


Semakin baik perencanaan, semakin baik pula hasilnya. Itulah kenapa saya menempatkan perencanaan sebagai langkah awal atau cara terbaik membuat desain rumah minimalis, apalagi yang 2 lantai. Ingat, rumah tersebut akan sobat tempati dalam jangka waktu panjang. Jika perencanaannya buruk, maka rumah yang dihasilkan tidak akan bagus.

2. Tentukan Konsep Rumah

Konsep Model dan Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri

Bagaimana cara membuat desain rumah minimalis 2 lantai yang asri? Tentukan konsep rumah yang tepat! Ya, konsep rumah sangat berpengaruh dalam pembentukan tampilan rumah, apalagi jika sobat pengin rumah 2 lantai yang asri. Sobat juga perlu paham jenis-jenis konsep rumah. Sebagai contoh, ada konsep rumah minimalis khusus untuk keluarga, konsep rumah kayu, rumah jerami, rumah elegan, rumah sederhana, rumah kontemporer, dan sebagainya.

3. Pahami Type Rumah Minimalis


Apa tujuan memahami type rumah minimalis? Ya, itu bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan pengetahuan bagi sobat. Jika sobat paham mengenai type rumah minimalis, maka sobat bisa menentukan type rumah seperti apa yang cocok untuk sobat. Apa saja type rumah minimalis? Sebagai contoh, ada type 21, type 27, type 30, type 36, type 45, type 60, type 72, dan seterusnya.

Sedangkan untuk ukuran, ada rumah minimalis ukuran 6x10, 6x12, 6x15, dan ukuran lainnya. Artinya, semua perlu sobat pahami sehingga bisa dijadikan referensi. Khusus untuk type rumah minimalis 2 lantai, jangan lupa tentukan jumlah kamarnya, bisa 1 kamar, 2 kamar, 3 kamar, dan seterusnya.

4. Tentukan dan Buat Denah Rumah

Denah untuk Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri dengan Dana Minim

Tentukan dan buatlah denah rumah karena itu merupakan cara membuat desain rumah minimalis 2 lantai yang baik. Ada beberapa manfaat membuat denah rumah terlebih dahulu sebelum melakukan pembangunan. Sebagai contoh, denah bisa memudahkan sobat dalam menentukan dan melihat lokasi setiap sudut rumah. Kemudian, denah juga bisa meminimalisasi kesalahan dan mengurangi kebingungan terhadap lokasi rumah. Terakhir, denah juga bisa menjadi pedoman pengukuran rumah.

5. Cek Kembali Kondisi Keuangan


Niat dan perencanaan sudah mantap, sudah menentukan type dan konsep rumah. Kini saatnya sobat mengecek kembali kondisi finansial. Kenapa? Ya, tidak ada salahnya sebagai langkah preventif agar proses pembangunan tidak terhenti karena alasan kekurangan dana. Ceklah kembali kondisi keuangan.

Sekiranya, jika type dan konsep rumah yang telah dipilih sebelumnya berpotensi memakan biaya lebih (diluar perkiraan), maka dengan mengecek kondisi keuangan, sobat bisa melakukan pertimbangan untuk memilih type dan konsep rumah yang lain. Namun, jika sobat sudah benar-benar yakin dengan kondisi keuangan, maka silahkan untuk melakukan pembangunan.

6. Buat Pengukuran dengan Cermat dan Detail


Cara membuat desain rumah minimalis 2 lantai yang aman dan hemat adalah dengan membuat pengukuran secara cermat dan detail. Kenapa harus cermat dan kenapa harus detail? Pertama, membuat rumah dengan cermat akan membuat sobat lebih berhati-hati dalam berbagai hal, seperti memilih material bangunan, memilih jasa tukang, dan mendekorasi.

Sedangkan membuat rumah dengan detail bisa meminimalisasi biaya-biaya karena sobat pasti tahu apa saja material yang harus dibeli. Dengan demikian, sobat pun tahu estimasi biaya pengeluaran untuk pembangunan rumah. Apalagi rumah 2 lantai yang notabene membutuhkan material yang lebih banyak dibanding rumah 1 lantai.

7. Cek Tanah yang Digunakan

Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri dengan Tanah yang Tepat

Untuk membangun rumah, apakah 1 lantai atau 2 lantai, tanah merupakan salah satu faktor penting. Sobat harus perhatikan betul elemen ini. Itupun kalau sobat mau tahu cara membuat desain rumah minimalis 2 lantai yang benar. Apa saja yang harus diperhatikan? Yang paling utama adalah jenis tanah yang digunakan. Sebagai contoh, jangan gunakan tanah yang landai karena rawan amblas. Jangan gunakan tanah berpasir, tanah bekas rawa dan bekas persawahan karena teksturnya mudah terkikis.

8. Gunakan Material yang Awet dan Berharga Ekonomis


Ingat sobat, rumah yang akan sobat bangun tidak hanya digunakan untuk waktu hitungan mingguan, tapi tahunan. Oleh karena itu, gunakanlah material bangunan yang kuat dan tahan untuk jangka waktu bertahun-tahun. Sebagai contoh, kenapa rata-rata rumah bekas zaman penjajahan Belanda mampu bertahan hingga saat ini? Gak percaya? Coba deh cek rumah Asrama TNI yang masih menggunakan bangunan Belanda.

Percaya atau tidak, kayu yang mereka gunakan sangat kuat dan kokoh, bahkan hingga ratusan tahun pun, masih berfungsi dengan baik. Artinya apa, pilihlah material bangunan bukan karena murahnya saja, tapi juga karena kualitas. Jika sobat mampu mendapatkan yang berkualitas + berharga ekonomis, itu lebih baik.

9. Gunakan Jasa Juru Bangunan yang Tepat

Tips dan Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri (Hemat Biaya)

Kalau mau tahu cara membuat desain rumah minimalis 2 lantai yang bagus, maka pilihlah juru bangunan (tukang) yang tepat. Ya, juru bangunan adalah salah satu elemen vital yang perlu sobat perhatikan. Pasalnya, rumah minimalis 2 lantai yang akan sobat buat, tergantung pada mereka. Jika sobat hanya mengedepankan jasa murah tapi tidak profesional, habislah sudah. Hancur rumah sobat, takkan bertahan lama.

Saya tidak memaksa sobat untuk menggunakan kontraktor dan juga tidak memaksa untuk menggunakan jasa tukang. Namun, jika mau yang lebih ekonomis, jasa tukang lebih ideal. Tapi ingat, carilah tukang yang berpengalaman dalam membangun rumah, khususnya yang 2 lantai.

10. Beri Fokus Lebih pada Pondasi Rumah


Memberikan fokus lebih pada pondasi rumah merupakan salah satu cara membuat desain rumah minimalis 2 lantai secara kokoh. Ya, jika pondasi atau tiang rumah yang sobat buat tidak kokoh, maka ia akan sulit untuk menopang beban rumah yang begitu besar. Saran saya, perhatikan komposisi material dari pondasi tersebut. Kalau bisa, lebihkan saja materialnya khusus untuk pondasi. Biarlah mengeluarkan biaya lebih, yang penting aman dan selamat.

11. Perhatikan Penggunaan Sekat


Sekat, atau yang biasa dikenal sebagai pembatas ruangan, merupakan salah satu faktor penting yang perlu sobat perhatikan dalam proses pembangunan rumah. Pasalnya, rumah minimalis tidak akan terlihat elegan jika terlalu banyak menggunakan sekat, seperti sekat yang terbuat dari tripleks, kalsi, dan bahan sejenisnya. Selain itu, penggunaan sekat yang berlebihan juga bisa memakan biaya yang tidak sedikit.

Saran saya, jika sobat ingin memberi batasan pada setiap ruangan, maka gunakanlah sekat yang tidak permanen, seperti gorden, lemari yang mudah dipindahkan, dan sejenisnya. Selain lebih sederhana dan praktis, itu juga menghemat pengeluaran.

12. Perhatikan Pemilihan Tangga Rumah

Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri dengan Memilih Tangga yang Tepat

Cara membuat desain rumah minimalis 2 lantai yang bagus selanjutnya yaitu pemilihan tangga rumah. Ada beberapa jenis tangga untuk rumah. Ada yang terbuat dari kayu, kaca, semen, besi, keramik, dan sebagainya. Nah, sobat bisa mengecek bahan seperti apa yang berharga lebih ekonomis. Misalnya, jika tangga berbahan kayu lebih ekonomis, maka tidak ada salahnya menggunakannya. Tapi ingat, sesuaikan tangga tersebut dengan konsep rumah yang telah ditentukan sebelumnya, agar lebih serasi.

13. Optimalkan Teras Rumah


Agar rumah sobat bisa terlihat cantik, elegan, dan asri, maka salah satu cara terbaik untuk menunjang itu semua adalah dengan mengoptimalkan dekorasi teras rumah. Saya memahami bahwa dekorasi pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tapi juga tidak banyak. Asalkan, sobat tahu dan cerdas dalam memilih konsep dekorasi.

Mau rumah yang asri? Maka perbanyaklah pot dan tanaman. Tidak perlu tanaman yang mahal. Yang terpenting, tanaman tersebut mampu menghasilkan udara segar dan indah dipandang. Satu hal lagi, usahakan untuk memberi variasi pada tanaman yang dipilih, baik dari segi jenis, warna, hingga ukuran.

14. Optimalkan Taman dan Halaman Depan Rumah

Tips dan Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri

Selain teras rumah, taman dan halaman depan rumah juga penting untuk dioptimalkan. Pasalnya, keasrian sebuah rumah juga bisa terlihat dari sana. Namun, jika rumah minimalis tersebut tidak memiliki taman atau halaman yang luas, tidak masalah. Yang terpenting, optimalkan setiap ruang yang ada di rumah. Jangan sampai kosong.

15. Cerdas dalam Pemilihan Warna


Inilah cara membuat desain rumah minimalis 2 lantai berikutnya. Ya, cerdas dalam memilih dan mengombinasikan warna pada rumah. Yang paling penting diperhatikan adalah pemilihan warna pada dinding karena elemen inilah yang paling luas dan dominan. Nah, bagi sobat yang menggunakan konsep rumah minimalis asri, maka gunakanlah warna hijau muda, atau biru muda, dan sejenisnya. Cobalah berkreasi tapi harus cerdas.

Bagaimana sobat, apakah ada pertanyaan sejauh ini? Saya kira, informasi mengenai 15 tips dan cara membuat desain rumah minimalis 2 lantai asri (hemat biaya) sudah cukup jelas. Saya berharap informasi sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf jika ada kekurangan pada artikel ini. Jika ada yang perlu didiskusikan, silahkan tulis di kolom komentar. Bravo!

Postingan terkait: