Terbukti Ampuh! 10 Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah Dengan Mertua

Cara dan Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah dengan Mertua

Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah Dengan Mertua --- Ada banyak sekali faktor yang membuat setiap pasangan memutuskan untuk tinggal di rumah mertua. Misalnya, faktor finansial, di mana suami atau istri belum mampu memiliki rumah sendiri. Inilah yang paling sering terdengar di telinga kita, dan bukan rahasia umum lagi.

Apa salahnya tinggal serumah dengan mertua? Mereka kan orang tua Anda juga? Jika harus mengontrak, tentu saja itu akan memakan biaya yang tidak sedikit apalagi bagi Anda yang memiliki gaji kecil dan pas-pasan.

Sering kali ditemukan bahwa ada suami atau istri tidak betah di rumah mertua, kemudian mereka mencari cara bagaimana bisa pindah dari rumah tersebut. Kenapa ini bisa terjadi? Saya yakin, pasti ada sesuatu yang terjadi apakah itu berasal dari mertua atau bisa juga berasal dari pasangan itu sendiri. Bagi setiap pasangan, seharusnya jangan jadikan mertua sebagai beban apalagi sebagai derita yang tiada akhir.

Saya juga paham bahwa ada juga mertua yang tidak bersahabat dengan menantu padahal menantu sudah bersikap sangat baik. Bagaimana solusinya? Nah, di sini saya akan memberikan solusi 10 tips agar nyaman tinggal serumah dengan mertua. Mudah-mudahan tips ini bisa membuat Anda betah tinggal bersama mertua.

1. Pahami Karakter Mertua


Ini adalah poin pertama yang mesti Anda lakukan. Kenapa? Pasalnya, jika Anda paham karakter mertua, Anda pasti mampu menyesuaikan diri dengan baik sehingga juga bisa mengambil sikap dengan tepat. Sebagai contoh, jika mertua Anda adalah orang yang disiplin, maka Anda juga mesti disiplin. Jangan bersikap sebaliknya, tentu saja itu bisa berdampak buruk bagi hubungan Anda dengan mereka nantinya. Lama kelamaan, Anda pun merasa tidak betah dan tidak nyaman.

2. Cari Tahu Apa yang Disukai dan Tidak Disukai Mertua


Bagi saya, ini bisa menjadi tips agar nyaman tinggal dengan serumah mertua. Kenapa demikian? Ya, ketika Anda tahu apa yang disukai mertua, kemudian Anda mewujudkan hal itu, tentu saja itu bisa membuat mereka senang. Normalnya seperti itu. Begitu pun sebaliknya, jangan melakukan sesuatu yang tidak mereka sukai. Tentu saja, itu akan membuat mereka tidak menyukai Anda.

3. Bersikap Jujur (Apa Adanya)

Cara dan Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah dengan Mertua yang Cerewet

Jika tinggal serumah dengan mertua, jangan pernah berbohong sekali pun. Ingat, setiap pasangan baik suami maupun istri harus bisa menjaga kepercayaan mertua. Sekali saja ketahuan berbohong, bisa bahaya. Untung jika mertua Anda orang yang pemaaf, jika tidak? Nah, jika Anda memiliki kekurangan, katakan yang sejujurnya. Misalnya, Anda suka lupa dengan hal-hal yang kecil, maka katakan hal itu dengan jujur sehingga mereka akan bisa memahami jika hal itu terjadi nantinya.

4. Luangkan Waktu untuk Berdiskusi


Tips agar nyaman tinggal serumah dengan mertua selanjutnya yaitu dengan meluangkan waktu untuk berdiskusi. Sesibuk apapun Anda, terutama para suami, luangkanlah waktu untuk berbincang-bincang. Kenapa ini mesti dilakukan? Ya, untuk menjaga kehangatan dan jangan sampai terkesan ada ketidakpedulian. Yakinlah, mertua Anda pasti paham dengan kesibukan Anda, namun mereka pasti akan sangat senang jika Anda mampu meluangkan waktu untuk berdiskusi dengannya sehingga mereka pun merasa dihargai.

5. Utamakan Kesamaan dan Hargai Perbedaan


Setiap orang pasti memiliki perbedaan. Namun, kenapa mesti itu yang ditampilkan? Kenapa bukan kesamaan? Begitu juga ketika Anda tinggal di rumah dengan mertua. Jangan perlihatkan perbedaan. Itu bisa membuat hubungan Anda dengan mertua menjadi renggang. Jika Anda mampu terbuka mengenai hal itu, dan mertua Anda menerima dengan ikhlas, itu tidak menjadi masalah. Namun, pastikan kalian saling menghargai perbedaan satu sama lain. Itu kuncinya.

6. Bersikap Netral dan Tidak Ikut Campur Permasalahan Keluarga


Anda harus paham bagaimana cara hidup di rumah mertua dengan tepat. Kenapa? Itulah yang akan menentukan kehidupan Anda di rumah mertua nantinya. Sebagai contoh, jika Anda seorang istri, kemudian melihat bahwa suami Anda bertengkar dengan mertua Anda, apa yang akan Anda lakukan? Jangan ikut campur! Ya, sebaiknya Anda diam karena itu masalah keluarga suami Anda. Bagi para suami, cobalah perlihatkan kebijaksanaan. Jangan sampai istri tidak betah di rumah karena konflik tersebut.

7. Tersenyumlah

Cara dan Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah dengan Mertua

Senyum itu ibadah, bukan? Nah, tersenyumlah selalu kepada mertua Anda. Itulah trik dan tips agar nyaman tinggal serumah dengan mertua. Senyum bisa merubah suasana, dari suasana yang penuh dengan derita menjadi penuh kebahagiaan. Mertua Anda pasti akan senang melihat menantu yang penuh dengan keceriaan, sekali pun Anda berada pada kondisi yang kurang baik. Sepahit apapun di dalam diri Anda, cobalah tampilkan yang manis-manis saja. Di sanalah dituntut kebijaksanaan Anda dalam bersikap, terutama bagi para suami.

8. Hati-Hati dalam Berkata


Lidah itu tidak bertulang. Senjata yang paling mematikan adalah lisan. Kita semua tahu hal itu. Namun, terkadang alpa dan tidak sadar. Oleh karena itu, saya mengingatkan agar hati-hati dalam berbicara. Jika tidak ada hal yang penting untuk dibicarakan, lebih baik diam saja. Sekali saja Anda salah bicara, bahkan sampai menyinggung perasaan mertua, habis sudah. Hingga pada akhirnya, Anda akan mencari cara bagaimana bisa pindah dari rumah mereka. Jangan sampai hal itu terjadi.

9. Jangan Lupa Berpamitan


Cara keluar dari rumah dengan sopan adalah dengan berpamitan. Hal ini terlihat sepele padahal dampaknya sangat besar. Ingat, jangan tampilkan kesan buruk pada mertua Anda. Jangan sampai mertua Anda menganggap bahwa Anda merupakan anak yang lahir dari keluarga yang tidak terdidik. Memang, kebiasaan baik itu perlu ditanamkan sejak dini. Sekali lagi saya ingatkan, jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil, seperti halnya berpamitan ketika pergi.

10. Tanamkan Positive Thinking dan Feeling

Cara dan Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah dengan Mertua

Inilah trik dan tips agar nyaman tinggal serumah dengan mertua yang terakhir. Ada dua hal yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan, yaitu cara berpikir dan cara merasa. Pernah melihat dan bertemu orang yang mudah tersinggung? Itulah salah satu ciri-ciri adanya gangguan pada pikiran dan perasaan. Jangan sampai kita menjadi seperti itu. Nah, jika Anda mendapati bahwa mertua Anda mengatakan atau melakukan sesuatu yang kurang berkenan di hati Anda, maka jangan langsung tersinggung.

Lalu? Cobalah untuk menasehati dan memaafkan. Barangkali mertua Anda khilaf. Bicarakan dengan baik dan sopan. Jangan langsung membeci. Ingat, bagaimana pun juga mereka sudah menjadi orang tua Anda. Nasehati dengan baik-baik. Percaya atau tidak, rasa nyaman dan betah itu tergantung cara kita berpikir dan merasa. Kalau kita mampu terus bersikap positif, semuanya pasti akan baik-baiknya.

Nah, itulah 10 tips agar nyaman tinggal serumah dengan mertua. Anda bisa menerapkan semua atau beberapa diantara 10 tips tersebut. Pada dasarnya, tidak ada mertua yang buruk. Jika mereka terlihat buruk di mata Anda, maka ada yang salah pada Anda. Normalnya, tidak ada mertua yang bersikap buruk terhadap menantu kecuali menantu pernah berbuat salah, dan belum juga meminta maaf. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kita saling introspeksi diri.

Postingan terkait: