Terbaik! Inilah 8 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pensiunan

8 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pensiunan

Investasi yang Cocok untuk Pensiunan --- Masa pensiun semestinya menjadi masa yang paling indah. Betapa tidak, melalui banyak kenangan adalah sebuah anugerah. Kenapa? Ya, tidak semua orang bisa merasakan kesempatan tersebut. Di masa setelah pensiun inilah Anda bisa mengukir kehidupan baru dengan melakukan hal-hal yang juga baru.

Bagi saya, beruntunglah jika Anda sudah memiliki persiapan menjelang pensiun. Namun, belum ada kata terlambat bagi Anda yang belum memiliki persiapan pensiun. Apalagi bagi para pensiun dini. Percayalah, selalu ada waktu untuk menjadi lebih baik. Asalkan Anda mau menyegerakannya.

Apakah Anda berencana menghabiskan masa tua dengan melakukan investasi? Nah, Anda berada di jalur yang tepat. Ya, selain bisa menambah kuantitas tabungan pensiun Anda, investasi juga bisa mengunci kesejahteraan Anda, terutama dalam hal finansial. Itulah cara mengelola keuangan setelah pensiun secara bijak. Meskipun begitu, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih instrumen investasi. Bertindaklah lebih selektif. Nah, di sini saya telah mengumpulkan 8 jenis investasi yang cocok untuk pensiunan, dijamin paling menguntungkan!

1. Reksadana

Reksadana merupakan Investasi yang Cocok untuk Pensiunan

Mengatur keuangan setelah pensiun dengan reksadana, why not? Ya, reksadana merupakan investasi pensiun terbaik. Jika Anda sudah terlebih dahulu memiliki dana pensiun, jangan ragu untuk investasi di instrumen ini. Apa itu reksadana? Singkatnya, reksadana merupakan suatu wadah untuk menghimpun dana dari pemilik modal (masyarakat) yang kemudian dana tersebut diinvestasikan kembali ke dalam portofolio efek oleh manajer Investasi.

Manajer investasi adalah orang-orang profesional. Oleh karena itu, investasi ini bisa dikatakan lebih aman. Di Amerika, reksadana merupakan bagian penting dari sejarah di mana itu dijadikan sebagai bagian dari perencanaan pensiun bagi mereka. Tidak hanya itu, berdasarkan informasi dari INVESTMENT COMPANY FACT BOOK 2013, reksadana mampu menyumbang 68% aset IRA dan 48% dari saldo 401k pada akhir tahun 2011. Artinya, reksadana merupakan wadah yang tepat untuk investasi dana pensiun.

2. Obligasi


Punya niat berinvestasi di instrumen ini setelah pensiun? Jika ya, maka itu pilihan yang sangat tepat. Apa itu obligasi? Singkatnya, obligasi merupakan sebuah istilah dalam dunia keuangan yang merupakan bukti penyertaan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi. Jika Anda adalah pemegang obligasi, maka Anda akan dijanjikan untuk mendapatkan nilai pokok utang beserta kupon bunganya pada saat jatuh tempo.

Dalam obligasi juga ada istilah debitur dan kreditur. Debitur atau si peminjam adalah penerbit obligasi, sedangkan kreditur adalah si pemegang obligasi yang memberikan pinjaman. Bagaimana dengan kupon obligasi? Itu bisa dikatakan sebagai bunga pinjaman yang wajib dibayar oleh debitur kepada kreditur.

Banyak pelaku investasi yang mengatakan bahwa obligasi merupakan investasi pensiun terbaik karena dianggap “aman” bahkan bebas risiko, terlebih lagi jika penerbit obligasi adalah pemerintah. Saya sangat setuju dengan pernyataan tersebut, namun tidak 100% setuju. Saya meyakini bahwa tidak ada investasi yang benar-benar bebas risiko. Risiko itu selalu ada, walaupun kecil. Meskipun begitu, saya tetap merekomendasikan obligasi sebagai salah satu investasi yang cocok untuk pensiunan.

3. Deposito


Ini juga bisa menjadi alternatif Anda sebagai tabungan pensiun. Pernah dengar deposito? Ya, deposito merupakan sebuah produk investasi dari perbankan. Mungkin deposito tidak asing lagi ditelinga Anda. Salah satu yang menarik dari deposito adalah jangka waktu penyimpanannya. Misalnya, jika Anda memiliki dana penisun kemudian diinvestasikan dalam bentuk deposito dengan jangka waktu panjang, maka Anda akan mendapatkan pendapatan lebih banyak yang bersumber dari bunga.

Nah, ada hal yang lebih menggembirakan bahwa deposito bisa dikatakan sebagai investasi dengan risiko yang relatif rendah. Tidak hanya itu, tingkat suku bunga deposito juga lebih tinggi dari tabungan. Jadi, jika saat ini Anda hanya memiliki tabungan di bank, sudah selayaknya Anda mencoba menggunakan produk deposito. Saya sangat setuju jika deposito disebut sebagai salah satu investasi yang cocok untuk pensiunan.

4. Saham

Saham merupakan Investasi yang Cocok untuk Pensiunan

Apakah Anda bersedia menanamkan dana pensiun Anda di instrumen investasi saham? Kenapa tidak, bukan? Saham bisa dikatakan sebagai investasi sejuta umat. Namun, instrumen ini sepertinya belum terlalu diminati terutama di sebagian besar negara berkembang, termasuk di negara tercinta, Indonesia. Banyak faktor yang memengaruhinya, seperti faktor ekonomi, faktor kepentingan, dan faktor pengetahuan. Meskipun begitu, semenjak adanya “Yuk Nabung Saham”, instrumen ini semakin dikenal masyarakat luas.

Saham merupakan investasi yang paling menguntungkan, namun potensi risikonya juga tinggi. Akan tetapi, ini tergantung cara Anda berinvestasi. Saya menyarankan, jadilah investor jangka panjang, jangan menjadi trader (jika belum ahli) karena itu sangat berisiko. Pastikan Anda memilih perusahaan yang memiliki prospek bisnis dan fundamental yang bagus, serta konsisten dalam membagikan dividen. Dengan kata lain, utamakan safety, apalagi di masa setelah pensiun ini.

5. Emas

Emas merupakan Investasi yang Cocok untuk Pensiunan

Selain digunakan sebagai perhiasan, emas juga merupakan salah satu investasi yang cocok untuk pensiunan. Kenapa? Emas memiliki value yang cenderung konstan bahkan juga terbukti menanjak setiap tahunnya. Salah satu alasan kenapa harga emas cenderung naik tidak lain karena emas merupakan sumber daya alam berbasis tambang yang memiliki batasan. Selain itu, Emas juga disebut-sebut sebagai inflation gatekeeper. Oleh karena itu, saya menyimpulkan bahwa emas adalah pilihan investasi yang sangat tepat, termasuk untuk masa setelah pensiun.

6. Bisnis Waralaba


Persiapan pensiun memang sudah semestinya dilakukan jauh-jauh hari. Pasalnya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dibutuhkan perencanaan yang matang. Termasuk ketika memutuskan untuk berbisnis.

Nah, saat ini ada bisnis yang sedang berkembang pesat dan cukup menjanjikan. Ya, investasi pada bisnis waralaba. Keputusan yang tepat jika menggunakan dana pensiun Anda untuk bisnis waralaba. Kenapa begitu? Salah satu alasannya adalah risiko yang relatif minim. Meskipun memiliki risiko yang rendah, Anda juga mesti selektif dalam menentukan dan memilih sektor bisnis waralaba. Satu hal lagi, pastikan juga Anda memiliki passion dalam berbisnis.

7. Sewa Properti


Tentu saja, saya memasukkan investasi ini sebagai salah satu investasi yang cocok untuk pensiunan. Jika Anda berinvestasi pada sektor ini, Anda memiliki banyak alternatif. Mau sewa kontrakan, rumah, vila, apartemen, toko, kos-kosan, dan sebagainya. Bebas untuk memilih. Mana yang paling menguntungkan? Saya rasa semuanya menguntungkan, tergantung bagaimana Anda mengelolanya nanti.

Investasi ini membutuhkan modal awal yang relatif besar, hal ini juga sebanding dengan potensi keuntungan yang nantinya diperoleh. Tak masalah jika  modal Anda berasal dari dana pensiun atau tabungan pensiun, asalkan Anda serius dalam mengelola dan mau melakukan analisis-analisis, seperti analisis target pasar, lokasi, dan seterusnya. Dengan demikian, saya yakin potensi keuntungan yang akan diperoleh akan jauh lebih besar.

8. Bisnis Peternakan atau Perikanan

Peternakan dan Perikanan merupakan Investasi yang Cocok untuk Pensiunan

Ini termasuk salah satu investasi pensiun terbaik. Selain bisa menghasilkan keuntungan, Anda juga bisa menikmati bisnis ini dengan perasaan senang. Apalagi jika beroperasi di daerah pedesaan. Lengkap sudah kebahagiaan Anda setelah pensiun. Bisnis ini memang sebaiknya beroperasi dekat dengan sumber daya, dan itu adanya di daerah pedesaan. Selain harga lahan di sana masih tergolong murah, sumber daya seperti makanan dan kebutuhan ternak juga lebih mudah didapatkan dan pastinya juga lebih murah.

Itulah 8 investasi yang cocok untuk pensiunan, baik pensiun tua maupun pensiun dini. Mana yang membuat Anda tertarik? Ya, itu tergantung kebutuhan, kesanggupan, dan kemauan Anda. Bagi saya, 8 investasi di atas adalah investasi yang tepat untuk dilakukan menjelang pensiun atau setelah pensiun. aman. Tapi ingat, bacalah beberapa referensi sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke dalam dunia investasi. Pengetahuan itu penting dan akan menjadi tameng Anda. Semoga berhasil dan selamat menempuh kehidupan baru!

Postingan terkait: