11 Tips dan Cara Beli Rumah dengan Gaji UMR dan Pas-Pasan

Cara Beli Rumah dengan Gaji UMR

Cara Beli Rumah dengan Gaji UMR --- Rumah tidak hanya berfungsi sebagai tempat berteduh dari panas dan hujan. Rumah juga wadah untuk membangun cinta dan kasih sayang. Tak jarang, banyak para orang tua yang pengin menabung untuk beli rumah. Ya, rumah adalah aset untuk anak-anaknya kelak. Namun, kendala utama dalam membeli rumah adalah penghasilan atau gaji yang kurang memadai. Pertanyaannya, apakah gaji UMR bisa beli rumah?

Jawabannya adalah bisa! Namun, tentu saja bagi karyawan yang bergaji minim atau kecil, dan pengin bisa beli rumah, usaha untuk mencapai hal itu harus lebih besar dan maksimal. Tapi Anda jangan khawatir, di sini kami telah menyediakan informasi mengenai tips dan cara beli rumah dengan gaji UMR.

Ada beberapa pertanyaan lainnya:

Apakah gaji 1 juta bisa beli rumah? Kami rasa, berapa pun gaji atau penghasilan Anda, sebenarnya bisa membeli rumah. Asalkan, Anda memiliki kemauan yang tinggi dan serius untuk mencapai tujuan itu. Apalagi dalam menyediakan down payment (DP) rumah. Tentu saja, syarat mutlak adalah menabung untuk menyediakan DP tersebut.

Bagaimana dengan gaji 2 juta ingin punya rumah, apakah bisa? Bisa... Pokoknya, berapa pun gaji Anda, potensi untuk memiliki rumah tetap bisa. Bagaimana caranya agar bisa mewujudkan hal itu?

Nah, untuk lebih jelas apa yang harus Anda lakukan agar bisa punya rumah, berikut informasi penting yang harus Anda catat, yaitu 11 Tips dan Cara Beli Rumah dengan Gaji UMR, baik untuk UMR wilayah Medan, Padang, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Bogor, dan wilayah lainnya.

1. Tentukan Jenis atau Tipe Rumah

Cara Beli Rumah dengan Gaji UMR dan Pas-Pasan

Inilah langkah pertama yang mesti Anda lakukan sebagai cara beli rumah dengan gaji UMR. Saya memiliki asumsi, anggaplah upah atau pendapatan Anda per bulan 1 juta atau 2 juta atau 3 jutaan. Sekitaran itulah, pokoknya. Nah, dengan kondisi gaji kisaran itu, maka jenis atau tipe rumah yang ideal untuk Anda adalah rumah minimalis type 36, atau type di bawahnya.

Khususnya bagi yang bergaji 1 juta bisa beli rumah dengan type 36 ini, atau bisa juga memilih type rumah yang lebih kecil, seperti type 24. Bagaimana dengan gaji 2 juta ingin punya rumah type di atas 36? Sebaiknya jangan, dikhawatirkan nanti terjadi ketidakseimbangan antara penghasilan dengan cicilan kredit rumah, terlalu memberatkan. Jadi, pastikan Anda memilih type rumah yang sesuai dengan anggaran yang ada.

2. Tentukan Target Kapan Punya Rumah

Cara Beli Rumah dengan Gaji UMR dan Pas-Pasan

Bagi karyawan atau bagi siapa pun yang pengin memiliki dan beli rumah dengan gaji UMR, pastikan Anda menentukan target kapan mau punya rumah. Misalnya, Anda pengin punya rumah 10 tahun lagi atau 15 tahun lagi. Dengan adanya target, maka Anda bisa membuat perencanaan mengenai anggaran pembelian rumah dan melakukan langkah-langkah serta cara menabung untuk beli rumah.

Jadi jelas, kapan waktunya, berapa anggaran yang dibutuhkan, dan bagaimana caranya agar bisa mengumpulkan dana untuk membeli rumah. Target inilah yang terkadang suka dilupakan oleh masyarakat yang ingin beli rumah. Bahkan, ada juga masyarakat yang secara mendadak pengin punya rumah dalam waktu dekat, padahal persiapan dari segi finansial belum ada. Apalagi dengan kondisi penghasilan atau upah 1 juta atau 2 juta ingin punya rumah.

3. Menekan Biaya Pengeluaran Bulanan

Cara Beli Rumah dengan Gaji UMR dan Pas-Pasan

Apakah gaji UMR bisa beli rumah? Bisa, asalkan Anda mau menekan biaya pengeluaran bulanan. Tentu saja, ada pengorbanan yang mesti Anda lakukan agar bisa memiliki rumah. Nah, salah satunya yaitu melakukan penghematan. Sebagai contoh, jika sebelum merencanakan untuk beli rumah, Anda bahkan bisa ke Mall sekali seminggu, maka kurangi kegiatan itu, cukup sekali sebulan. Tidak masalah, yang penting tujuan Anda tercapai.

Untuk biaya kebutuhan pokok, tidak mesti dihilangkan namun diminimalkan. Apakah biaya makan, biaya perawatan, dan sejenisnya. Semuanya bisa dilakukan asalkan ada kemauan dan keikhlasan dalam mengerjakannya. Biarlah bersakit-sakit terlebih dahulu, kemudian bersenang-senang. Ingat, membeli rumah sama dengan Anda sedang berinvestasi untuk masa depan.

4. Menyegerakan untuk Menabung

Tips dan Cara Beli Rumah dengan Gaji umr

Inilah trik dan cara beli rumah dengan gaji UMR berikutnya. Ya, menabung untuk bisa memiliki rumah adalah syarat mutlak. Bahkan, inilah pokok inti dari kesuksesan beli rumah. Tanpa menabung, Anda tidak akan bisa mewujudkan apa yang menjadi mimpi Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menyisihkan pendapatan secara optimal. Ingat, harus optimal.

Bagaimana cara menabung untuk beli rumah? Tidak perlu ribet, misalnya bagi karyawan, setiap akhir bulan kan Anda menerima upah, nah sisakan minimal 35% dari gaji Anda untuk ditabung. Kalau lebih dari 35%, itu lebih baik. Jangan jadikan menabung sebagai beban, jadikan ini sebagai investasi. Mengubah pola pikir akan membuat Anda nyaman dengan menabung. Bagaimana jika tidak terbiasa? Ya dibiasakan! Tapi katanya mau punya rumah?

5. Hindari Berutang untuk Sesuatu yang  Tidak Produktif

Tips dan Cara Beli Rumah dengan Gaji umr

Mau tahu cara agar gaji kecil atau gaji 1 juta bisa beli rumah? Hindari berutang! Maksud berutang di sini adalah meminjam dengan pihak lain untuk kepentingan konsumtif. Seperti yang kami terangkan sebelumnya, pola hidup Anda mesti diubah jika Anda benar-benar serius ingin punya rumah dengan gaji pas-pasan. Percuma jika Anda menabung, tapi ujung-ujungnya berutang juga.

Bagaimana kalau sudah memiliki utang terlebih dahulu? Segera lunasi utang tersebut. Ingat, biaya atau anggaran untuk beli rumah tidaklah sedikit. Apalagi dengan kondisi gaji Anda yang relatif kecil atau UMR. Tentu saja, akan sangat sulit mewujudkan mimpi memiliki rumah. Oleh karena itu, fokuskan seluruh daya yang Anda miliki hanya untuk rumah, tunda keperluan yang lain terlebih dahulu, apalagi yang bersifat non produktif.

6. Mengoptimalkan Pendapatan

Trik, Tips dan Cara Beli Rumah dengan Gaji umr

Jika Anda pengin lebih ringan dalam memikirkan biaya membeli rumah, maka cobalah cari pendapatan lainnya selain dari gaji bulanan Anda. Khusus bagi yang bergaji 1 juta atau gaji 2 juta ingin punya rumah, maka sangat disarankan untuk mencari pendapatan lain-lain. Tidak perlu yang rutin, cari pekerjaan yang fleksibel dari segi jam kerja.

Sekarang kan sudah ada transportasi online, kenapa Anda tidak mencoba untuk mengeruk keuntungan dari sana? Bahkan, ada juga orang yang berhasil mendapatkan penghasilan dari sana melebihi gaji bulanan mereka. Intinya adalah ulet dan tekun. Pasti ada jalan menuju mimpi yang Anda cita-citakan. Inilah yang perlu Anda ingat sebagai langkah dan cara beli rumah dengan gaji UMR.

7. Manfaatkan Rumah Seken (Second)

Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji Kecil

Jika Anda pengin lebih ringan dalam membeli rumah, maka Anda bisa memanfaatkan rumah seken sebagai pilihan. Tidak ada masalah dengan rumah seken, yang penting esensinya dapat, yaitu memiliki rumah pribadi. Anda bisa kok melakukan renovasi rumah dengan hemat biaya. Bahkan, setelah Anda melakukan renovasi, nilai jual rumah tersebut berpotensi meningkat.

Meskipun begitu, kami tidak memaksa Anda, ini semua tergantung minat dan pilihan Anda. Jika Anda bersikukuh dengan pilihan Anda, maka pertahankan dan berjuanglah sekuat tenaga untuk mewujudkannya.

8. Manfaatkan Rumah Lelang

Membeli rumah hasil lelang juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara beli rumah dengan gaji UMR. Pasalnya, skema pembelian rumah lelang sangat memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau atau murah. Tentu saja, ini pilihan yang bagus terutama bagi yang bergaji 1 juta ingin beli rumah.

Biasanya, rumah hasil lelang ini merupakan rumah sitaan dari debitur yang tidak sanggup lagi melunasi cicilan kepada pihak kreditur selaku pemberi KPR (Kredit Perumahan Rakyat). Namun, untuk membeli rumah lelang, ada baiknya Anda mengecek kembali seperti apa kondisi rumah, baik dari segi kelayakan huni, kerusakan yang terjadi, dan sebagainya.

9. Berkolaborasi dengan Anggota Keluarga

Cara Memiliki Rumah dengan Gaji Pas-Pasan

Mengajak anggota keluarga agar bersama-sama menabung untuk beli rumah adalah keputusan yang bijak dan perlu dicoba. Tentu saja, ini akan membuat pekerjaan semakin ringan. Ada kenikmatan tersendiri jika bergotong-royong dalam mewujudkan mimpi bisa memiliki rumah sendiri.

Di sini jugalah kesempatan bagi Anda untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak tentang kebiasaan menabung. Ajak dan dorong mereka agar mau menabung dan berikan nasihat-nasihat yang membuat mereka semangat. Sedikit banyaknya uang yang terkumpul, pasti akan bermanfaat.

10. Cari Lembaga Pembiayaan yang Kredibel dan Menawarkan Bunga Rendah

Tips dan cara membeli rumah dengan gaji UMR selanjutnya yaitu dengan mencari dan memilih lembaga pembiayaan yang dapat dipercaya (kredibel) dan menawarkan bunga rendah. Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang bergaji 2 juta ingin punya rumah. Apalagi jika lembaga tersebut juga menawarkan tenor atau jangka waktu pelunasan yang lebih panjang. Ini akan sangat meringankan, meskipun jangka waktu pelunasan relatif lama.

Skema seperti ini sangat cocok untuk yang bergaji kecil, pas-pasan, dan UMR. Nah, akan lebih menguntungkan lagi jika Anda bisa mencari lembaga pembiayaan yang menawarkan promo. Banyak, kok, lembaga pembiayaan yang gencar menawarkan promo. Tinggal bagaimana usaha Anda dalam mencarinya.

11. Memahami Simulasi Perhitungan Beli Rumah

Gaji 1 Juta Bisa Beli Rumah

Sebagai tips terakhir, inilah yang tidak kalah penting Anda pelajari, yaitu simulasi perhitungan cara beli rumah dengan gaji UMR dan pas-pasan. Dengan memahami simulasi perhitungan tersebut, Anda bisa mendapatkan gambaran secara umum mengenai biaya anggaran rumah. Bagaimana cara membuat simulasi tersebut? Selengkapnya, bisa Anda baca di sini.

Well, itulah beberapa tips, trik, dan cara beli rumah dengan gaji UMR, mulai dari gaji 1 juta, gaji 2 juta, dan gaji 3 juta pun juga bisa menerapkan langkah-langkah ini. Pada dasarnya, ini hanya sebagai gambaran umum agar Anda bisa mendeskripsikan betapa butuh perjuangan untuk bisa memiliki rumah. Meskipun begitu, kami yakin, Anda mampu membeli rumah asalkan ada niat dan usaha untuk mewujudkannya. Semoga apa yang Anda cita-citakan hendaknya tercapai. Aamiin.

Postingan terkait: