10 Tips dan Cara Membangun Rumah dengan Dana Minim (20 Jutaan)


Cara Membangun Rumah Dengan Dana Minim
RANAHSOLUSI.WEB.ID --- Rumah ialah wadah untuk menciptakan cinta dan kehidupan. Itulah kenapa setiap insan bermimpi untuk membangun rumah idaman. Namun, ada secercah hambatan yang membuat setiap insan berpikir kembali untuk membangun rumah, yaitu biaya. Bagaimana cara membangun rumah dengan dana minim? Apakah mungkin? Percayalah, itu bisa direalisasikan bahkan hanya dengan biaya 20 juta saja! Oleh karena itu, simak jasa panduan dan tips berikut.

1. Sediakan Bidang Tanah yang Ideal

Cara Membangun Rumah Dengan Dana Minim

Jika mau bangun rumah murah dengan biaya 20 juta, sediakan bidang tanah yang cukup terlebih dahulu. Sobat juga pasti tahu bahwa salah satu elemen yang membuat harga sebuah rumah menjadi mahal ialah tanahnya. Oleh karena itu, pastikan sobat sudah menyediakan bidang tanah yang cukup untuk membangun rumah. Daripada mencari info dijual rumah murah 20 juta yang rasanya agak mustahil, mending yang pasti-pasti saja, dengan menabung untuk membeli tanah terlebih dahulu.
Untuk membangun rumah dengan biaya 20 juta, ada baiknya memilih type 21 yang mana ukuran luas tanah tidak kurang dari 6 x 10 meter. Sedangkan untuk penggunaan tanah, jangan sampai melebihi ukuran 6 x 3,5 meter. Kenapa demikian? Ingat, semakin luas penggunaan tanah, tentu saja butuh material bangunan yang lebih banyak sehingga biayanya pun juga menjadi lebih besar.

2. Pastikan untuk Memilih Tipe Rumah Minimalis


Gambar Membangun Rumah dengan Biaya 20 Juta

Ini termasuk hal mendasar yang mesti sobat pertimbangkan jika ingin bangun rumah murah dan cepat. Ya, rumah tipe minimalis memang dikenal lebih fleksibel (bisa dikerjakan secara bertahap) dan cenderung tidak membutuhkan anggaran yang besar. Selain itu, proses pengerjaannya juga relatif lebih cepat.
Sobat tidak perlu khawatir, meskipun hanya bikin rumah tipe minimalis, sobat masih bisa membuat rumah tersebut tampak lebih indah dan bernilai. Bagaimana panduan & caranya? Sobat bisa menambahkan beberapa aksesori, seperti pohon dan tanaman, misalnya. Itu lebih praktis dan terlihat lebih asri.

3. Gunakan Jasa Tukang Berkinerja Cepat dengan Upah Ekonomis

Gambar Membangun Rumah dengan Biaya 20 Juta

Ingat sobat, jangan gunakan jasa kontraktor karena ini bukanlah cara membangun rumah dengan dana minim. Sobat masih bisa mencari alternatif lain, seperti menggunakan jasa tukang bangunan, misalnya. Namun, sobat juga tidak boleh sembarangan dalam memilih tukang, jangan asal murah saja. Murah boleh, namun tetap berkinerja baik dan cepat. (Baca juga --> Mau Tahu Cara Beli Rumah Bekas dengan KPR? Ini Syarat dan Prosedurnya!)

Jika sobat bingung mencari jasa tukang yang memiliki kriteria seperti itu, sobat bisa bertanya pada keluarga, tetangga, atau teman. Berapa idealnya mempekerjakan tukang bangunan untuk membangun rumah murah? Cukup dua orang tukang saja dengan asumsi pengerjaan pembangunan rumah sekitar 1 bulan. Hal ini sesuai pengalaman beberapa orang teman yang pernah membangun rumah murah di Padang, Sumatera Barat yang mana mereka membangun secara bertahap.

4. Buat Desain Rumah dengan Detail

Gambar Cara Membangun Rumah dengan Dana Minim

Inilah cara membangun rumah dengan dana minim selanjutnya. Desain sangat berperan penting dalam meminimalisasi budget dan biaya pengerjaan pembangunan. Kenapa? Jika sobat membuat desain rumah sedemikian rinci, sobat bisa dengan mudah memperkirakan berapa besaran biaya yang dialokasikan untuk pembangunan rumah.
Selain itu, desain juga berperan penting untuk menghindari kesalahan saat pengerjaan pembangunan. Tidak perlu ribet, sobat bisa menggambar sebuah sketsa pada selembar kertas. Gambar saja secara umum dan tentukan bagian-bagian detailnya, seperti teras, pintu, jendela, ruang kamar, dan lainnya. Sobat bisa memanfaatkan internet untuk mencari contoh desain rumah minimalis. (Baca juga --> 50 Contoh Model Desain Rumah Minimalis Terbaru)

5. Pilih Material Bangunan Berkualitas dengan Harga Kompetitif

Gambar Cara Membangun Rumah dengan Dana Minim

Ini juga bisa menjadi tips membangun rumah dengan dana terbatas. Percaya atau tidak, jika sobat tidak mampu berpandai-pandai dalam memilih material bangunan, bisa jadi dana sobat akan habis untuk hal ini. Oleh karena itu, buatlah sebuah perencanaan, ajak tukang bangunan berdiskusi, kira-kira material apa saja yang diperlukan dan berapa kuantitasnya.

Komunikasi dengan tukang bangunan sangat ditekankan di sini. Selain itu, sobat juga bisa bertanya kepada tukang bangunan dimana toko material yang berkualitas yang menawarkan harga kompetitif. Ini bisa menjadi efektif karena tukang bangunan sudah terbiasa berhubungan dengan seller material. Namun, sobat juga bisa mencari tahu sendiri dengan membandingkan setiap toko. (Baca juga --> 35+ Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai yang akan Membuatmu Terpesona)

    6. Manfaatkan Material Bangunan Bekas yang Masih Layak Pakai

    Gambar Membangun Rumah Murah

    Ini juga bisa menjadi tips & cara hemat membangun rumah. Bagi sobat yang benar-benar bermasalah dengan dana atau anggaran, seperti kurang dari 20 juta, atau maksimal bangun rumah dengan modal kecil 30 juta, mungkin ini bisa menjadi alternatif. Namun, pastikan juga bahwa material bekas yang dibeli masih memiliki kualitas yang baik.

    Setidaknya, jika material yang baru diibaratkan 100%, maka material bekas yang dibeli ibaratkan 80%. Tentu saja, selisih kualitasnya tidak begitu jauh dan harganya pun bisa lebih murah. Ini bisa menjadi langkah yang ekonomis dan cerdas. Percayalah, selalu ada cara membangun rumah dengan dana minim, asalkan ada kemauan yang besar untuk itu. (Baca juga --> Perhatikan 15 Hal Ini Ketika Membeli Rumah di Kompleks Perumahan)

    7. Gunakan Material Bangunan Semi-Fabricated (Setengah Jadi)

    Gambar Membangun Rumah Murah

    Tidak masalah membangun rumah secara bertahap. Tidak perlu semuanya harus disuguhi dengan bahan jadi. Cara ini dianggap mampu meminimalkan biaya. Seperti apa bahan semi-fabricated? Misalnya, jika sobat membutuhkan cor beton, maka bahan semi-fabricated-nya berupa bata cor, sebuah bata yang memang dikhususkan sebagai bahan substitusi dari cor beton.


    [Baca juga] --> 11 Langkah Menciptakan Taman Minimalis di Lahan Sempit Rumah Anda

    Bahan seperti ini juga cocok untuk bikin rumah minimalis. Berapa persen tingkat kehematan jika menggunakan bahan semi-fabricated? Perkiraannya bisa mencapai 35%! Luar biasa, kan? Well, sobat juga bisa mencari bahan semi-fabricated lainnya yang pastinya sangat efisien.

    8. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Sekat

    Gambar Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

    Cara hemat membangun rumah, jangan berlebihan dalam memakai sekat. Apa yang dimaksud dengan sekat? Itu seperti sebuah pembatas yang umumnya terbuat dari triplek atau sejenisnya yang digunakan sebagai pembatas ruangan. Jika sobat ingin tahu tips membangun rumah dengan dana terbatas, hindari terlalu banyak menggunakan sekat-sekat ini. Ada alternatif lain untuk memisahkan antar ruangan, tidak harus selalu menggunakan sekat-sekat.
    Sebagai contoh, jika ingin memberi batasan antara ruang keluarga dengan ruang dapur, maka sobat tidak perlu memberikan sekat. Lalu? Cukup dengan meletakkan lemari, gorden (tirai), atau pembatas lainnya yang lebih simple. Bayangkan saja, jika di rumah sobat memiliki banyak sekat berbahan triplek, tentu saja ini tidak ekonomis dan ruangan juga terlihat lebih sempit.

    9. Hindari Profile dalam Pembangunan Rumah

    Gambar Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

    Terkadang, ini juga sering diabaikan oleh banyak orang. Tanpa disadari, pembuatan profile cukup banyak menyedot anggaran. Apa itu profile? Sederhananya, itu bisa dikatan sebagai sebuah desain atau dekorasi rumah yang dilakukan dengan cara mengukir. Meskipun hasilnya cukup bagus dan berkesan mewah, penggunaan profile termasuk rumit dan kurang efisien.

    Oleh karena itu, ini bukanlah salah satu cara membangun rumah dengan dana minim. Sobat masih bisa mencari alternatif lain untuk mempercantik rumah. Bahkan, yang sederhana pun bisa terlihat indah, bernilai, dan mahal, asalkan kreatif. Untuk mendapatkan ide-ide kreatif, sobat tinggal berselancar saja di Google.

    10. Jangan Sungkan Membantu Pengerjaan Pembangunan Rumah

    Gambar Cara Membangun Rumah dengan Dana Minim

    Ingat, sobat sedang membangun rumah sendiri. Jadi, tidak ada salahnya sobat ikut andil dalam proses pengerjaan rumah. Setidaknya, membantu hal-hal yang bisa dilakukan. Dengan begitu, proses pengerjaan bisa lebih cepat. Biar ringan, lakukan secara bertahap. 

    Selain itu, keikutsertaan sobat ternyata juga bisa menghemat biaya, terutama menghemat biaya tukang. Sebagai contoh, jika target penyelesaian pembangunan rumah yaitu 1 bulan penuh, maka dengan sobat ikut serta membantu, bisa jadi prosesnya hanya 25 hari. Hemat 5 hari. Dengan begitu, biaya tukang pun akan berkurang, bukan?

    #Berikut perhitungan atau kalkulasi pembangunan rumah dengan biaya minim:

    1. Biaya dua orang tukang per hari = 70.000 per tukang. Maka, untuk satu bulan menjadi 70.000 x 2 x 30 = 4,2 juta rupiah. Jika sobat ikut serta mengerjakan proses pembangunan, maka hitungannya hanya 25 hari. Dengan asumsi, keikutsertaan sobat bisa mengefisiensi waktu 5 hari. Maka, hitungannya menjadi 70.000 x 2 x 25 = 3,5 juta.
    Baca juga: Cara Beli Rumah Tanpa Skema Riba (Tanpa Kredit dan Tanpa Bank)
    2. Kebutuhan terhadap pasir, semen, bata, batu kali, dan elemen sejenisnya diasumsikan menghabiskan biaya 9,5 juta rupiah. Material ini umumnya digunakan untuk membuat pondasi rumah, lantai, wc, bak mandi, dan sejenisnya.

    3. Biaya material untuk atap, seperti kayu, genteng, seng, dan sejenisnya diasumsikan menghabiskan biaya 4 juta rupiah.

    4. Biaya material seperti paku, pintu, jendela, kusen, dan sejenisnya bisa menghabiskan biaya lebih kurang 2 juta rupiah.

    5. Terakhir, biaya pemasangan listrik, air, dan sejenisnya diperkirakan mengeluarkan biaya sebesar 1,5 juta.

    Jika dijumlahkan secara keseluruhan, maka total biaya pembangunan rumah ialah 3,5 juta + 9,5 juta + 4 juta + 2 juta + 1,5 juta = 20,5 juta.
    Baca juga: Cara Agar Gaji 2 Jutaan Bisa Beli Mobil dalam Setahun
    Well, itulah 10 panduan, tips, dan cara membangun rumah dengan dana minim 20 jutaan. Pada dasarnya, ini hanya perhitungan kasarnya saja. Namun, ini bisa menjadi gambaran secara komprehensif. Yang terpenting, sobat mesti mempertimbangkan 10 tips di atas. Jangan lupa membangun rumah secara bertahap biar bebannya tidak begitu berat. Semoga info ini bermanfaat, ya. Silahkan tulis di kolom komentar jika ada kritik, saran, dan pertanyaan. J

    Tag: model rumah 15 juta, 20 juta, 25 juta, 30 juta, 40 juta, 50 juta, 60 juta, 70 juta, 80 juta, 90 juta, 100 juta. Dijual rumah murah di Padang, Sumatera Barat, Medan, Aceh, Palembang, Jakarta, Pontianak, Surabaya, Bandung, Bekasi, Yogyakarta, Makasar, Banjarmasin, dan Bali.