10 Cara Mudah Membuat Desain Rumah Minimalis Asri yang Hemat Biaya

Desain rumah minimalis asri

Desain rumah minimalis asri --- Rumah minimalis saat ini menjadi tren, bahkan juga diminati oleh hampir semua kalangan. Apakah sobat tahu dan masih ingat dengan konsep rumah minimalis? Ya, saya konsisten mengatakan bahwa rumah minimalis memiliki konsep sederhana (simplicity) dan elegan (elegance).

Sekarang, mari kita berbicara tentang rumah asri. Apa yang sobat bayangkan mengenai rumah asri? Apakah rumah yang banyak ditanami pepohonan dan tanaman, seperti rumah-rumah yang ada di daerah pedesaan? Atau bagaimana?

Jika berkaca pada kamus KBBI, asri memiliki defenisi indah dan sedap dipandang mata. Oleh karena itu, rumah asri adalah rumah yang indah dan sedap dipandang mata. Sedangkan rumah minimalis asri adalah rumah yang menonjolkan unsur sederhana, elegan, indah, dan sedap dipandang mata. Jadi, ada empat unsur yang harus dipenuhi.

Nah, bagi sobat yang ingin tahu bagaimana cara menciptakan desain rumah minimalis asri, berikut 10 tips, trik, dan cara mudah yang bisa sobat lakukan. Jangan khawatir, pengerjaannya relatif mudah dan hemat biaya. Saya yakin, desain ini bisa membuat rumah sobat terasa lebih sejuk, bersih, cantik, nyaman, indah dan asri. Check it out!

1. Menentukan Konsep

Konsep Desain Rumah Minimalais Asri

Mau bikin desain rumah minimalis asri, tapi tidak tau konsepnya seperti apa, itu sama saja seperti mencintai kesia-siaan. Sebagai ilustrasi, apakah rumah yang banyak ditanami pepohonan, bunga-bunga, dan tanam-tanaman selalu bisa membuat rumah terlihat sejuk, bersih, indah, dan asri? Tidak! Kenapa? Tentu saja, jika placement tidak teratur, maka yang hadir tidak lagi asri, tapi rusuh, seperti hutan!

Nah, itulah kenapa sobat perlu membuat konsep desain yang jelas dan tertata rapi. Ingat, rumah yang asri butuh keseimbangan yang baik. Artinya, tidak hanya berfokus pada kuantitas, melainkan juga memperhatikan kualitas.

2. Menciptakan Taman yang Ideal

Taman untuk Model Desain Rumah Minimalis Asri, Indah, Sejuk, dan Nyaman

Desain rumah minimalis asri sudah semestinya menghadiri sebuah taman. Ya, taman merupakan bagian dari eksterior rumah dan bisa menjadi sumber utama untuk membuat lingkungan rumah menjadi lebih sejuk, indah, dan nyaman. Sobat hanya memerlukan taman mini yang sederhana atau mungil cantik. Nah, di sana sobat bisa menanami berbagai macam tanaman, pepohonan, dan sebagainya.

Sebaiknya, jangan terlalu banyak menempatkan pepohonan dan tanaman yang berukuran terlalu besar. Satu atau dua saja sudah cukup. Selain itu, perhatikan juga lokasi pembuatan taman. Dikondisikan saja, apakah diletakkan di samping, di depan, atau di belakang rumah. Yang terpenting, jangan sampai taman tersebut menggangu fungsi utama sebuah rumah.

3. Menyulap Halaman Depan Rumah

Model Halaman untuk Desain Rumah Minimalis Asri tapi Modern

Jangan biarkan halaman depan rumah terlihat lusuh dan gersang. Meskipun hanya rumah “minimalis”, bukan berarti semuanya harus serba-terbatas. Ciptakan sesuatu yang sederhana, tapi berkesan. Ada beberapa hal yang bisa sobat manfaatkan untuk menciptakan halaman depan rumah agar terlihat asri.

Sebagai contoh, jika halaman depan rumah berupa tanah kering sehingga tidak memungkinkan ditanami tanam-tanaman, sobat bisa memanfaatkan pot. Pastikan sobat menggunakan beragam jenis tanaman sehingga terlihat lebih bervariasi dan penuh warna. Jika memungkinkan, sobat juga bisa menambahkan lampion yang bisa menjadi penerang di malam hari. Itu bisa menimbulkan kesan romantis.

4. Mengoptimalkan Fungsi Teras Rumah

Gambar Teras untuk Desain Rumah Minimalis Asri

Selain halaman depan rumah, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya sobat juga memperhatikan desain teras rumah. Apalagi bagi sobat yang ingin membuat desain rumah minimalis asri bertemakan alam, menambahkan tanaman pada teras rumah merupakan pilihan yang tepat. Namun, jangan sampai berlebihan. Cobalah meminimalkan kuantitas tanaman yang digunakan dan pilih jenis tanaman yang tepat.

5. Gunakan Lantai yang Tepat

Model Lantai untuk Desain Rumah Minimalis Asri

Kesan asri tidak hanya terdapat pada tanaman, tapi juga bisa diperoleh dari penggunaan lantai rumah. Ada beberapa pilihan lantai yang bisa sobat gunakan, seperti lantai keramik atau lantai yang terbuat dari kayu. Jika sobat memilih lantai keramik, sah-sah saja menggunakan warna polos, tapi sebaiknnya pilihlah warna yang natural, tidak terlalu mencolok, dan terkesan modern. Lantai keramik yang bermotif juga bisa menjadi alternatif

6. Memperhatikan Komposisi Warna Dinding


Dinding bisa dikategorikan sebagai salah satu elemen dari interior rumah. Nah, pemilihan warna pada dinding juga mesti diperhatikan dalam rangka membuat desain rumah minimalis asri. Saran saya, gunakanlah warna yang sejuk dan meneduhkan, seperti hijau muda, biru muda, dan sejenisnya. Jangan gunakan warna yang terlalu terang dan terlalu gelap. Selain itu, hindari juga menggunakan satu warna agar tidak terlihat monoton, tapi jangan menggunakan terlalu banyak warna agar tidak terlihat norak.

7. Optimalkan Fungsi Furnitur

Model Furnitur untuk Desain Rumah Minimalis Asri, Modern, dan Nyaman

Sobat harus ingat lagi konsep desain rumah minimalis asri seperti yang dijelaskan di awal. Furnitur merupakan salah satu elemen yang bisa menunjang keasrian, asalkan tahu caranya memanfaatkannya. Sebagai contoh, jika sobat menggunakan sofa, gunakanlah yang berukuran sedang karena ini sesuai dengan prinsip minimalis.

Untuk keasrian, pilihlah sofa yang menurut sobat sedap untuk dipandang. Tidak bisa dipungkiri, setiap orang pasti memiliki pandangan yang beragam mengenai hal ini. Intinya adalah sobat bebas untuk memilih jenis furnitur dengan berbagai macam gaya atau nuansa, seperti klasik, tradisional, natural, vintage, dan sebagainya. Ingat, jangan sampai menghilangkan konsep minimalis.

8. Manfaatkan Batu Alam

Batu Alam untuk Desain Rumah Minimalis Asri, Sederhana, dan Indah

Tidak ada yang meragukan keindahan batu alam. Itulah alasan kenapa batu alam bisa menjadi salah satu elemen terbaik untuk menciptakan desain rumah minimalis asri. Sobat bisa mengombinasikan batu alam berukuran besar, sedang, dan kecil. Batu alam tersebut bisa digunakan sebagai jalan setapak menuju pintu, pembatas taman, dan bisa juga untuk hal-hal lain. Di sinilah kreativitas sobat diuji.

9. Menciptakan Kolam Berukuran Mini

Konsep Kolam untuk Desain Rumah Minimalis Asri, Modern, dan Cantik

Umumnya, Sebagian orang menganggap bahwa pembuatan kolam bisa memakan biaya yang relatif tidak sedikit. Padahal, itu tidak sepenuhnya benar. Sobat bisa memanfaatkan material bekas yang masih layak pakai. Jika sobat tak mampu membuat kolam sendiri, gunakanlah jasa tukang yang memiliki bayaran murah. Jika memungkinkan, sobat juga bisa minta tolong ke tetangga atau kerabat yang bisa membuat kolam berukuran mini.

Satu hal lagi, apabila kolam tersebut berfungsi untuk tempat tinggal binatang piaraan seperti ikan, maka perhatikan lokasi pembuatan kolamnya. Jangan sampai ikan yang ada di kolam tersebut hilang satu per satu karena dicuri oleh orang atau dimangsa oleh binatang lain.

10. Menggunakan Gazebo

Gazebo untuk Desain Rumah Minimalis Asri dan Sederhana Pedesaan

Gazebo juga bisa menambah kesan asri pada rumah minimalis. Namun, ini bukan suatu keharusan, tapi layak untuk dipertimbangkan terutama untuk rumah minimalis yang memiliki pekarangan yang cukup luas. Sobat bisa membuat desain gazebo yang sederhana, tapi mampu menyatu dengan kondisi lingkungan rumah.

Itulah 10 tips, trik, dan cara mudah menciptakan desain rumah minimalis asri. Saya yakin, jika sobat mampu “pandai-pandai”, 10 cara di atas tidak akan memakan biaya yang besar. Lagi pula, saya juga tidak menyarankan sobat untuk melakukan kesepuluh cara tersebut. Cukup gunakan beberapa diantaranya saja (dikondisikan sesuai dengan kebutuhan). Akhir kata, saya mohon maaf atas kekurangan pada artikel ini, semoga bermanfaat, dan jangan lupa bersyukur. J

Postingan terkait: