Catat! Begini Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar


Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur

RANAHSOLUSI.WEB.ID --- Pengin bangun rumah minimalis untuk keluarga tercinta? Pengin yang 3 kamar tidur? Jangan khawatir, di sini ranahsolusi akan memberikan tips dan cara menghitung estimasi biaya bangun rumah minimalis 3 kamar. Oh, ya, di sini, Anda bisa menghitung sendiri tanpa bantuan konsultan, mudah banget, pokoknya. Nantinya, ada biaya satuan maupun per meter. Bentuk rumahnya juga bervariasi, ada type 45 atau type 36, dan 1  lantai maupun 2 lantai.

Perlu Anda ketahui juga bahwa bentuk rumah minimalis dengan 3 kamar, minimal bisa menggunakan desain rumah minimalis type 36/72 atau rumah type 45/72, itu kalau Anda mau hemat dalam membangun rumah sendiri, dan tidak memiliki dana yang memadai untuk bangun rumah di atas type 36/72 atau 45/72. Lalu, berapa biaya bangun rumah minimalis 3 kamar? Apakah bisa dibangun dengan biaya 50 juta sampai 100 juta?

Menghitung dengan Mudah Biaya Pembangunan Rumah 3 Kamar Tidur

Berikut ini adalah tips dan cara menghitung estimasi biaya bangun rumah minimalis 3 kamar tidur. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan konsultan. Oh ya, satu hal lagi, asumsi kami di sini adalah Anda sudah memiliki tanah atau lahan yang akan dibangun rumah. Jadi, biaya lahan dan tanah tidak masuk ke dalam perhitungan ini. Untuk lebih jelas, berikut cara menghitung biaya elemen pembangunan rumah.

1. Biaya Material Bangunan

Anda harus benar-benar berfokus pada biaya material bangunan rumah minimalis 3 kamar tersebut. Kenapa? Pasalnya, biaya material inilah yang paling banyak menguras modal atau dana Anda sendiri, baik untuk bahan bangunan yang dibeli satuan maupun dengan perhitungan per meter. Jadi, pastikan Anda menghitung dan memperhatikan penggunaan material dalam bangun rumah. Berikut daftar material yang paling umum digunakan dalam pembangunan rumah minimalis.

SEMEN
Semen merupakan material utama dalam pembangunan rumah minimalis karena hampir semua sudut rumah memakai bahan semen ini, seperti untuk bangun pondasi, bangun dinding rumah, bangun tembok, dan untuk membangun ruangan 3 kamar tersebut. Alokasi biaya untuk pembelian semen memang tergantung pada komposisi rumah yang akan dibangun.

Jadi, Anda mesti menghitung dengan cermat dan teliti agar bisa hemat dalam membangun rumah. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli semen? Untuk harga semen per sak dengan volume 50 kg, umumnya masih berkisar di angka Rp 50 ribu per kantong.

BATU BATA MERAH
Dalam pembangunan rumah, batu bata juga menjadi material paling, apalagi bagi rumah dengan desain berdinding semen. Batu bata merah cukup umum dipakai dalam konstruksi bangun rumah. Jadi, untuk penggunaan batu bata ini, Anda harus mampu menghitung luas bangunan rumah per meter, kemudian estimasi kuantitas material yang dibutuhkan. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk beli bata merah? Harga standar batu bata merah yaitu Rp 800 rupiah per batang.

PASIR
Pasir merupakan salah satu bahan atau material pokok lainnya yang menjadi bagian penting dalam proses bangun rumah minimalis 3 kamar yang Anda rencanakan. Banyak sekali fungsi material pasir dalam konstruksi pembangunan rumah. Salah satunya yaitu sebagai bahan pencampur semen. Nah, berapa biaya atau harga pasir saat ini? Untuk estimasi biaya material pasir ini berada di kisaran Rp 200 ribuan per meter kubik.

BATU KALI
Anda juga tidak bisa melupakan material ini. Pasalnya, elemen atau material ini juga memiliki banyak fungsi dalam proses pembangunan rumah. Nah, berapa biaya yang perlu disiapkan untuk membeli material ini? Jika melihat di toko material, maka hitungan harga standar batu kali berada di kisaran Rp 200 ribuan per meter kubik. Mau dapat harga yang lebih murah? Anda bisa membeli secara langsung ke penambang batu.

BESI atau BAJA
Material besi atau baja biasanya digunakan dalam proses konstruksi pembangunan pondasi rumah. Elemen inilah yang bisa membuat rumah Anda terlihat kokoh dan kuat. Dalam membuat anggaran biaya bangun rumah minimalis 3 kamar, pastikan Anda tidak melupakan untuk membeli bahan besi atau baja ini.

Nah, untuk harga besi, Anda bisa mendapatkan di kisaran Rp 15 ribu - Rp 100 ribu per batang. Sedangkan untuk harga standar baja, Anda bisa mendapatkan di kisaran Rp 50 ribuan per batang.

KAYU
Meskipun bangunan rumah Anda sebagian besar didominasi dengan dinding, tetap saja Anda tidak bisa melupakan material kayu dalam proses pembangunan rumah minimalis tersebut. Apa pun desain atau model rumah yang Anda buat, elemen kayu pasti dibutuhkan. Biasanya, material kayu digunakan untuk elemen kerangka rumah dan atap.

Nah, berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli bahan kayu ini? Harga standar material kayu biasanya berada di kisaran Rp 75 ribu - Rp 100 ribu per meter. Jadi, pastikan Anda memasukkan biaya kayu dalam anggaran bangun rumah minimalis 3 kamar tersebut.

PAKU
Material berukuran mini ini tidak mungkin bisa Anda lupakan, apalagi jika rumah Anda banyak menggunakan kayu. Nah, untuk biaya bahan paku ini sebenarnya tidak membutuhkan anggaran yang relatif besar. Anda bisa mendapatkan material ini di harga Rp 30 ribuan per kilo.

MATERIAL ATAP RUMAH
Apa material yang akan Anda gunakan untuk atap rumah? Apakah genteng atau seng? Itu tergantung desain rumah yang ingin Anda ciptakan. Namun, untuk kisaran harga genteng tanah liat, Anda bisa mendapatkan dengan harga Rp 5 ribu rupiah per biji. Untuk seng, Anda bisa mendapatkan di harga Rp 50 ribu - Rp 100 ribu per lembar.

Nah, bahan dan material bangunan di atas, bisa Anda masukkan ke dalam anggaran biaya bangun rumah minimalis 3 kamar tersebut. Sebenarnya, masih ada beberapa material lagi yang bisa dimasukkan, tapi itu sangat relatif, tergantung bentuk konsep dan desain rumah yang Anda buat. Namun, material bangunan di atas merupakan bahan yang paling umum dalam pembangunan rumah.

2. Ongkos Tukang Bangunan

Dalam pembangunan rumah, tukang bangunan merupakan penggerak utama agar terwujudnya desain rumah yang Anda inginkan. Oleh karena itu, Anda mesti memikirkan berapa jumlah tukang yang akan Anda gunakan jasanya. Tentu saja, kuantitas tukang harus disesuaikan dengan dengan konsep rumah. Dengan menciptakan rumah minimalis 3 kamar tidur, setidaknya Anda bisa menggunakan 3 orang tukang.

Selain itu, pastikan Anda memilih tukang yang ahli dan berpengalaman dalam pembangunan rumah sehingga bisa menghasilkan bentuk konstruksi bangunan yang sesuai dengan harapan. Lalu, berapa biaya tukang yang ideal? Memang, setiap tukang pasti mematok harga yang bervariasi. Namun, estimasi biaya tukang per hari secara umum yaitu berada di kisaran Rp 80 ribu - Rp 150 ribu per orang.

3. Biaya Tukang dan Pemasangan Instalasi

Dalam pengerjaan rumah, tentu saja Anda membutuhkan tukang khusus untuk instalasi, seperti instalasi listrik, air, dan lainnya. Nah, untuk biaya atau ongkos tukang instalasi juga bervariasi, tetapi secara umum berada dikisaran Rp 100 ribuan. Itu baru jasa tukangnya saja, belum biaya instalasinya. Meskipun begitu, jika dibuat estimasi, maka total keseluruhan biaya instalasi rumah bisa mencapai Rp 3 jutaan.

4. Biaya Finishing

Untuk menghitung biaya bangun rumah minimalis 3 kamar tidur secara komprehensif, maka Anda tidak bisa melupakan biaya finishing rumah, seperti biaya pembelian cat, keramik, gorden, dan sejenisnya. Pembuatan anggaran untuk biaya finishing sangat penting untuk melihat secara menyeluruh pengeluaran yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah.

5. Biaya Lain-lain

Untuk biaya lain-lain, sebenarnya ini perlu dipersiapkan juga dalam proses bangun rumah. Kenapa? Dikhawatirkan, jika nantinya ada hal-hal yang di luar dari perencanaan, maka Anda bisa dengan sigap mengantisipasi. Oleh karena itu, Anda bisa membuat anggaran khusus untuk biaya lain-lain.

Hitung-Hitungan Biaya Membangun Rumah Minimalis 3 Kamar

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar

Untuk bangun rumah sendiri dengan bentuk desain minimalis 3 kamar, berapa biaya yang dibutuhkan? Apakah biasa dilakukan dengan biaya 50 juta atau 100 juta? Sangat bisa, asalkan ini murni biaya bangunan rumah saja dan tidak termasuk pengeluaran untuk lahan atau tanah. Nah, berikut estimasi yang bisa menjadi gambaran umum untuk Anda.

BIAYA TUKANG 3 ORANG
Anggaplah satu orang tukang membutuhkan biaya Rp 100 ribu per hari. Jadi, 3 orang x Rp 100 ribu = Rp 300 ribu per hari. Jika Anda menargetkan untuk membangun rumah dalam jangka waktu 30 hari, maka Rp 300 ribu x 30 = Rp 9 juta.

BIAYA SEMUA MATERIAL
Untuk biaya bahan bangunan rumah, seperti semen, batu bata, batu kali, pasir, kayu, paku, genteng, dan sejenisnya, diasumsikan akan menghabiskan dana sebesar Rp 40 juta.

BIAYA INSTALASI
Untuk biaya instalasi secara keseluruhan, estimasi dana yang dibutuhkan yaitu Rp 3 juta.

Jadi, total biaya pengeluaran untuk bangun rumah minimalis 3 kamar tidur yaitu Rp 9 juta + Rp 40 juta + 3 juta = Rp 52 juta.

Mau Lebih Hemat dalam Bangun Rumah?

Estimasi Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar

Seperti perhitungan di atas, maka Anda bisa membangun rumah dengan estimasi biaya Rp 50 jutaan. Sebenarnya, Anda bisa menghemat biaya pembangunan rumah. Bagaimana caranya? Salah satu caranya yaitu dengan melihat contoh KONSEP GAMBAR DESAIN RUMAH yang sesuai.

Nah, berikut ini kami telah menyediakan contoh bentuk gambar rumah minimalis yang cocok untuk membangun rumah dengan biaya terbatas, ada rumah type 36, rumah type 45, dan seterusnya. Silakan klik di bawah ini:
Selain dengan melihat konsep desain rumah minimalis di atas, ada beberapa cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya bangun rumah 3 kamar tersebut. Berikut tips bangun rumah sendiri agar lebih hemat.

1. Membuat Konstruksi Rumah dengan Detail

Jika pengin tahu biaya bangun rumah minimalis 3 kamar yang lebih akurat, maka Anda mesti menentukan elemen apa saja yang dibutuhkan untuk rumah tersebut. Misalnya, untuk ruangan keluarga, ruangan kamar, ruangan dapur, dan WC, elemen apa saja yang dibutuhkan? Jika Anda tahu persis dan lebih detail, maka tentu saja Anda bisa membuat anggaran rumah lebih akurat sehingga tidak terjadi mubazir material bangunan rumah nantinya.

2. Gunakan Material Bekas yang Masih Layak Pakai

Perlu Anda catat, pengeluaran terbesar dalam pembangunan rumah adalah biaya material bahan bangunan. Nah, di sinilah Anda harus memutar otak bagaimana caranya bisa melakukan efisiensi. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan material bekas yang masih layak fungsi. Tentu saja, harga yang didapatkan bisa jauh lebih murah. Ingat, murah bukan berarti murahan.

3. Cari Toko Material dengan Harga Terjangkau

Selain membeli material bekas, Anda juga dapat mencari toko material yang terbukti menawarkan harga bahan yang lebih murah dan terjangkau. Anda bisa membeli di toko grosir, misalnya. Jika Anda tidak tahu di mana lokasi toko yang murah, Anda bisa meminta bantuan atau rekomendasi keluarga atau tetangga yang pernah membangun rumah.

4. Hindari Penggunaan Sekat yang Berlebihan

Penggunaan sekat yang berlebihan pada rumah akan memakan biaya yang tidak sedikit. Misalnya, sekat yang berbahan triplek atau semi-dinding. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencari alternatif lain untuk membuat sekat antar ruangan, seperti dengan menggunakan gorden, misalnya. Selain praktis, tentu saja biaya untuk membeli gorden relatif kecil.

5. Cari Jasa Tukang dengan Ongkos Hemat

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya bangun rumah yaitu dengan menggunakan jasa tukang dengan ongkos yang lebih murah. Memang, selisihnya tidak terlalu signifikan, tapi ini bisa menjadi pilihan. Oh, ya, untuk bangun rumah minimalis 3 kamar tersebut, usahakan jangan menggunakan jasa kontraktor, ya. Kenapa? Jelas, biaya jasa kontraktor jauh lebih mahal dari biaya tukang.

Kesimpulan

Untuk biaya bangun rumah minimalis 3 kamar, sebenarnya cukup relatif, tergantung penggunaan material, tergantung jasa yang digunakan, dan sebagainya. Sebagai saran, jika Anda pengin hemat dalam membangun  rumah, apalagi dengan biaya yang relatif rendah, seperti anggaran biaya 50 juta dan biaya 100 juta, maka fokuskan terlebih dahulu untuk membangun elemen utama rumah.

Kenapa demikian, pasalnya rumah yang akan Anda buat memiliki konsep 3 kamar tidur. Meskipun dengan desain minimalis, tetap saja membutuhkan material yang tidak sedikit sehingga Anda harus berpikir tentang biaya bangun ketiga ruang kamar tersebut. Elemen seperti taman, kolam, dan elemen pelengkap lainnya, sebaiknya ditunda terlebih dahulu dan Anda bisa memfokuskan untuk pembangunan inti atau ruangan pokok rumah.

Kemudian, Anda juga bisa melihat contoh konsep desain dan denah rumah yang sesuai dengan kriteria rumah yang Anda inginkan. Hal ini bisa memberi gambaran umum kepada Anda sehingga Anda bisa menentukan lebih tepat sasaran. Selain itu, jika Anda ingin bangun  rumah dengan modal kecil, maka usahakan untuk menunda bangun rumah 2 lantai. Tentu saja, material yang dibutuhkan untuk bangun rumah 2 lantai pasti lebih besar.

Namun, jika Anda benar-benar pengin bangun rumah 2 lantai, maka Anda bisa menerapkan konsep desain rumah tumbuh. Konsep rumah tumbuh memungkinkan Anda untuk membangun rumah secara bertahap. Meskipun begitu, apa pun keputusan dan pilihan Anda, pastikan Anda membuat perencanaan dengan baik dan matang. Jika pembangunan dilakukan tanpa rencana yang baik atau grasah-grusuh, maka hasil yang diperoleh juga akan tidak maksimal.

Nah, jika Anda mau membangun rumah minimalis dengan biaya Rp 50 jutaan, maka tentu saja itu bisa direalisasikan. Intinya, semuanya tergantung pada konsep rumah yang Anda bangun dan pemilihan material bangunan. Biaya-biaya ini sangat relatif. Jadi, untuk ukuran pasti tidak ada, kecuali Anda menghitung dengan sangat detail.

Meskipun begitu, informasi ini bisa menjadi inspirasi dan gambaran secara umum untuk menghitung biaya bangun rumah minimalis 3 kamar tidur secara sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat, dan mohon bantuannya untuk share artikel ini, ya.