15 Tips & Cara Cerdas Membeli & Memilih Rumah di Perumahan

Cara Terbaik Memilih Rumah di Perumahan


Cara terbaik membeli & memilih rumah di perumahan --- Pesatnya pertumbuhan penduduk, berdampak pada peningkatan permintaan terhadap hunian, seperti halnya rumah. Sayangnya, ketersediaan lahan untuk hunian tidak mampu meng-cover seluruh permintaan tersebut. Tak ayal, perumahan dianggap sebagai salah satu solusi atas problematik tersebut. Memilih rumah di perumahan? Jika itu yang saat ini sobat rencanakan, maka ada beberapa tips dan hal penting yang perlu dilakukan sebelumnya.

1. Cari Brosur Penawaran Rumah Sebanyak-banyaknya 


Inilah tips pertama yang perlu sobat lakukan ketika memilih rumah di perumahan. Apa tujuannya? Ada pepatah yang mengatakan, semakin banyak memperoleh, semakin banyak alternatif pilihan. Dengan demikian, peluang untuk mendapatkan yang terbaik cukup besar. Itulah alasan kenapa brosur penawaran rumah perlu sobat cari sebanyak-banyaknya. Ya, untuk memastikan yang terbaik.

2. Pastikan Sobat Melakukan Survei ke Kawasan Perumahan Terlebih Dahulu

Tips Memilih Lokasi Rumah di Perumahan di Padang Sumatera Barat

Sobat, cukup banyak saudara/i kita yang belum memahami betapa pentingnya melakukan survei lokasi rumah terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli rumah di perumahan. Jangan sampai terlena dengan brosur, rayuan marketers, dan ucapan orang lain yang memuja-muji kawasan perumahan tersebut. Bukan bermaksud suuzan, ini hanya sebuah cara untuk memastikan kebenaran akan sesuatu. Sobat juga berhak memilih.


3. Jangan Alpa untuk Memahami Konsep dari Perumahan Tersebut


Cara Memilih Posisi Rumah di Perumahan di Padang Sumbar

Biasanya, setiap perumahan memiliki konsep yang berbeda-beda. Ada yang menerapkan konsep perumahan klasik, modern, minimalis, bahkan ala tradisional. Itulah kenapa sebelum memilih rumah di perumahan, sobat perlu memahami konsep dari perumahan tersebut. Jika itu dianggap sesuai dengan selera, maka tidak ada masalah. Bagaimana jika tidak? Tentu itu akan menimbulkan ketidaknyamanan. 

4. Pertimbangkan Lokasi Perumahan


Cara Terbaik Memilih Lokasi Rumah di Perumahan Baru di Padang

Ada beberapa cara atau tips yang perlu sobat perhatikan dalam memilih lokasi perumahan. Pertama, pastikan perumahan tersebut mudah dalam hal akses transportasi. Kemudian, cek apakah di sekitar perumahan terdapat tempat-tempat vital, seperti tempat kesehatan (rumah sakit atau puskesmas), sekolah, pasar, dan sejenisnya. Sahabat bisa bayangkan sendiri apa yang terjadi jika tempat-tempat tersebut jauh dari kediaman.

5. Pertimbangkan Arah Rumah


Cara dan Tips Aman Memilih Letak Rumah di Perumahan di Padang Sumbar

Bagi sobat yang lebih memilih jalan hidup sehat dan menjadikan hal itu sebagai prioritas utama, maka arah rumah di perumahan penting untuk dipertimbangkan. Pasalnya, rumah yang berpapasan dengan sinar matahari dianggap lebih sehat, apalagi sinar matahari pagi yang mampu menetralisir ruangan.

6. Pilih Posisi Rumah yang Potensial


Tips Memilih Rumah Idaman di Perumahan Kota Padang Sumbar

Sobat mungkin bingung apa maksud posisi rumah potensial, bukan? Begini sobat, umumnya rumah di perumahan dibagi menjadi dua posisi: sudut dan tengah. Well, rumah potensial berposisi di paling sudut (ujung). Kenapa? Itu sangat memungkinkan untuk dilakukan ekspansi (perluasan) dibanding rumah yang berposisi di tengah. Oleh karena itu, jika sobat ada rencana untuk ekspansi, maka memilih rumah yang paling ujung sangatlah tepat.

7. Agar Tidak Tertipu, Sobat Perlu Mengecek Kredibilitas Developer


Cara Aman dan Terbaik Memilih Blok Rumah di Perumahan Kota Padang

“Kecurangan itu akan selalu ada dan hanya akan binasa jika penggunanya juga binasa.” Terkadang, orang-orang awam cenderung menjadi sasaran empuk para developer bodong. Salah satu motif developer bodong yaitu menawarkan harga rumah murah dengan fasilitas “wah”. Kasus seperti ini sudah pernah terjadi di beberapa daerah, seperti perumahan di Jakarta, perumahan di Bogor, hingga perumahan di Padang. Oleh karena itu, ada baiknya sobat menanamkan prinsip “was-was” dalam hal memilih rumah di perumahan.

8. Cek Kualitas Material Bangunan Rumah



Tips Memilih Rumah di Perumahan Daerah Padang

Sebenarnya, ini terbilang relatif. Umumnya, rumah dengan kualitas tinggi cenderung lebih mahal dibanding rumah dengan kualitas standar. Jika sobat tidak mempermasalahkan harga, maka kualitas rumah mungkin bisa didapatkan, mungkin juga tidak. Ingat, potensi kecurangan itu selalu ada. Oleh karena itu, cek dan pastikan kembali kualitas bangunan rumah sebelum memilih rumah di perumahan.

9. Periksa Status Rumah


Dimana pun sobat memilih rumah, baik rumah di Jakarta, rumah di Padang, atau rumah di daerah lain, maka cek status rumah. Perlu sobat ketahui, umumnya sellers menawarkan dua jenis rumah: rumah huni dan rumah inden. Rumah huni ialah rumah yang siap ditempati, sedangkan rumah inden tidak. Rumah inden perlu dibangun terlebih dahulu dan sobat biasanya hanya diperkenankan untuk memilih site plan perumahan.

10. Bandingkan dan Cari Perumahan yang Menawarkan Harga Ekonomis


Jika sobat bisa mendapatkan yang lebih baik, kenapa tidak? Memang, dibutuhkan “banyak” usaha untuk meraih sesuatu yang profitable. Tapi percayalah, hasil usaha dan kerja keras akan terbayarkan setelah tujuan tercapai.

11. Cek Fasilitas yang Ditawarkan


Cara Memilih Blok Rumah di Perumahan Sumatera Barat

Dalam memilih rumah di perumahan, fasilitas merupakan faktor yang tidak bisa diabaikan. Konteks fasilitas di sini sangat luas. Mulai dari fasilitas di dalam rumah itu sendiri hingga yang ada di kawasan perumahan. Sebagai contoh, tempat ibadah, taman, ruang anak, dan sejenisnya. Ingat, fasilitas ini seyogianya ada di dalam kawasan perumahan. 

12. Pastikan Lingkungan Perumahan Bersih dan Sehat


Tips dan Cara Cerdas Memilih Rumah di Perumahan Padang Sumbar

Membandingkan mana kawasan perumahan yang bersih dan sehat serta mana yang tidak, tidaklah sulit. Sobat bisa mengecek di beberapa tempat, seperti selokan, ketersediaan tempat pembuangan sampah, dan saluran pembuangan air. Selain itu, pastikan juga lingkungan perumahan banyak ditumbuhi tanaman atau pepohonan, sehingga terlihat lebih asri. Oleh karena itu, perhatikan faktor lingkungan sebelum memilih rumah di perumahan.

13. Pertimbangkan Faktor Keamanan


Sobat, ini faktor yang sangat vital. Hidup yang terus dihantui dengan kecemasan dan rasa tidak aman pasti tidak enak. Oleh karena itu, sobat harus mempertimbangkan faktor keamanan ini. Sobat bisa mengecek ketersediaan CCTV, satpam, atau petugas lainnya. Contohnya saja kawasan perumahan di Padang. Ada beberapa perumahan yang belum menyediakan fasilitas ini. Meskipun lebih murah, tapi usahakan keamanan terjaga.

14. Pertimbangkan Garansi Kerusakan Rumah


Garansi juga tidak kalah penting, sobat. Umumya, rumah di perumahan menawarkan garansi lebih kurang 3 bulan. Jangka waktu 3 bulan tersebut bisa sobat manfaatkan ketika ada kerusahan pada rumah, seperti atap bocor, dinding retak, dan sebagainya. So, memilih rumah bergaransi cukup menguntungkan, bukan?

15. Di Awal, Tanyakan Bagaimana Sistem Pembayarannya


Tips Membeli Rumah Bekas di Perumahan

Sobat, tujuan mengetahui sistem pembayaran rumah di awal sangat penting karena sobat bisa mengukur kemampuan dalam hal pelunasan. Jangan sampai di kemudian hari sobat mengalami masalah dalam hal pelunasan. Umumnya, ada 3 sistem pembayaran, yaitu dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), tunai bertahap (cash installment), dan tunai keras (hard cash). Sobat bisa memilih sesuai dengan kesanggupan. Jangan dipaksakan ya, sobat.

Baik sobat, itulah 15 hal yang wajib sobat lakukan ketika memilih rumah di perumahan. Pada dasarnya, semua ini merupakan bagian dari tips dan langkah antisipatif agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Mungkin sampai di sini, sobat. Semoga informasi ini bisa memberi manfaat kepada sobat dan semoga urusan sobat dimudahkan oleh Allah swt. Mohon maaf atas segala kekurangan dalam artikel ini, ya.

Tag: membeli dan memilih rumah di kompleks perumahan baru di Padang, Sumatera Barat, Jambi, Palembang, Aceh, Medan, Bengkulu, Solok, Payakumbuh, Batusangkar, Sawahlunto, Pesisir Selatan, Pekanbaru, Riau.