11 Tips & Cara Membuat Taman Minimalis di Lahan Rumah yang Sempit

Tips & Cara Membuat Taman Minimalis di Lahan Sempit Rumah


Tips & Cara Membuat Taman Minimalis di Lahan Rumah yang Sempit --- Ada langkah-langkah atau tahapan yang mesti Anda lakukan dalam membuat desain taman minimalis di rumah, terutama pada lahan sempit. Anda harus paham cara menata bunga atau tanaman, pemilihan tanaman yang tepat, termasuk layout taman; apakah di depan rumah atau di samping rumah atau di belakang rumah.

Nah, semua pembahasan telah disediakan pada artikel berikut ini. Pastikan Anda memahami artikel ini dengan baik. Tanpa panjang lebar, berikut 11 Tips & Cara Membuat Taman Minimalis di Lahan Rumah yang Sempit.

1. Merancang dan Menentukan Tema Taman

Dalam menentukan tema taman, ada baiknya Anda menyesuaikan dengan desain rumah Anda. Jangan sampai menimbulkan ketidakserasian. Selain itu, dalam membuat taman minimalis di lahan sempit atau kecil, ada baiknya Anda memilih tema yang paling sesuai dengan desain rumah Anda. Ada beberapa tema yang bisa Anda pilih, seperti modern, klasik, tradisional, dan sebagainya. Ini bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghasilkan keindahan.

2. Menentukan Tata Letak Taman yang Tepat

Dalam menentukan desain dan tata letak (layout) untuk taman minimalis, Anda harus sadar bahwa Anda memiliki lahan sempit. Dengan demikian, Anda bisa mencari cara yang bijak dalam membuat layout taman. Misalnya, Anda memiliki lahan kosong di depan rumah atau di belakang rumah atau di samping rumah, maka Anda bisa membuat taman di sana. Yang terpenting, sesuaikan dengan kondisi rumah Anda.

3. Membuat Spot atau Lokasi Taman di Tempat Terpisah

Inilah cara membuat taman minimalis di lahan sempit berikutnya. Khusus bagi rumah yang tidak memiliki ruang besar untuk taman dan hanya memiliki spot-spot kecil, baik di depan rumah, samping rumah, atau belakang rumah, maka Anda bisa memanfaatkan spot ruang yang kecil tersebut untuk taman.

Misalnya, di depan rumah Anda spot ruang dengan ukuran 2x2 meter, maka buat taman minimalis di sana. Begitu juga dengan halaman belakang rumah atau samping rumah. Jadi, jangan jadikan keterbatasan sebagai hambatan untuk menciptakan keindahan.

4. Lengkapi dengan Jalan Setapak

Jalan setapak sangat baik digunakan untuk mengubungkan suatu titik ke titik lain antar area sekitar. Misalnya, bisa untuk teras yang membelah tengah taman atau juga bisa dengan menghubungkan antara dua atau lebih tanaman. Cara ini bisa menciptakan kesan luas pada suatu ruang secara visual.

Nah, untuk membuat jalan setapak, Anda bisa mengombinasikan berbagai macam bahan. Bisa dengan menggunakan lempeng batu alam, cetakan semen, potongan kayu, paving grass block, dan sebagainya. Tentu saja, dalam pemilihan bahan, Anda juga mesti menyesuaikan dengan konsep dan desain rumah Anda agar menciptakan keserasian.

5. Kolaborasikan Pagar dan Tanaman, Jangan Pagar Makan Tanaman! :D

Lahan mungil memang memberi kesan sempit pada suatu ruang. Namun, itu bisa diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya dengan tidak membuat banyak batasan-batasan. Pagar, merupakan salah satu batasan yang bisa membuat kesan sempit pada suatu ruang, apalagi jika ruang tersebut di jadikan sebagai taman minimalis. Nah, ruang yang dijadikan sebagai taman tersebut, tentu saja akan diisi dengan berbagai macam tanaman, bukan?

Lalu, bagaimana dengan pagar pembatas? Di sinilah poinnya. Ya, Anda harus mencari cara bagaimana pagar pembatas tersebut terlihat tersamarkan, seolah-olah tidak ada pembatas. Cara terbaik yaitu dengan menanam tanaman semak atau menjalar (berdaun kecil) pada pagar tersebut. Akan jauh lebih menarik jika Anda memperhatikan jarak antar tanaman dan juga komposisi warna tanaman.

6. Memadukan Pola Horizontal & Vertikal

Cara membuat taman minimalis di lahan sempit selanjutnya yaitu dengan memadukan pola horizontal & vertikal pada tanaman. Ini merupakan siasat yang sangat bijak mengingat Anda hanya memiliki lahan kecil. Nah, untuk pola vertikal, tanaman yang biasa digunakan yaitu yang menjulang ke atas, seperti vertical garden, misalnya. Sedangkan pola horizontal menggunakan tanaman yang melebar ke samping. Lakukan perpaduan dengan proporsional.

7. Saatnya Memilih Tanaman yang Tepat

Selain memilih konsep, desain, layout taman, Anda juga perlu menentukan jenis tanaman sehingga bisa menciptakan keindahan. Banyak jenis tanaman dan jenis bunga yang bisa Anda manfaatkan, namun sebaiknya pilih tanaman atau bunga dengan ukuran sedang atau kecil. Pastikan juga Anda menata bunga atau tanaman dengan baik.

Ruang yang kecil dan sempit tidak cocok untuk tanaman atau bunga berukuran besar karena sangat memakan ruang. Selain itu, gunakan juga berbagai macam tanaman atau bunga sehingga bisa terlihat penuh warna, tapi jangan sampai berlebihan; harus proporsional.

8. Menyesuaikan Kuantitas Tanaman

Sesuai dengan konsep minimalis, maka luas dan dimensi tanaman juga harus disesuaikan. Nah, untuk membuat taman minimalis di lahan sempit, maka tanaman yang paling cocok digunakan yaitu yang berukuran kecil dengan kuantitas yang ideal. Artinya, jangan sampai menimbulkan kesemerawutan dan memberi kesan berlebihan. Ingat, konsep minimalis lebih menonjolkan kesederhanaan dan keindahan.

9. Padukan dengan Batu Alam

Taman minimalis yang berada di lahan sempit akan terlihat modern dan elegan dengan menambahkan batu alam. Cara seperti ini bisa membuat nilai lebih pada taman rumah Anda, apalagi jika dipadukan dengan bunga-bunga atau tanaman yang indah. Selain itu, batu alam juga mampu memberikan efek natural (alam) dan bisa memberi kesan sehat pada taman rumah.

10. Cek Drainase (Saluran Air)

Dalam membuat taman minimalis di rumah Anda, apalagi pada lahan sempit, maka Anda mesti memastikan bahwa drainase tersedia. Hal ini bertujuan agar ketika debit air hujan cukup besar, maka dengan adanya drainase, taman Anda tidak tergenang secara berlebihan. Tidak hanya taman, sudah semestinya setiap rumah wajib memiliki saluran air. Menyediakan drainase merupakan cara ampuh agar rumah menjadi sehat.

11. Kerjakan dengan Ikhlas dan Penuh Cinta

Nah, inilah tips dan trik pelengkap sebagai salah satu cara membuat taman minimalis di lahan sempit. Kenapa ini saya masukkan? Ya, ketika Anda mendesain atau mengerjakan taman rumah dengan ikhlas & penuh cinta, maka Anda tidak akan merasa terbebani dalam mengerjakannya. Kalau sudah cinta dan ikhlas, apa pun yang dikerjakan, hasilnya pasti akan maksimal. Sebab, Anda pasti melakukannya dengan sepenuh hati.

Kesimpulan: Dalam membuat taman kecil atau minimalis di rumah yang notabene memiliki lahan sempit, ada beberapa cara dan tahapan yang mesti Anda lakukan. Anda harus paham mengenai kesesuaian teman dengan desain rumah, tata letak taman (layout), cara menata bunga, penentuan model taman (modern, klasik, tradisional, dst), posisi taman (depan rumah, samping rumah, atau belakang rumah), dan seterusnya.

Bagaimana sobat? Apakah informasi ini bermanfaat untuk Anda? Ya, itulah langkah-langkah dan tahapan yang mesti Anda lakukan untuk menciptakan taman minimalis di lahan sempit. 11 tips dan cara di atas bisa menjadi pertimbangan Anda dan akan lebih baik jika Anda mengimplementasikan semuanya agar mendapatkan hasil terbaik. Semoga artikel ini bisa membuat Anda terinspirasi. Aamiin.