15 Tips Memilih Model Desain Rumah Minimalis + 50 Contoh Gambar

Tips Memilih Model Desain Rumah Minimalis dan Contoh Gambar


Tujuan artikel ini ialah untuk memberikan pemahaman secara komprehensif kepada sobat semua mengenai seluruh jenis, bentuk, dan model desain rumah minimalis.

Penyajian artikel dibuat secara lengkap dan terstruktur sehingga akan memudahkan sobat dalam memahami materi pembahasan. Selain itu, artikel ini juga menyajikan berbagai macam inspirasi bentuk rumah minimalis beserta dengan 50+ contoh gambar atau foto yang dipilih secara jeli sehingga bisa menjadi referensi terbaik.

Daftar isi:
Bab 1 --- 15 Tips Memilih Model Desain Rumah Minimalis
Bab 2 --- Jenis dan Model Desain Rumah Minimalis beserta 50+ Contoh Gambar Pilihan Terbaik


BAB1 --- 15 Tips Memilih Model Desain Rumah Minimalis


Dengan memahami 15 tips berikut ini, sobat akan mendapatkan pondasi yang kuat dalam menentukan atau memilih model desain terbaik untuk rumah minimalis. Oleh karena itu, pastikan sobat membacanya dengan saksama. Berikut 15 tipsnya.

1. Pahami Terlebih Dahulu Karakteristik Rumah Minimalis


Jika sobat paham mengenai karakteristik rumah minimalis, seperti desain, model, bentuk, dan tipe-tipenya, maka semakin mampu sobat menentukan pilihan yang tepat. Pengetahuan ini bisa menjadi basic untuk mengambil keputusan yang tepat. Lalu, apa saja karakteristik rumah minimalis? Singkatnya, desain rumah minimalis lebih mengedepankan konsep simplicity dan elegance.

2. Cerdas dalam Pemilihan Tema Rumah Minimalis

Tema Desain Rumah Minimalis

Menentukan tema rumah dengan cerdas. Kenapa harus cerdas? Sebab, ini nanti akan berhubungan dengan elemen-elemen lain, seperti denah, dekorasi, furnitur, dan hiasan yang akan diaplikasikan nantinya.  Ada beberapa macam tema desain rumah minimalis yang bisa menjadi referensi sobat, seperti desain sederhana, style modern, klasik, ala Korea, dan lain-lain. Selengkapnya, bisa sobat lihat di Bab 2.

3. Cek Material dan Bahan Bangunan yang Digunakan


Meskipun rumah minimalis cenderung berukruan tidak luas, bukan berarti boleh sembarangan menggunakan material bangunan. Apalagi material untuk pondasi rumah. Mengingat kondisi lahan yang cukup terbatas, pondasi dan kerangka dasar rumah mesti memenuhi standar. Setidaknya, pondasi tersebut masih mampu bertahan ketika sobat ingin melakukan ekspansi, seperti membuat rumah minimalis 2 lantai.

4. Perhatikan Komposisi Ruangan


Umumnya, rumah dengan desain minimalis cenderung memiliki ukuran ruangan yang tidak besar. Artinya, sobat perlu memperhatikan komposisi ruangan tersebut. Sebagai contoh, bentuk ruangan yang relatif kecil akan terlihat sempit jika banyak dihiasi oleh sekat-sekat pembatas ruangan, seperti menggunakan tripleks. Nah, untuk mengakalinya, sobat bisa memakai kaca frameless yang bisa membuat ruangan sempit terlihat fleksibel, elegan, dan memberikan efek luas. Saya melakukan hal yang sama, bahkan dengan space yang relatif kecil, saya mampu menciptakan 3 kamar!

5. Pastikan untuk Memilih Warna yang Tepat

Warna Desain Rumah Minimalis Terbaik

Salah satu komponen penting yang menunjang pembentukan desain rumah minimalis yaitu warna. Saya tidak membatasi sobat dalam memilih warna, tapi pastikan bahwa rumah tersebut tidak dicampur oleh banyak warna, apalagi warna yang terlalu mencolok, seperti merah dan warna yang terlalu gelap, seperti hitam.

Akan lebih baik jika sobat menggunakan warna yang adem, lembut, dan tidak membuat mata lelah, seperti abu-abu, biru muda, dan sejenisnya. Namun, tidak ada masalah jika dikombinasikan, seperti kombinasi warna dinding dan furnitur yang saling melengkapi. Yang terpenting, jangan sampai warna tersebut menghilangkan konsep dan esensi dari minimalis itu sendiri.

6. Perhatikan Penataan Luas setiap Ruangan

Penataan Terbaik Desain Rumah Minimalis

Sesuatu yang ditata dengan baik, akan menghasilkan hasil yang baik. Kita memahami bahwa rumah minimalis memiliki keterbatasan dalam hal space, tapi itu tidak akan menjadi masalah asalkan sobat mampu memperhatikan penataan luas setiap ruangan yang ada di rumah. Sebagai contoh, coba sobat perhatikan luas kamar, ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan ruangan lainnya.

Pastikan penataan luas setiap ruangan sesuai dengan kebutuhan sobat sehingga pemanfaatkan setiap space menjadi lebih efisien. Misalnya, dapur dan ruangan makan lebih efisien dengan menggabungkannya. Jika ingin dipisah, maka tidak perlu diberi sekat-sekat permanen, cukup diberi pembatas yang bersofat portable, seperti gorden atau juga bisa lemari makanan, sebagai syarat pembatas saja.

7. Pilih Denah atau Tata Ruang dengan Konsep yang Tepat

Denah Rumah Minimalis

Bagaimana cara menentukan tata ruang atau denah rumah minimalis yang tepat? Saran saya, banyak-banyaklah mencari referensi. Sobat bisa berselancar di internet dengan mencari gambar-gambar denah rumah minimalis. Di sana, nanti sobat akan melihat bagaimana posisi rumah, mulai dari tampak depan, belakang, dan samping. Sebagai contoh, pilihlah rumah minimalis di mana ruang tamunya berada di bagian depan. Akan aneh jika ruang tamu berada di belakang.

8. Cek Ruang Sirkulasi Udara dan Masuknya Sinar Matahari


Aspek kesehatan juga tidak bisa dianggap remeh. Oleh karena itu, dalam memilih desain rumah minimalis, usahakan yang mampu memberi ruang untuk sirkulasi udara dan masuknya sinar matahari. Seperti yang kita pahami bahwa sinar matahari pagi mampu membunuh virus-virus yang ada di dalam ruangan, begitu juga dengan sirkulasi udara yang lancar akan memberikan asupan oksigen yang bersih untuk tubuh.

9. Sesuaikan Model Desain dengan Kegiatan Sehari-hari


Selain dijadikan sebagai tempat peristirahatan, seringkali rumah dijadikan sebagai “kantor” kedua, apalagi bagi sobat yang berprofesi sebagai pengusaha, orang kantoran, penulis, dan lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya desain rumah minimalis yang dipilih mampu menunjang kegiatan sobat. Pilihlah yang senyaman mungkin.

10. Gunakan Pencahayaan yang Tepat


Pencahayaan desain rumah minimalis akan lebih baik jika mengedepankan konsep natural dan tidak begitu terang (menyilaukan). Sebagai contoh, sobat bisa menggunakan lampu LED yang berukuran sedang dengan tingkat pencahayaan yang tidak terlalu terang. Untuk warna, sobat bisa mengkombinasikan berbagai macam warna, seperti putih, orange, atau lainnya, asalkan jangan terlalu mencolok.

11. Perhatikan Sentuhan Dekorasi

Desain Dekorasi Rumah Minimalis

Dekorasi merupakan salah satu ciri khas dari rumah minimalis. Oleh karena itu, sobat harus mampu melihat bagaimana desain dekorasi suatu rumah. Sebagai contoh, perhatikan bagaimana penggunaan wallpaper, lampu hias, gorden, penataan cermin, kursi, meja, dan lainnya. Ingat, rumah minimalis harus mengedepankan konsep simplicity dan elegance.

12. Cek Jalur Instalasi Listrik


Jalur instalasi listrik bisa menentukan tingkat kerapian atau efisiensi sebuah rumah, apalagi desain minimalis. Kerapian dan efisiensi itu bisa dilihat dari banyaknya penggunaan kabel dan komponen pendukung listrik lainnya. Misalnya, jika di dalam rumah ada 3 kamar atau ruangan, maka perhatikanlah jumlah penggunaan outlet listriknya. Biasanya, ruangan keluarga memiliki jumlah outlet yang lebih banyak di bandingkan ruangan anak.

13. Cek Jalur Instalasi Air dan Sanitasi


Selain jalur instalasi listrik, jalur instalasi air dan sanitasi juga perlu diperhatikan. Misalnya, jika suatu rumah menggunakan saluran dari PDAM, maka perhatikanlah jalur pipa dan akses masuknya. Pastikan jalur tersebut ditata dengan baik sehingga tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Begitu juga dengan sanitasi terkait jalur atau aliran pembuangan yang berasal dari kamar mandi, toilet, tempat cuci baju, wastafel, dan saluran pembuangan air hujan (atap). Ada baiknya juga desain rumah minimalis tersebut dilengkapi dengan septic tank sehingga itu bisa menunjang kebersihan air.

14. Optimalkan Fungsi Furnitur


Sobat tidak perlu membeli furnitur yang mewah dan mahal untuk menunjang desain rumah minimalis. Ingat, semakin sederhana furnitur yang digunakan, maka akan terlihat lebih minimalis. Namun, bukan berarti boleh sembarangan, harus tetap terlihat indah. Selain itu, faktor penempatan furnitur juga bisa berpengaruh terhadap keindahan rumah. Oleh karena itu, tempatkanlah furnitur secara efektif.

15. Pertimbangkan Lingkungan Sekitar Rumah

gambar rumah sederhana di desa minimalis

Meskipun rumah yang sobat pilih sudah bernilai minimalis, namun ketika itu tidak didukung dengan lingkungan yang tepat, maka itu bisa diibaratkan seperti emas di dalam got. Meskipun begitu, ini hanya bersifat alternatif, tapi saran saya, rumah minimalis akan cocok jika dikombinasikan dengan lingkungan yang asri, seperti terdapat banyak pepohonan, jauh dari becek, dan sampah-sampah plastik.

Biasanya, rumah sederhana di desa lebih berpotensi terkena becek karena di desa volume tanah cukup besar dibandingkan dengan di kota yang sudah dijadikan aspal. Meskipun begitu, potensi keasrian rumah di desa juga lebih baik daripada di kota.

Nah, itulah 15 cara terbaik memilih model desain rumah minimalis. Selanjutnya, untuk jenis dan model rumah minimalis beserta 50+ contoh gambar pilihan terbaik, bisa dilihat di Bab 2.


BAB 2 --- Jenis dan Model Desain Rumah Minimalis beserta 50+ Contoh Gambar Pilihan Terbaik


Memahami Model dan Jenis Desain Rumah Minimalis


Setelah memahami 15 tips yang telah dijelaskan sebelumnya, selanjutnya sobat perlu memahami jenis-jenis model desain rumah minimalis agar sobat bisa mendapatkan referensi terbaik sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat (sesuai kebutuhan). Di sini, sobat juga akan mendapatkan 50 contoh gambar desain terbaik untuk semua tipe rumah minimalis. Sobat juga bisa download gambar tersebut secara gratis.

1. Model Desain Rumah Minimalis Sederhana


# Desain rumah minimalis sederhana 1 lantai 2 kamar tidur

Desain rumah minimalis sederhana 1 lantai 2 kamar tidur


# Desain rumah minimalis sederhana 2 lantai

Desain rumah minimalis sederhana 2 lantai


# Desain rumah minimalis sederhana tapi elegan

Desain rumah minimalis sederhana tapi elegan


# Desain rumah minimalis sederhana tapi mewah

Desain rumah minimalis sederhana tapi mewah


# Desain rumah minimalis sederhana terbaru

Desain rumah minimalis sederhana terbaru


2. Model Desain Rumah Minimalis Modern


# Desain rumah minimalis modern 1 lantai 3 kamar tidur

Desain rumah minimalis modern 1 lantai 3 kamar tidur


# Desain rumah minimalis modern 2 lantai

Desain rumah minimalis modern 2 lantai


# Desain rumah minimalis modern terbaru

Desain rumah minimalis modern terbaru


3. Model Desain Rumah Minimalis Lain-lain


# Desain rumah minimalis gaya Amerika 

Desain rumah minimalis gaya Amerika
freshome.com

Desain rumah minimalis ala Amerika
freshome.com

Desain rumah minimalis style Amerika
freshome.com


# Desain rumah minimalis gaya Eropa

Desain rumah minimalis gaya Eropa
freshome.com

Desain rumah minimalis ala Eropa
freshome.com

Desain rumah minimalis style Eropa
freshome.com


# Desain rumah minimalis gaya Bali

Desain rumah minimalis gaya Bali
designrumah.co.id

Desain rumah minimalis ala Bali
designrumah.co.id


# Desain rumah minimalis ala Korea

Desain rumah minimalis ala Korea
homedesignlover.com

Desain rumah minimalis gaya Korea
homedesignlover.com

Desain rumah minimalis style Korea
homedesignlover.com


# Desain rumah minimalis elegan

Desain rumah minimalis elegan dan idaman

Desain rumah minimalis elegan dan keren


# Desain rumah minimalis mewah

Desain rumah minimalis mewah

Desain rumah minimalis mewah dan keren



# Desain rumah minimalis hemat biaya

Desain rumah minimalis hemat biaya

Desain rumah minimalis biaya murah


# Desain rumah minimalis type 21

Desain rumah minimalis type 21

Desain rumah minimalis tipe 21


# Desain rumah minimalis type 36

Desain rumah minimalis type 36

Desain rumah minimalis tipe 36


# Desain rumah minimalis type 45

Desain rumah minimalis type 45

Desain rumah minimalis tipe 45


# Desain rumah minimalis type 60

Desain rumah minimalis type 60

Desain rumah minimalis tipe 60


# Desain rumah minimalis type 72 

Desain rumah minimalis type 72

Desain rumah minimalis tipe 72

Kesimpulan: Dalam memilih model desain rumah minimalis, sobat harus memahami 15 tips di atas terlebih dahulu. Kemudian, pahami jenis, bentuk, tipe, dan model rumah minimalis tersebut serta perhatikan contoh foto atau gambarnya. Dengan demikian, sobat akan mampu memilih yang sesuai dengan yang diharapkan. Jika informasi ini bermanfaat, mohon untuk di-share ya... Mari kita saling menebar kebaikan. J

Postingan terkait: