Petunjuk & Cara Memasang Instalasi Tandon Air di Rumah Dengan Mudah

Petunjuk & Cara Memasang Instalasi Tandon Air di Rumah Dengan Mudah


RanahSolusi --- Tidak sulit sebenarnya membuat dan melakukan pemasangan instalasi tandon air di rumah, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri secara sederhana. Namun, ada baiknya Anda memahami cara memasang instalasi tandon air yang benar. Dengan demikian, otomatis hasil yang diperoleh juga akan maksimal, itu yang menjadi keyakinan ranahsolusi.

Nah, pasang instalasi tangki air atau toren di rumah bisa dilakukan dengan beberapa cara. Ada tandon air yang diletakkan di atas dak rumah, atau tempat lainnya. Semuanya tergantung pada penyesuaian letak sesuai dengan rangkaian pipa yang akan dipasang nanti. Hal ini bertujuan agar tidak menghalangi ruang gerak ketika Anda beraktivitas di rumah atau sekitar tempat beradanya tandon air.

Biasanya, cara atau teknik dalam penyambungan antar pipa yang paling umum digunakan yaitu dengan merekatkan setiap potongan pipa beserta sambungannya memakai lem PVC. Kenapa mesti menggunakan cara ini? Ya, ini merupakan cara yang praktis dan mudah bahkan teknik ini dapat dikerjakan langsung di tempat instalasi. Dengan catatan, semua perlengkapan sudah tersedia secara lengkap.

Pengerjaannya pun relatif singkat dan cepat, Anda tinggal memotong pipa sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, kemudian rekatkan sambungan tersebut dengan potongan pipa yang lain dengan memakai lem PVC.

Cara memasang instalasi tandon air dengan menggunakan teknik ini memang sangat sederhana. Namun, ada beberapa kelemahan, yaitu adanya risiko ketidakberhasilan. Ya, kegagalan tersebut dapat berasal dari potongan pipa yang direkat dan disambungkan memakai lem PVC, seperti terjadinya kebocoran. Hal ini biasanya terjadi karena ketidaksempurnaan dalam melakukan instalasi.

Oleh karena itu, memahami cara memasang instalasi tandon air yang baik dan benar menjadi syarat wajib agar tidak terjadi kegagalan dan mendapatkan hasil terbaik.

Bagaimana Cara Memasang Instalasi Tandon Air di Rumah yang Baik dan Benar?

Pemasangan instalasi tandon air rumah terutama dalam hal penempatan dan penyusunannya sangat memengaruhi jalannya sirkulasi air. Tandon air yang dibuat dengan perencanaan yang matang pasti mampu bertahan dalam waktu yang lama jika dibandingkan dengan instalasi yang cepat tapi asal-asalan.

Coba Anda bayangkan, tandon yang berisi air tersebut memiliki kapasitas 1000 liter atau memiliki berat lebih kurang satu ton. Jika Anda salah melakukan instalasi, bisa saja air sebanyak itu terbuang sia-sia. Pun jika terjadi kerusakan pada tandon air dikarenakan kesalahan dalam pembuatan tandon, maka kemungkinan besat air merembes ke luar sehingga terjadi genangan di mana-mana.

Proses Instalasi Tandon Air di Rumah yang Baik dan Benar

Berikut langkah-langkah dan cara memasang instalasi tandon air yang baik dan benar.

Langkah pertama yang perlu diperhatikan yaitu memastikan lokasi atau tempat yang akan dijadikan sebagai alas tandon air. Alas tandon tersebut dapat berupa menara tandon yang berbahan kerangka besi atau beton bertulang.

Langkah kedua, pastikan juga bahwa tanah tempat dijadikannya pondasi memiliki tekstur yang baik, ukuran yang ideal, dan aman. Hindari menempatkan tandon di area spetik, misalnya area bawah gudang, saluran limbah, dan sejenisnya.

Langkah ketiga, sesuaikan ukuran besaran daya pompa, kemudian posisikan pompa dengan jarak yang dekat dengan sumber air serta letakkan pada lokasi yang mudah dijangkau agar mudah dalam hal pengecekan.

Pastikan Anda menghindari pemasangan secara langsung pada pompa dan outlet tandon tanpa memakai konektor yang fleksibel.Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kebocoran atau kerusakan sambungan akibat getaran yang dihasilkan oleh pompa tersebut. Anda juga dapat membuat dudukan pompa yang kuat untuk meminimalkan getaran pompa.

Langkah terakhir, lakukan instalasi pipa dengan benar yaitu dengan meminimalisasi sambungan dan tikungan untuk menghindari pipa dari kebocoran dan penyumbatan aliran. Kemudian, tidak lupa untuk memasang saringan pada ujung pipa agar dapat menyaring kotoran dan pasir yang memungkinkan terjadinya penyumbatan.

Kesimpulan: Petunjuk Penempatan Posisi Tangki

1. Lokasi sebagai peletakan tangki:
a. Tower berbahan kerangka besi yang tidak memiliki celah terutama pada alas dudukan tangki.
b. Tower berbahan beton bertulang
c. Dak berbahan beton bertulang
d. Lantai dasar yang terbuat dari beton bertulang (pasangan batu bata).

2. Memastikan pondasi yang digunakan sebagai alas tangki harus datar, rapat, dan bersih.
3. Pastikan lebar pondasi lebih besar dari diameter tangki.

4. Pastikan lokasi pembuatan pondasi dalam kondisi padat dan stabil.

5. Hindari meletakkan tangki di atas instalasi pipa atau di atas kabel tertimbun. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam melakukan servis atau perawatan terhadap pipa atau kabel tersebut.

6. Pastikan lokasi pemasangan  tangki terbebas dari mobilitas atau kegiatan sehari-hari.

Nah, itulah pemaparan dan ulasan singkat tentang cara memasang instalasi tandon air yang baik dan benar serta dapat dilakukan di rumah dengan mudah dan cepat. Jika Anda merupakan orang yang tidak suka dengan risiko, ada baiknya Anda meminta pertolongan orang yang ahli dan berpengalaman dalam pemasangan instalasi tandon air. Semoga informasi ini bermanfaat, dan ikuti terus artikel dari ranahsolusi, ya.

Postingan terkait: