35+ Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana

Inspirasi desain rumah minimalis 2 lantai sederhana --- Kita menyadari bahwa manusia terus tumbuh dan bertambah dari waktu ke waktu. Tentu saja, mereka membutuhkan lahan untuk tinggal dan menetap, atau kita sebutlah sebagai hunian. Masalahnya, lahan di muka bumi ini tidak akan mungkin bertambah. Dengan kata lain, lahan di bumi ini terbatas. Padahal, manusia secara kontinu membutuhkan hunian yang merupakan kebutuhan pokok.

Nah, rumah minimalis bisa menjadi solusi terhadap permasalahan tersebut. Ya, rumah minimalis bisa diaplikasikan di lahan yang terbatas. Artinya, kita dituntut untuk mampu memaksimalkan lahan yang terbatas agar bisa difungsikan dengan efisien dan efektif. Oleh karena itu, tidak salah jika sobat mencari-cari seperti apa desain rumah minimalis yang sesuai dengan kebutuhan, bisa 1 lantai 2 kamar, 1 lantai 3 kamar, 2 lantai, dst.

Saya paham bahwa semua orang pasti bermimpi bisa memiliki rumah yang aman dan nyaman. Itulah alasan kenapa sobat mencari inspirasi khususnya mengenai desain rumah minimalis 2 lantai sederhana, bukan? Ya, rumah minimalis 2 lantai memang sedang menjadi bahan pembicaraan banyak orang belakangan ini. Pasalnya, model, denah, hingga gambar tampak depan dari rumah tersebut bisa menghipnotis banyak orang. Tentu saja, karena keindahan dan aura elegan yang terpancar.

Selain itu, desain rumah minimalis 2 lantai sederhana juga bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai hunian untuk keluarga besar. Hebatnya, biaya pembangunannya pun juga relatif lebih ekonomis. Tinggal bagaimana sobat mengatur prosesnya. Jika prosesnya bagus dan terorganisasi, bukan tidak mungkin hasilnya akan bagus dan lebih hemat. Nah, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membangun atau membuat desain rumah minimalis 2 lantai sederhana?

1. Menentukan Type Rumah Minimalis


Inilah hal pertama yang perlu sobat lakukan dalam membuat desain rumah minimalis 2 lantai sederhana. Umumnya, ada beberapa type yang cocok untuk rumah jenis ini, seperti type 21, type 27, type 30, type 36, type 45, dan type 60, type 70. Bagi saya, cakupan type ini masih cocok untuk takaran rumah minimalis 2 lantai yang sederhana.

Nah, dalam menentukan type rumah, sobat tidak bisa asal memilih. Artinya, ada beberapa hal perlu sobat pertimbangkan, dan yang paling vital adalah budget. Berapa anggaran yang sobat punya? Tentu sobat sendiri yang tahu. Saya beri gambaran, untuk desain rumah minimalis 2 lantai sederhana dengan type 36, biaya pembangunannya bisa mencapai 150 jutaan, dengan asumsi sobat sudah memiliki lahan pribadi. Namun, ini masih sangat relatif, banyak faktor yang memengaruhi biaya pembangunan.

2. Menentukan Denah Rumah


Denah rumah merupakan elemen penting yang perlu dibuat. Kenapa? Itu bisa memudahkan sobat dalam membuat desain rumah minimalis 2 lantai sederhana. Jika sobat memilih umah type 36, maka buatlah denahnya. Nanti, ketika membuat denah, sobat pasti akan tahu pasti di mana letak ruang tamu, ruang kamar, teras, toilet, dan sebagainya.

Selain itu, membuat denah rumah juga bisa meminimalisasi kesalahan dan bisa membuat proses pengerjaan rumah menjadi lebih terstruktur. Dengan demikian, sobat pun bisa menciptakan rumah yang indah, sesuai dengan harapan.

3. Pemilihan Material Bangunan


Material merupakan salah satu elemen yang menentukan besar kecilnya biaya pengerjaan rumah. Bagi sobat yang pengin lebih hemat dalam pembangunan rumah, maka buatlah perencanaan secara detail mengenai material apa saja yang harus disediakan. Tentu saja, dengan begitu, tidak akan ada material yang terbuang sia-sia.

Sobat juga bisa memanfaatkan material bekas yang masih layak pakai, atau bisa juga menggunakan material semi-fabricated (setengah jadi). Bahan setengah jadi diyakini mampu menghemat biaya material hingga mencapai 30%. Lumayan, kan?

Satu hal lagi, tidak ada salahnya sobat mengombinasikan material untuk pembuatan dinding. Sebagai contoh, untuk dinding ruangan kamar, jangan sepenuhnya menggunakan material keras, seperti percampuran batu bata dan semen. Ya, sobat juga bisa memanfaatkan tripleks. Tentu saja ini lebih mudah dan hemat.

4. Pemilhan Juru Bangunan


Khusus desain rumah minimalis 2 lantai sederhana, saya menyarankan sobat untuk memilih juru bangunan atau tukang yang tepat; prosesional, berpengalaman, dan memiliki upah ekonomis. Apa ada? Ada! Umumnya, upah satu orang tukang per hari bisa mencapai 80-100 ribu. Nah, untuk penggunaan tukang, cukup 4-5 orang saja. Kalau bisa, sobat juga ikut serta membantu proses pengerjaannya.

Sangat banyak keuntungan yang bisa sobat dapatkan ketika membantu proses pengerjaan rumah. Pertama, bisa menghemat biaya tukang. Apalagi jika sobat punya anak atau saudara yang bisa mengerjakan proses tersebut. Tentu saja, mereka akan ikhlas membantu. Dengan kata lain, sobat hanya mengeluarkan uang makan, minum, atau rokok saja.

Selanjutnya, proses pengerjaan bisa lebih cepat. Semakin banyak yang membantu, semakin cepatlah rumah dibangun. Namun, jangan sampai asal-asalan, kerjakan apa yang bisa dikerjakan. Yang tidak bisa, jangan dilakukan. Takutnya nanti salah.

5. Pemilihan Warna Rumah


Jika sobat mampu memilih konsep warna rumah yang tepat, maka bukan tidak mungkin sobat akan memiliki rumah yang terlihat indah dan menarik perhatian. Memang, pemilihan warna rumah ini tergantung selera pribadi. Namun, ada beberapa nasehat yang mungkin bermanfaat untuk sobat. Pertama, jangan gunakan terlalu banyak warna. Selain memakan biaya lebih, itu juga bisa terlihat “norak”.

Kemudian, pilihlah warna yang tidak membuat mata cepat lelah. Umumnya, warna “muda” lebih baik dari pada warna “tua”, apalagi jika diaplikasikan pada dinding dalam rumah. Namun, warna tua juga boleh digunakan sebagai polesan untuk memperkuat konsep. Selain itu, sobat juga perlu memperhatikan warna lantai rumah.

6. Menghitung Biaya secara Detail


Inilah elemen yang paling penting dalam membuat desain rumah minimalis 2 lantai sederhana. Kenapa harus menghitung biaya secara detail? Agar sobat tahu persis berapa anggaran yang perlu disediakan. Kesalahan umum yang sering terjadi yaitu kita sering menebak-nebak secara langsung biaya pembangunan rumah.

Sebagai contoh, ada yang beranggapan bahwa biaya jasa pengerjaan rumah yaitu 2 juta per meter persegi. Jika luas bangunan 72 meter persegi, maka total biayanya yaitu 144 juta. Padahal, fakta dilapangan tidak selalu seperti itu, tidak sesederhana yang dibayangkan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui secara detail berapa besaran biaya pembangunan rumah, maka sobat harus menghitung jumlah kebutuhan dan luas ruangan, seperti spesifikasi bahan bangunan, material, aksesori, dan sebagainya.

Nah, bagi sobat yang sudah memahami tips di atas, maka tinggal bagaimana mengaplikasikannya. Untuk memberikan gambaran dan contoh konsep rumah yang sesuai dengan kebutuhan sobat, saya telah menyediakan 35 inspirasi model desain rumah minimalis 2 lantai sederhana. Check it out!

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana 6x15

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana tapi Elegan

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Ukuran 6x12

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana 2016

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana 2016

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana 2017

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana 2017

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Mungil

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Mungil

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana 2018

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana 2018

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Cantik

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Bersih

Inspirasi Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Elegan

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Luas Tanah 50m2

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana tapi Mewah

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana tapi Mewah

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Bersih

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana 3 Kamar Tidur

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana 3 Kamar Tidur

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana 2018

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana 2018

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Kelihatan Sehat

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Mungil

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Mungil

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Kelihatan Mewah

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Luas Tanah 50m2

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Type 45

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Type 60

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Type 60

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Type 36/72

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Mungil type 21

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana type 36

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Asri

Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana Asri dan Nyaman


Demikianlah pembahasan mengenai 35 inspirasi model desain rumah minimalis 2 lantai sederhana. Semoga ini bisa menjadi referensi sobat dalam memilih rumah. Satu hal lagi yang perlu diingat, jangan pernah memaksakan keinginan. Dahulukan kebutuhan. Misalnya, jika sobat hanya butuh rumah untuk keluarga kecil, maka jangan buat rumah yang berukuran terlalu besar. Namun, tidak ada masalah jika sobat punya dana lebih. Tapi saran saya, mendahulukan kebutuhan jauh lebih baik. Semoga bermanfaat, ya...

Postingan terkait: