30+ Inspirasi Desain Rumah Minimalis yang Bagus, Sehat, dan Nyaman

desain rumah minimalis yang bagus, sehat, dan nyaman

Seperti apa sih contoh gambar, model, dan desain rumah minimalis yang bagus, sehat, dan nyaman? Well, jika sobat sedang mencari inspirasi mengenai itu, maka di sini adalah tempat yang tepat. Perlu diketahui terlebih dahulu, “bagus” itu relatif karena setiap orang pasti memiliki persepsi yang berbeda mengenai hal itu. Mungkin, ada orang yang menganggap rumah minimalis yang bagus itu seperti rumah sederhana di desa, yang memiliki lingkungan yang bersih, sejuk, dan natural.

Ada juga yang mengatakan desain rumah minimalis yang bagus itu yang sederhana tapi mewah, yang sederhana tapi modern, atau bisa juga yang ada kolam renangnya. Bagi saya, semuanya benar. Tidak ada yang salah. Sekali lagi saya katakan, setiap orang punya pandangan yang beragam, tapi orientasinya hampir saya. Begitu juga dengan maksud dari rumah yang “sehat” dan “nyaman”. Pasti, setiap orang memiliki indikator sendiri mengenai hal itu, tapi orientasinya tidak jauh berbeda.

Nah, di sini saya akan memberikan 30+ inspirasi desain rumah minimalis yang bagus, sehat, dan nyaman versi saya. Namun sebelum itu, saya akan menjelaskan terlebih dahulu beberapa indikator atau ciri-ciri rumah yang bagus.

1. Memiliki Konsep yang Jelas


Banyak sekali variasi konsep desain rumah minimalis. Sebagai contoh, ada rumah minimalis 2 lantai ukuran 6 x 12, ukuran 6 x 15, type 60, dan seterusnya. Ada juga desain rumah minimalis 1 lantai 2 kamar dan 3 kamar. Artinya, rumah minimalis yang bagus harus memiliki konsep yang jelas, baik dari segi type, jenis, denah, maupun tema, seperti tema klasik, modern, tema 2018 sederhana terbaru, dan seterunya.

2. Memiliki Lingkungan yang Sehat


Nah, ternyata desain rumah minimalis yang bagus harus memiliki lingkungan yang sehat, baik lingkungan dalam rumah maupun luar rumah. Ini juga mengindikasikan bahwa “sehat” merupakan salah satu indikator rumah yang bagus. Jadi, kalau sobat mau rumah yang bagus, carilah yang sehat. Lalu, seperti apa sih rumah yang sehat atau apa ciri-ciri rumah yang sehat itu?

# Memiliki Ventilasi


Tanpa ada ventilasi, sebuah rumah tidak akan memiliki sirkulasi udara yang notabene berfungsi untuk menjaga kesegaran ruangan yang ada di dalam rumah. Bayangkan saja, sobat tinggal di rumah bersama dengan keluarga tapi tidak mendapatkan asupan udara yang baik. Tentu saja, ini sangat tidak baik untuk kesehatan.

# Bebas dari Binatang-Binatang Kumuh


Jika di lingkungan rumah terdapat binatang kumuh seperti tikus, kecoak, dan sejenisnya, maka bisa mengindikasikan rumah tersebut tidaklah sehat. Ya, umumnya binatang seperti itu berkembang biak di tempat-tempat yang juga kumuh. Oleh karena itu, jagalah terus kondisi rumah agar tetap bersih.

# Memiliki Sanitasi Lingkungan


Buatlah desain rumah minimalis yang bagus dan sehat dengan menghadirkan sanitasi lingkungan. Misalnya, pastikan adanya ketersediaan aliran atau jalur pembuangan dari kamar mandi, wastafel, dan toilet.

# Memiliki Ruang untuk Masuknya Sinar Matahari


Sinar matahari berfungsi untuk menetralisasi ruangan karena mampu membunuh virus yang terdapat pada ruangan. Nah, itulah kenapa sobat harus mengecek apakah ada ruang di dalam rumah yang bisa dimasuki sinar matahari. Rumah yang sehat adalah rumah yang mampu disinari oleh matahari pagi.

# Memiliki Ruang yang Cukup untuk Tanam-Tanaman


Sobat juga pasti tahu bahwa tanam-tanaman mampu memberikan asupan udara (oksigen) yang baik sehingga kita bisa bernapas lebih berkualitas. Selain itu, tanam-tanaman yang ada di rumah juga dianggap mampu menjadi penawar stres, kejenuhan, meningkatkan rasa percaya diri, optimisme, dan menyejukkan pandangan.

3. Kuat dan Awet


Salah satu desain rumah minimalis yang bagus lainnya yaitu kuat (memiliki ketahanan fisik) dan awet (tidak cepat berkarat atau lapuk). Artinya, hal paling penting diperhatikan agar rumah tetap kuat dan awet adalah material atau bahan yang digunakan untuk membangun rumah, seperti kayu, batu bata, semen, dan material lainnya.

Selain itu, pastikan juga untuk tidak salah dalam memberikan komposisi, seperti komposisi antara semen dan batu bata. Jika semen yang digunakan terlalu sedikit, maka tidak akan rekat (kuat) sehingga dinding atau pondasi rumah rentan untuk roboh.

4. Asri


Siapa sih yang tidak mau memiliki rumah yang asri? Ya, keasrian memang identik dengan sehat. Artinya, rumah yang asri bisa dianggap sebagai rumah yang sehat. Sebenarnya, saya sudah membahas secara lengkap mengenai rumah asri di artikel sebelumnya, yaitu 10 Cara Sederhana Menciptakan Rumah Minimalis Asri yang Hemat Biaya. Di sana dijelaskan secara lengkap, mulai dari pengertian rumah yang asri, ciri-cirinya, dan cara membuat desainnya.

5. Nyaman


Bagi saya, desain rumah minimalis yang bagus itu yang bisa membuat penghuninya senang dan nyaman. Jika rumah minimalis tersebut dianggap modern, cantik, elegan oleh sobat, namun ternyata rumah tersebut tidak mampu memberikan kenyamanan, untuk apa gunanya, kan? Artinya, buatlah desain rumah senyaman mungkin.

Artikel terkait:


Nah, itulah pandangan saya mengenai rumah yang bagus. Selanjutnya, sobat bisa melihat 30+ inspirasi desain rumah minimalis yang bagus, sehat, dan nyaman. Di sini, sobat bisa melihat seperti apa bentuk rumah, denah, desain interior maupun eksteriornya. Lengkap!

Inspirasi Desain Rumah Minimalis yang Bagus 1 Lantai
Inspirasi Desain Rumah Minimalis 1 Lantai

Inspirasi Desain Rumah Minimalis yang Bagus 2 Lantai
Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Inspirasi Desain Rumah Minimalis yang Bagus dan Modern 2 Lantai
Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Inspirasi Desain Rumah Minimalis yang Bagus dan Mewah 2 Lantai
Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus dan Mewah 2 Lantai
Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus dan Bersih 2 Lantai
Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus dan Elegan 2 Lantai
Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Gambar model rumah minimalis 2018 sederhana di desa
Inspirasi Desain Rumah Minimalis Sederhana 2 Lantai

Gambar model gambar rumah minimalis sederhana di desa
Inspirasi Desain Rumah Minimalis Sederhana 2 Lantai

Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Kamar Anak
Desain Kamar Minimalis

Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Kamar Anak
Desain Kamar Minimalis

Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Kamar Anak
Desain Kamar Minimalis

Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Kamar Anak
Desain Kamar Minimalis

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Kamar Anak
Desain Kamar Minimalis

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Kamar Nuansa Pink
Desain Kamar Minimalis

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Kamar Anak
Desain Kamar Minimalis

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Teras
Desain Pekarangan Rumah Asri

Inspirasi Desain Rumah Minimalis yang Bagus dan Asri untuk Teras
Desain Teras Rumah yang Asri

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Teras
Desain Teras Rumah

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Pekarangan
Desain Halaman Depan Rumah

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Halaman Depan
Desain Halaman Depan Rumah

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Dapur
Desain Dapur Minimalis

Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Dapur
Desain Dapur Minimalis

Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Dapur Kayu
Desain Dapur Minimalis

Gambar Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Dapur
Desain Dapur Minimalis

Contoh Gambar Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Dapur
Desain Dapur Minimalis

Contoh Gambar Model Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Dapur
Desain Dapur Minimalis

Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Denah
Model Denah Rumah Minimalis

Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Denah
Model Denah Rumah Minimalis

Desain Rumah Minimalis yang Bagus untuk Denah
Model Denah Rumah Minimalis

Bagaimana sobat? Apakah sobat sudah mendapatkan inspirasi mengenai desain rumah minimalis yang bagus, sehat, dan nyaman? Nah, sebagai informasi tambahan, saya juga akan memberikan sedikit tips bagaimana cara mudah agar rumah tetap bersih dan sehat sehingga kenyamanan untuk tinggal juga lebih baik.

1. Rutin Membersihkan Setiap Sudut Rumah


Saya tidak menyuruh sobat untuk memberihkan rumah setiap hari. Setidaknya, sekali tiga hari atau paling minimal sekali seminggu jika sobat benar-benar sibuk. Apa saja yang perlu dibersihkan? Semuanya, mulai dari kamar, dapur, kamar mandi, furnitur, pekarangan, kulkas, wastafel, atap, dan seterusnya.

2. Rutin Membersihkan Hewan Peliharaan


Saya termasuk yang alergi dengan debu, apalagi bulu kucing. Namun, saya tetap memeliharanya. Jika sobat memiliki hewan peliharaan juga, apakah kucing, burung, ayam, dan lainnya, usahakan untuk rutin membersihkannya, termasuk juga kandangnya. Usahakan tetap menjaga jarak, jangan biarkan hewan tersebut berkeliaran di kamar dan dapur.

3. Cegah Asap Rokok Masuk ke dalam Rumah


Kita paham bahwa asap rokok sangat berbahaya. Jika sobat seorang perokok, wajib untuk tidak merokok di dalam rumah. Setidaknya, jagalah kesehatan keluarga sobat yang tidak merokok. Kasihan, kan? Begitu juga dengan tamu yang datang ke rumah, usahakan mencegahnya untuk tidak merokok di dalam rumah.

4. Jangan Menumpuk Barang Bekas di dalam Rumah


Selain bisa membuat rumah kelihatan tidak rapi, barang-barang bekas tersebut juga bisa menjadi sumber munculnya debu. Apalagi jika barang-barang tersebut dibiarkan dimainkan oleh anak. Itu sangat tidak sehat. Saran saya, jika memang tidak berguna lagi, jual saja, jadikan uang, atau simpan di gudang.

Kalau rumah sudah bagus, bersih, sehat, kenyamanan itu akan dirasakan dengan sendirinya. Mau memiliki desain rumah minimalis yang bagus, sehat, dan nyaman? itu tergantung diri sobat sendiri bagaimana menciptakan dan mempertahankannya. Ada juga orang yang punya rumah bagus dan sehat, tapi tidak mampu merawat, sehingga mereka tidak bisa merasakan kenyamanan. Itulah kenapa saya bilang, ciptakanlah, kemudian pertahankan (dijaga). Semoga informasi yang sedikit ini bermanfaat, mohon maaf atas segala kekurangan pada artikel ini. Jika informasi ini bermanfaat, jangan lupa di-share, ya. Mari kita saling menebar kebaikan.

Postingan terkait: