8 Cara Membuat Lantai Keramik Kinclong dan Mengkilap dengan Mudah

Cara Membuat Lantai Keramik Kinclong


RanahSolusi --- Salah satu yang membuat tampilan rumah menjadi terkesan jorok yaitu lantai keramik yang kusam atau keramik yang berkerak. Apalagi kerak warna hitam yang muncul ke permukaan, tentu saja tidak enak dipandang. Bagaimana cara membuat lantai keramik kinclong dan mengkilap dengan mudah? Nah, penjelasan dari ranahsolusi berikut ini diharapkan dapat menjadi solusi ampuh agar lantai keramik kasar yang kusam dan berwarna hitam tersebut bisa menjadi bersih.

1. Menghilangkan Kusam pada Keramik dengan Memakai Baking Soda

Inilah salah satu tips dan trik ampuh untuk membuat lantai keramik kinclong dan mengkilap. Baking soda sangat mudah ditemukan di pasaran dan cukup sering digunakan sebagai pembersih untuk menghilangkan noda kusam pada lantai. Karena baking soda mengandung zat asam, maka noda atau kotoran yang menempel di keramik bisa dengan mudah terangkat. Namun, penggunaan zat asam yang berlebihan dapat merusak lapisan keramik.

Cara membuat lantai keramik kinclong dengan baking soda cukup mudah. Anda hanya tinggal mencampurkan pasta gigi putih dengan baking soda tersebut. Ambil kain basah dan basahi kain tersebut dengan campuran tadi. Lakukan dengan perlahan dan noda kusam akan menghilang secara perlahan.

2. Membersihkan Keramik dengan Menggunakan Cuka

Cara lain membersihkan keramik yang berkerak dan keramik kasar yang kusam yaitu dengan menggunakan cuka. Selain mampu menghilangkan noda dan kotoran pada keramik, cuka juga termasuk cairan untuk mengkilapkan lantai keramik. Nah, cara menggunakan cuka untuk membersihkan keramik sangat mudah.

Silakan Anda tuangkan larutan cuka di area lantai yang terdapat noda dan kotoran. Tunggu dan diamkan selama lebih kurang 10 menit. Setelah itu, ambil kain kering dan gosokkan ke permukaan keramik yang berkerak tersebut. Nah, agar lantai Anda tidak bau cuka, Anda bisa menambahkan pewangi lantai untuk memberikan aroma wangi.

3. Membersihkan Keramik dengan Menggunakan Tepung

Percaya atau tidak, tepung dapat membersihkan lantai keramik yang terkena noda minyak. Inilah salah satu cara membuat lantai keramik kinclong dan mengkilap kembali dengan mudah. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan menaburkan tepung pada keramik yang bernoda atau berkerak. Kemudian, tunggu hingga tepung tersebut menyerap noda minyak. Setelah itu, tinggal Anda bersihkan dengan memakai lap kering dan jangan lupa bilas dengan pewangi lantai.

4. Membuat Lantai Kinclong dengan Menggunakan Kaporit

Jika noda yang kusam terdapat di lantai kamar mandi Anda, maka Anda bisa menggunakan kaporit untuk membersihkannya. Ya, selain mampu mengangkat kotoran dan noda membandel, kaporit juga bisa membuat lantai menjadi mengkilap. Kaporit dianggap menjadi salah satu cara membuat lantai keramik kinclong dengan efektif.

Bagaimana cara menggunakannya? Anda dapat menaburkan bubuk kaporit pada keramik yang bernoda atau berkerak. Tunggu dan diamkan selama lebih kurang 20 menit. Jika sudah, maka tinggal dibilas dengan air bersih. Untuk mempercepat pengangkatan noda, Anda juga dapat menggosok lantai keramik tersebut dengan memakai sikat kamar mandi.

5. Menghilangkan Noda Kusam pada Lantai Keramik dengan Sitrum

Sitrum juga dianggap mampu membersihkan noda kusam pada lantai keramik. Kenapa demikian? Ya, sitrum memiliki kandungan asam sitrat yang berfungsi untuk mengangkat dan menghilangkan noda warna hitam atau kotoran yang berkerak pada permukaan lantai. Nah, Anda bisa memanfaatkan sitrum sebagai alternatif terbaik untuk membuat lantai menjadi kinclong.

6. Membersihkan Lantai Keramik Warna Hitam dengan Cairan Pembersih

Banyak sekali jenis cairan pembersih lantai yang beredar di pasaran. Anda bisa memilih yang menurut Anda bagus atau meminta rekomendasi dari teman atau saudara. Biasanya, cairan pembersih tersebut diformulasikan bisa mengangkat berbagai macam jenis noda, mulai dari noda warna hitam yang berkerak, hingga tegel yang kusam. Dalam menggunakannya, Anda bisa membaca petunjuk penggunaan yang biasanya tertera di bagian kemasan.

7. Menghilangkan Noda pada Lantai Keramik dengan Sabun Pencuci Piring

Cara Membuat Lantai Keramik Kinclong

Bagi Anda yang pengin simpel dan terindikasi “pelit”, Anda juga bisa memanfaatkan sabun pencuci piring untuk membersihkan keramik yang bernoda. Namun, ini akan menjadi efektif jika Anda mencampurkan sabun tersebut dengan air hangat. Sabun merek apa yang bagus untuk membersihkan keramik? Tidak ada ketentuan khusus merek sabun apa yang bagus. Anda bisa memilih salah satu merek sabun yang menjadi pilihan Anda selama ini.

8. Membersihkan Lantai dari Kotoran dengan Memakai Teh

Sebagai informasi tambahan, jika lantai rumah Anda terbuat dari kayu, maka kombinasi antara teh dengan air panas sangat tepat untuk membersihkan lantai dari noda. Selain itu, kombinasi tersebut juga bisa membuat lantai kayu Anda terhindar dari debu dan kotoran yang membandel.

Itulah beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan sebagai tips, trik, dan cara membuat lantai keramik kinclong, bersih, dan mengkilap. Anda dapat menggunakan beberapa atau salah satu dari alternatif di atas untuk membasmi noda warna hitam atau keramik yang berkerak dan kusam.

Cara Membuat Lantai Keramik Kinclong

Sebenarnya ada alternatif lain yang cukup penting dilakukan agar lantai Anda terhindar dari dari noda dan kotoran. Yang dibahas sebelumnya adalah langkah represif. Sedangkan yang berikut ini adalah langkah preventif agar lantai keramik Anda terhindar dari noda yang sulit dibersihkan.

1. Pastikan Anda membersihkan lantai setiap hari, apakah dengan mengepel atau menyapu. Hal ini berguna agar menjaga kebersihan lantai Anda sehingga bisa terhindar dari noda yang membandel dan susah dibersihkan. Apalagi debu dan kotoran berupa pasir yang bisa saja membuat lantai keramik Anda menjadi tergores dan rusak. Hal inilah yang bisa membuat keramik Anda terlihat pudar. Oleh karena itu, bersihkan lantai rumah secara rutin.

2. Untuk menjaga agar lantai keramik tetap kinclong dan mengkilap, pastikan Anda menggunakan kain pel yang lembut, bersih, dan mempunyai daya serap yang baik. Jika air pembilasan sudah kotor, ganti segera dengan air bersih. Satu hal lagi, jangan lupa untuk memeras kain pel supaya lantai keramik tidak basah secara berlebihan.

Nah, langkah preventif ini sebenarnya lebih baik diterapkan dari pada represif. Bagaimana pun juga jika sudah terjadi, maka untuk ke depannya, Anda bisa melakukan langkah preventif tersebut. Itulah informasi sederhana yang bisa kami tampilkan, mulai dari cara membuat lantai keramik kinclong dan mengkilap hingga cara menjaga lantai agar terhindar dari noda yang membandel. Semoga ini bisa bermanfaat dan terus ikuti artikel kami yang pastinya selalu menginspirasi dan memberi solusi.

Postingan terkait: