Gaji Rp 2 Jutaan Bisa Beli Mobil dalam Setahun? Begini Caranya!

Gaji 2 jutaan bisa beli mobil dalam setahun

Gaji Rp 2 Jutaan Bisa Beli Mobil dalam Setahun --- Saya paham bahwa mobil saat ini sudah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dalam kehidupan. Selain bisa menjadi kebanggaan tersendiri, memiliki mobil juga dapat membantu setiap keluarga untuk bisa pergi bersama-sama dalam satu wahana. Jika dibandingkan dengan sepeda motor, misalnya, mobil jauh lebih efektif karena mampu menampung banyak orang di dalamnya. Tak jarang pula bisa menjadi lebih efisien.

Bayangkan saja, jika anggota keluarga yang di rumah Anda berjumlah 8 orang, dan jika ingin bepergian secara bersama-sama, maka setidaknya membutuhkan 4 sepeda motor. Selain kepanasan dan kehujanan, perjalanan juga terasa lebih rumit. Berpencar satu sama lain. Saya pun pernah merasakannya. Mungkin Anda juga?

Baca juga --> Baru Pertama Kali Kerja Tapi Mau Beli Mobil? Begini Caranya!

Nah, kebutuhan inilah yang sering kali membuat setiap orang berlomba-lomba untuk memiliki mobil. Namun, kendalanya selalu terletak pada harga mobil. Ya, meskipun saat ini sudah terdapat Low Cost Green Car (LCGC) yang mana harga mobil pada segmen ini bisa dibilang lebih terjangkau, namun tetap saja masih terasa mahal, terutama bagi yang bergaji standar UMR dan pas-pasan. Meskipun begitu, Anda tetap bisa beli mobil meskipun hanya memiliki gaji 2 jutaan per bulan. Begini caranya, catat!

Tentukan Berapa Anggaran (Harga) untuk Pembelian Mobil

Gaji 2 juta bisa beli mobil dalam setahun

Menentukan anggaran atau harga untuk beli mobil, sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan Anda paham betul kondisi keuangan Anda. Bagi saya, dengan kapasitas gaji 2 jutaan, apakah 2,3 juta, 2,5 juta, dan 2,8 juta, ada baiknya Anda berpedoman pada harga mobil LCGC, yaitu berkisar di angka 80 jutaan s.d. 130 jutaan. Saya kira, ini masih bisa dan cukup ideal untuk Anda.

Pilih Mobil yang Sesuai dengan Anggaran


Sadar diri, itu kuncinya. Ya, jika Anda hanya memiliki gaji 2 jutaan, maka jangan pernah berekspektasi lebih untuk bisa beli mobil yang memiliki brand mahal dan terkenal. Oleh karena itu, pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda. Seperti yang saya katakan sebelumnya, mobil Low Cost Green Car (LCGC) adalah pilihan yang sangat tepat.

Pilih Mobil Baru atau Bekas?

Gaji 2 juta bisa beli mobil dalam setahun

Ada dua alternatif yang bisa Anda pilih, beli mobil baru atau bekas? Jika Anda yang bergaji 2 jutaan menargetkan untuk bisa memiliki mobil baru, maka Anda tidak bisa lepas dari segmen LCGC. Namun, jika Anda tidak mempermasalahkan untuk membeli mobil bekas, maka Anda bisa lepas dari segmen LCGC. Sebab, harga mobil bekas pada segmen di atas LCGC, masih ada yang menawarkan harga kisaran mobil baru pada segmen LCGC. Bagi saya, mobil bekas tidak akan menjadi masalah, yang terpenting elemen-elemen vital pada mobil tersebut masih berfungsi dengan baik.

Pilih Lembaga Pembiayaan Menawarkan DP Rendah dan Fasilitas Kredit Jangka Panjang

gaji 2 juta bisa beli mobil asalkan memilih lembaga yang tepat

Bagi saya pribadi, salah satu hal yang paling berat dalam membeli mobil adalah menyediakan uang muka (DP). Pasalnya, besaran uang muka ini bisa 5 x lipat lebih besar dari gaji per bulan. Namun, masih ada kok lembaga pembiayaan yang menawarkan DP yang relatif lebih ringan. Nah, Anda bisa mencari lembaga itu, apakah lembaga keuangan perbankan syariah, kovensional, atau lainnya. Coba searching saja di Google, pasti ketemu.

Dengan kondisi DP yang lebih ringan (rendah), maka otomatis Anda akan dibebankan lebih pada besaran angsuran per bulan. Namun, itu dapat sedikit diminimalkan dengan tenor atau jangka angsuran yang lebih panjang. Setahu saya, masih ada lembaga pembiayaan yang menawarkan tenor angsuran atau cicilan maksimal hingga 8 tahun.

Manfaatkan Fasilitas Promo Cashback Potongan Uang Muka


Ada usaha, maka ada jalan. Saran saya, cobalah untuk mencari informasi mengenai cashback potongan uang muka. Ya, jika uang muka yang ditetapkan oleh suatu lembaga pembiayaan masih besar, cashback bisa menjadi solusi untuk menekan biaya uang muka tersebut. Dengan demikian, Anda pun tidak terlalu berat dalam menyediakan DP.

Tekan Biaya Kebutuhan Bulanan

Gaji 2 jutaan bisa beli mobil dalam setahun

Butuh banyak pengorbanan untuk meraih sesuatu, termasuk dalam hal beli mobil. Tidak bisa kita pungkiri bahwa biaya kebutuhan sehari-hari menjadi pengeluaran terbesar setiap orang. Pasalnya, kebutuhan itu memang harus dipenuhi, seperti makan, minum, listrik, transportasi, dan sebagainya. Nah, bagi Anda yang bergaji 2 jutaan, saran saya, tekanlah biaya kebutuhan atau pengeluaran bulanan tersebut.

Misalnya begini, jika Anda biasanya makan di luar, apakah di cafe, restoran, atau warteg, sebaiknya ditiadakan dahulu, atau maksimal sekali sebulan. Sebagai pengganti, cobalah untuk masak sendiri dan makan di rumah. Itu pasti lebih hemat. Selain itu, Anda juga bisa menekan biaya penggunaan air dan listrik. Apalagi saat ini sudah menggunakan token listrik. Kalau malam, usahakan tidur cepat agar terhindar dari aktivitas menonton yang pastinya akan memakan banyak listrik.

Menabung adalah Syarat Mutlak

Gaji 2 juta bisa beli mobil dalam setahun asalkan menabung

Bukan rahasia lagi bahwa menabung merupakan cara terbaik menjamin kehidupan masa depan. Nah, menabung juga bisa digunakan sebagai bekal untuk membeli mobil. Gaji 2 jutaan apakah bisa menabung? Bisa! Asalkan ada kemauan yang kuat. Setelah Anda mampu menekan biaya pengeluaran bulanan, maka sisa uang gaji tersebut, bisa Anda ditabung. Setidaknya, 1 juta per bulan bisa masuk ke dalam kas tabungan Anda. Jika uang tabungan tersebut dikumpulkan, itu nantinya bisa dijadikan modal untuk DP mobil beserta cicilannya.

Hindari Mengontrak Rumah


Kita tahu bahwa biaya mengontrak rumah tidaklah kecil. Tentu saja, dengan gaji 2 jutaan dan ingin beli mobil, akan sangat susah jika Anda tetap mengontrak rumah. Jangankan untuk bisa membeli mobil, untuk makan sehari-hari pun juga pasti mengalami kendala karena biaya makan terbagi dengan biaya ngontrak. Bagaimana jika ngekos?

Saran saya, jika Anda masih bujangan, nge-kos adalah jalan yang bagus. Namun, ada jalan yang lebih tepat, yaitu tinggal bersama keluarga. Jangan gengsi dan dengar ocehan orang lain, yang terpenting tujuan Anda tercapai. Ingat, beli mobil itu tidak semudah mengedipkan mata. Jadi, Anda benar-benar harus jeli melihat situasi.

Cari Penghasilan Tambahan


Inilah cara terakhir yang bisa dilakukan oleh siapa pun yang bergaji 2 jutaan tapi mau beli mobil. Ya, mencari pendapatan tambahan. Masih bingung mau kerja apa? Sekarang kan sedang tren ojek online (ojol). Kenapa Anda tidak mencobanya? Hasilnya pun juga lumayan, bahkan jika Anda mampu mencapai target tertentu, bonus pun akan datang.

Anda bisa memanfaatkan kegiatan produktif ini di sela-sela atau ketika Anda sedang tidak sibuk bekerja. Jika Anda kerja pagi pulang sore, manfaatkan waktu malam untuk ngojol (ngojek online). Jika Anda bekerja hanya sampai Jumat, Sabtu dan Minggu saya rasa bisa Anda maksimalkan seharian untuk ngojol. Yang penting Ada kemauan.

Simulasi dan Contoh Perhitungan Gaji Rp 2 jutaan bisa beli mobil dalam setahun.


Pengeluaran per bulan
Biaya Makan dan Minum: 700 ribu
Biaya Transportasi: 150 ribu
Biaya Lain-lain: 150 ribu
Total Pengeluaran: 1.000.000 (1 juta)

Pendapatan gaji: 2.000.000 (2 juta)
Pendapatan tambahan: 1.000.000 (1 juta)

Total pendapatan: 2.000.000 (2 juta) + 1.000.000 (1 juta) = 3.000.000 (3 juta)

Sisa pendapatan: 3.000.000 (3 juta) - 1.000.000 (1 juta) = 2.000.000 (2 juta)

Jika sisa pendapatan 2 juta tersebut dikumpulkan selama 12 bulan, maka Anda sudah bisa membayar DP mobil. Mobil pun sudah bisa dibawa pulang. Jika Anda mampu konsisten dengan cara hidup seperti ini, menabung dan mencari pendapatan tambahan, saya yakin tidak akan terasa sulit bagi Anda untuk membayar cicilannya.

Nah, itulah beberapa tips dan cara beli mobil bagi yang bergaji 2 jutaan. Tips ini sebenarnya juga bisa digunakan bagi Anda yang bergaji 3 jutaan, 4 jutaan, atau berapa pun. Namun, khusus Anda yang bergaji kisaran UMR 2 jutaan, ini adalah jalan WAJIB yang harus ditempuh. Pasalnya, Anda memahami bahwa ada keterbatasan yang melanda. Ingat, tujuan yang besar hanya bisa dicapai dengan cara yang besar pula, tidak bisa dengan cara yang kecil dan biasa. Semoga berhasil. Bravo!

Related things: cara menabung untuk beli mobil bekas dalam 1 tahun, tips mengelola gaji 2 juta, cara membeli mobil tanpa uang, cara cepat punya mobil sendiri, cara menabung membeli mobil baru, cara beli mobil gaji 1 juta ingin membeli mobil dalam 1 tahun.

Postingan terkait: