11 Tips dan Cara Membangun Rumah Dengan Modal Kecil (30 Jutaan)

Tips dan Cara Membangun Rumah Dengan Modal Kecil (30 Jutaan)


RanahSolusi --- Sebagai wadah untuk menciptakan cinta dan kehidupan, banyak orang yang pengin punya rumah idaman sendiri. Namun, masalah biaya masih menjadi hambatan utama. Bagaimana cara membangun rumah dengan modal kecil? Apa bisa? Bisa, kok! Menurut ranahsolusi, itu dapat direalisasikan bahkan dengan dana 30 juta! Untuk mewujudkan itu, simak trik dan tips berikut ini.

1. Sediakan Bidang Tanah untuk Membangun Rumah


Kalau mau membangun rumah ideal biaya 30 juta, pastikan terlebih dahulu Anda menyediakan bidang tanah yang cukup. Anda juga tahu pasti bahwa salah satu unsur yang dapat membuat harga suatu rumah menjadi mahal yaitu tanah. Oleh karena itu, pastikan Anda telah menyediakan bidang tanah yang ideal untuk membangun rumah idaman mulai dari nol.

Sebagai tips untuk membangun rumah dengan dana minim 30 juta, minimal Anda memilih rumah type 24, dan maksimal type 36 yang mana ukuran luas tanah tidak kurang dari 8 x 10 meter. Nah, untuk penggunaan tanah rumah type 24, jangan sampai lebih dari 6 x 4 meter. Sedangkan penggunaan tanah rumah type 36, jangan lebih dari 6 x 6. Kenapa seperti itu? Ya, semakin luas penggunaan suatu tanah, maka pasti Anda membutuhkan material dan bahan bangunan yang lebih sehingga itu membuat biaya pembangunan menjadi lebih besar.

2. Pilih Tipe Model dan Desain Rumah Minimalis

Tips dan Cara Membangun Rumah Dengan Modal Kecil

Jika mau membangun rumah murah dan cepat, pastikan Anda memilih tipe rumah dengan model desain rumah minimalis. Ya, rumah dengan type minimalis dianggap lebih fleksibel (dapat dikerjakan secara bertahap) dan juga cenderung tidak memerlukan anggaran yang relatif besar. Tidak hanya itu, proses pengerjaan rumah pun dapat lebih cepat.

Jangan khawatir, meskipun Anda hanya bikin rumah tipe minimalis, baik dengan dana 30 juta atau kurang dari itu, bisa biaya 15 juta, dan lainnya, Anda masih dapat membuat rumah tersebut kelihatan indah dan punya nilai lebih. Caranya? Anda bisa menambahkan sejumlah aksesori, misalnya pohon dan tanaman, serta furnitur multifungsi. Itu jauh terlihat lebih praktis dan bisa juga terkesan asri dan elegan.

3. Manfaatkan Jasa Tukang Bangunan dengan Upah yang Kompetitif dan Berpengalaman

Cara Membangun Rumah Dengan Dana 15 Juta

Tolong diingat ya, jangan pakai jasa kontraktor karena itu bukan termasuk cara membangun rumah dengan modal kecil. Anda masih dapat mencari alternatif lain, misalnya dengan menggunakan jasa tukang bangunan. Namun, Anda juga tidak boleh asal-asalan dalam memilih tukang bangunan, jangan asal murah saja. Boleh saja murah, tetapi tetap memperhatikan kualitas dan kinerja tukang tersebut sehingga hasil pengerjaan bisa menjadi cepat dan baik.

Bingung bagaimana mencari jasa tukang yang punya kriteria seperti itu? Anda bisa bertanya kepada keluarga, sahabat, teman, dan tetangga. Untuk membangun rumah murah dan cepat, Anda cukup mempekerjakan dua orang tukang dengan estimasi pengerjaan pembangunan rumah 1 bulan. Bukan tanpa alasan, hal ini mengacu pada pengalaman teman-teman yang membangun rumah murah di Padang, Sumatera Barat dan di Jakarta.

4. Ciptakan Desain Rumah Secara Detail

Tips dan Cara Membangun Rumah Dengan Modal Kecil

Inilah salah satu cara membangun rumah dengan modal kecil selanjutnya. Ya, desain rumah memiliki peran penting terutama dalam meminimalkan biaya pengerjaan rumah. Kenapa demikian? Jika Anda membuat desain rumah dengan detail dann rinci, otomatis Anda dapat dengan mudah menaksir berapa besaran biaya yang perlu dialokasikan untuk membangun rumah.

Selain itu, desain atau model rumah juga berperan vital agar terhindar dari kesalahan saat pengerjaan pembangunan rumah. Tak perlu repot, Anda bisa menggambar sketsa sederhana pada selembar kertas. Silakan menggambar desain secara umum dan jangan lupa untuk menentukan bagian-bagian detailnya, seperti letak pintu, jendela, teras, ruang kamar, dapur, dan sebagainya. Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk mencari inspirasi contoh desain rumah minimalis biaya 30 jutaan.

5. Gunakan Material dan Bahan Bangunan Berkualitas (Harga Kompetitif)


Salah satu tips membangun rumah dengan dana terbatas yaitu dengan memilih bahan bangunan yang tepat. Percaya atau tidak, jika Anda tidak mampu selejtif dalam memilih material bangunan rumah, bukan tidak mungkin dana Anda akan habis untuk bagian ini saja. Oleh karena itu, Anda mesti membuat perencanaan, coba ajak tukang bangunan untuk berdiskusi tentang material apa yang penting dan berapa kuantitasnya.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat bertanya kepada tukang tersebut di mana toko material yang bagus dan berkualitas dan menawarkan harga kompetitif. Ini sangat efektif karena tukang bangunan telah terbiasa berhubungan dengan penjual (seller) material. Meskipun begitu, Anda juga dapat mencari tahu secara mandiri dengan cara membandingkan harga bahan bangunan setiap toko.

6. Manfaatkan Material dan Bahan Bangunan Bekas (Masih Layak Pakai)

Tips dan Cara Bangun Rumah 5 Juta

Mau tahu tips hemat membangun rumah? Pastikan Anda memanfaatkan material bekas yang masih bagus. Bagi Anda yang benar-benar terkendala dengan anggaran dan dana bangun rumah, seperti budget yang kurang dari 30 juta, mungkin alternatif ini bisa digunakan.

Misalnya, jika material bangunan yang masih baru diibaratkan memiliki kualitas 100%, maka material bekas yang akan Anda beli setidaknya memiliki kualitas setara dengan 80%. Selisih kualitas di antara keduanya memang tidak begitu jauh, namun harganya bisa menjadi lebih murah dan hemat. Ini bisa menjadi strategi yang ekonomis dan cerdas, pastinya. Percayalah, selalu ada cara membangun rumah dengan modal kecil, asalkan Anda memiliki kemauan yang besar untuk mewujudkannya.

7. Manfaatkan Bangunan Semi-Fabricated atau Material Setengah Jadi


Tidak ada masalah jika membangun rumah secara bertahap. Begitu juga dengan memanfaatkan material setengah jadi. Memadukan bahan jadi dan setengah jadi sangat bijak sebagai cara meminimalkan biaya bangun rumah. Apa contoh bahan semi-fabricated? Misalnya, jika Anda memerlukan cor beton, maka material semi-fabricated-nya adalah bata cor, yaitu sebuah bata yang dikhususkan sebagai material substitusi dari cor beton.

Material dan bahan seperti ini juga bisa digunakan untuk bikin rumah minimalis. Berapa persentase tingkat kehematan jika Anda menggunakan bahan semi-fabricated? Jika diperkirakan, itu Anda bisa hemat sampai 35%! Luar biasa, bukan? Nah, Anda juga dapat mencari material semi-fabricated lain yang efisien.

8. Kurangi Penggunaan Sekat Rumah

Cara Bangun Rumah 50 Juta

Apa itu sekat rumah? Itu adalah sebuah pembatas ruangan yang biasanya terbuat dari triplek atau sejenisnya. Jika Anda ingin tahu strategi dan tips membangun rumah dengan dana terbatas, maka hindari untuk menggunakan sekat rumah secara berlebihan. Banyak kok alternatif lain yang bisa digunakan sebagai pembatas ntar ruangan, dan tidak selalu harus menggunakan sekat yang “real”.

Misalnya, jika Anda ingin membatasi ruang keluarga dengan ruang dapur, maka cukup dengan meletakkan lemari, tirai, atau jenis pembatas lain yang lebih simple. Coba bayangkan, jika di rumah Anda memiliki banyak sekat yang berbahan triplek, tentu saja itu menjadi boros dan tidak ekonomis. Tidak hanya itu, ruangan rumah Anda pun akan terkesan sempit.

9. Hindari Pembuatan Profile dalam Proses Pembangunan Rumah


Salah satu tips dan cara membangun rumah dengan modal kecil yaitu menghindari pembuatan profile rumah. Kenapa? Ya, proses inilah yang bisa menyedot dana atau anggaran bangun rumah. Apa itu profile? Secara sederhana, profile bisa diartikan sebagai sebuah model, desain atau dekorasi rumah yang berupa hasil ukrian. Meskipun ukiran tersebut bisa membuat rumah terkesan mewah, namun tetap saja penggunaan profile dianggap rumit dan tidak efisien, apalagi untuk bangun rumah 50 juta atau 30 jutaan.

10. Ajak Keluarga Gotong-Royong dalam Bangun Rumah


Ingat, Anda sedang membangun rumah sendiri. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda dan keluarga bergotong-royong atau ikut andil dalam pengerjaan rumah. Anda dan keluarga dapat membantu hal-hal kecil atau yang memungkinkan untuk dikerjakan. Dengan demikian, proses pengerjaan rumah dapat lebih cepat.

Jangan salah, keikutsertaan Anda dalam pengerjaan rumah juga dapat menghemat biaya, khususnya menghemat biaya tukang. Misalnya, jika target penyelesaian bangun rumah sekitar 1 bulan penuh, maka dengan Anda ikut serta membantu pengerjaan, bisa jadi proses pengerjaan oleh tukang hanya 25 hari. Artinya, Anda bisa hemat biaya tukang selama 5 hari. Lumayan, bukan?

11. Menunda Finishing

Gambar Tips Membangun Rumah Dengan Dana Terbatas

Menunda pengerjaan finishing rumah juga termasuk sebagai upaya dan cara menghemat biaya pembangunan rumah. Misalnya, pengerjaan finishing seperti penambahan eksterior rumah (kolam, taman, dan sebagainya), itu dapat Anda lakukan belakangan saja jika Anda memiliki dana lebih di kemudian hari. Intinya, utamakan elemen yang fundamental karena biaya finishing tidak sedikit. Namun, ada finishing boleh tidak ditunda, salah satunya cat rumah.  Inilah salah satu cara membangun rumah dengan modal kecil.

Contoh perhitungan membangun rumah dengan modal kecil:


1. Anggaran biaya untuk dua orang tukang per hari, yaitu sekitar 80.000 per orang. Jika dikalkulasikan selama satu bulan, maka menjadi 80.000 x 2 x 30 = 4,8 juta rupiah. Jika Anda ikut serta dalam proses pembangunan rumah, maka anggaplah sewa tukang hanya 25 hari saja. Dengan asumsi, keikutsertaan Anda dapat mengefisiensi 5 hari kerja. Dengan demikian, biayanya menjadi 80.000 x 2 x 25 = 4 juta rupiah.

2. Kebutuhan material seperti pasir, bata, batu kali, besi, semen, dan elemen sejenisnya diasumsikan merogoh kantong 15 juta rupiah. Umumnya, material ini dipakai untuk pembuatan pondasi rumah, dinding, lantai, bak mandi, wc, dan lainnya.

3. Biaya bahan material untuk atap, misalnya genteng, seng, kayu, dan sejenisnya dianggap menghabiskan dana atau biaya sebesar 10 juta rupiah.

4. Biaya bahan material seperti untuk pembuatan jendela, kusen, dan sejenisnya dapat menghabiskan dana lebih kurang 2,5 juta rupiah.

5. Kemudian yang terakhir yaitu biaya instalasi listrik, air, dan utilitas diperkirakan mengeluarkan dana sebesar 2,5 juta rupiah.

Dengan demikian, jika semua biaya tersebut dijumlahkan, maka total semua biaya pembangunan rumah yaitu 4 juta + 15 juta + 10 juta + 2,5 juta + 2,5 juta = 34 juta.

Inilah 11 tips dan cara membangun rumah dengan modal kecil 30 jutaan. Ya, informasi di sini bisa dianggap sebagai gambaran umum untuk mengukur biaya pembangunan rumah dengan modal 30 jutaan. Meskipun begitu, setidaknya Anda bisa tahu perhitungan kasar atau apa saja yang dibutuhkan dalam membangun rumah dengan dana terbatas atau dana minim. Semoga artikel ini dapat menginspirasi, dan mohon maaf atas segala kekurangan kami. Terima kasih, semoga sukses!

Postingan terkait: