7 Cara Menata Ruang Tamu Yang Menyatu Dengan Ruang Keluarga Tanpa Sekat!

Cara Menata Ruang Tamu Yang Menyatu Dengan Ruang Keluarga Tanpa Sekat!


RanahSolusi --- Ruang tamu merupakan salah satu titik tempat berkumpulnya keluarga dan tempat menjamu tamu. Sudah semestinya itu didesain dengan baik. Nah, bagaimana cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga tanpa sekat dan dengan penataan yang simpel? Nah, di artikel ranahsolusi ini, Anda akan menemukan jawabannya. Kami akan memaparkan penjelasan dengan sebaik mungkin sehingga ruang tamu atau ruang keluarga Anda bisa terlihat cantik dan indah.

Biasanya, ruang tamu ini diletakkan pada bagian depan rumah yang kemudian dipisahkan dari ruangan lain yang bersifat private. Sebagai contoh, ruang kamar tidur, dan juga ruang keluarga. Namun, ada sebagian rumah dengan tata ruang yang sengaja dibuat tanpa sekat. Pastinya, itu butuh ditata dengan detail agar supaya dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain dapat menciptakan ruangan nikmat dilihat dan dipandang, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga jika didesain dengan cara tepat, maka itu juga bisa memberikan efek privasi bagi penghuni rumah itu sendiri. Nah, berikut ini telah disediakan beberapa inspirasi sebagai bagian dari cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga.

1. Gunakan Partisi untuk Mengamankan Privasi Ruangan

Nah, partisi ruang dapat dipilih untuk menjaga privasi atau memberikan pembatas antara ruang tamu dan ruang keluarga. Ini akan sangat cocok untuk ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Agar ruangan tersebut tidak terlihat kecil dan terkesan sempit, Anda mesti menghindari untuk menggunakan partisi yang tebal apalagi dengan ukuran yang relatif besar, contohnya seperti lemari.

Salah satu alternatif terbaik yang mungkin bisa Anda gunakan yaitu dengan memakai partisi berupa rak buku, rak pajangan yang tipis, atau ornamen-ornamen lain. Meskipun itu tidak terlau bisa memisahkan antara kedua ruangan tersebut secara jelas, namun keberadaan partisi tersebut tetap bisa memberikan batasan terhadap ruangan. Dengan demikian, itu dapat membuat pemisahan aktivitas di ruang keluarga dan ruang tamu.

2. Menciptakan Desain Ruangan yang Serasi

Cara Menata Ruang Tamu Yang Menyatu Dengan Ruang Keluarga Tanpa Sekat!

Inilah cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga terutama pada rumah yang memiliki luas terbatas atau sempit. Ya, dengan membuat desain ruang yang serasi atau senada, itu dianggap mampu memberikan kesan lebih luas pada ruangan rumah. Ingat, Anda mesti menghindari untuk menggunakan desain ruangan yang tidak serasi terutama ketika diaplikasikan untuk ruang keluarga dan ruang tamu. Apalagi jika kedua ruangan tersebut tidak memakai sekat.

Tentu saja, efeknya sangat tidak baik, selain bisa membuat ruangan terasa aneh dan janggal, setiap sudut ruangan pun juga akan terkesan lebih sempit. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menggunakan warna cat yang bagus dan senada. Begitu juga dengan pemilihan model perabot yang juga mesti seragam. Dengan menciptakan penataan ruangan dengan desain yang serasi, maka itu akan menciptakan tampilan ruangan yang lebih lapang sehingga terasa nyaman.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa membedakan antara warna dinding ruang tamu dengan warna cat dinding untuk ruang keluarga. Meskipun begitu, pastikan bahwa keuda arna itu tidak bertolak-belakang, dengan kata lain, meskipun memiliki warna yang berbeda, tapi masih terkesan selaras dan harmonis. Jangan sampai ada warna yang terlalu mencolok di salah satu ruangan tersebut.

3. Menciptakan Ketinggian Lantai yang Berbeda

Nah, inilah cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga selanjutnya. Ya, Anda dapat mendesain ketinggian lantai yang berbeda antara kedua ruang tersebut. Berapa jarak ketinggian yang ideal? Anda dapat membuat perbedaan ketinggian kurang lebih 10 s.d. 20 cm agar bisa memberikan kesan berbeda pada ruangan tersebut meskipun tanpa sekat yang jelas.
Selain terlihat simpel atau sederhana, cara seperti ini juga cukup efektif untuk membuat batasan ruangan. Tidak hanya itu, cara seperti ini juga tetap menjaga fleksibilitas dan tetap menjaga kesan luas pada ruangan. Oleh karena itu, pastikan Anda mencoba alternatif ini.

4. Gunakan Perabot Ukuran Minimalis

Cara Menata Ruang Tamu Yang Menyatu Dengan Ruang Keluarga Tanpa Sekat!

Memilih desain minimalis sangat pas untuk menciptakan ruang keluarga dengan penataan yang simpel. Nah, perabot atau furnitur minimalis memiliki bentuk dan ukuran yang sederhana dan pastinya tidak memakan ruang yang besar. Selain mampu membuat tampilan ruangan terkesan lebih lapang, furnitur minimalis juga bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih stylish dan rapi. Anda bisa menempatkan perabot minimalis tersebut dalam jumlah yang tidak belebihan agar menjaga ruangan dari kesan penuh dan sempit.

5. Gunakan Tirai

Inilah alternatif lain untuk menyiasati ruang keluarga yang bergabung dengan ruang tamu. Ya, tirai sangat tepat digunakan sebagai pembatas antara kedua ruangan tersebut, tanpa sekat. Kenapa tirai sangat tepat digunakan? Ya, tirai terlihat lebih fleksibel yang mana dapat dibuka dan ditutup dengan mudah.

Ingat, pastikan Anda menggunakan tirai dengan warna yang serasi dengan desain dan tema keseluruhan ruangan Anda. Tirai tersebut dapat ditutup ketika tamu datang (selain anggota keluarga atau kerabat). Sementara itu, Anda dapat membuka tirai ketika tamu yang datang adalah anggota keluarga, teman, atau kerabat dekat Anda. Tujuannya, agar tidak terkesan ada batasan yang berlebihan.

6. Ciptakan Bingkai tanpa Penutup untuk Memisahkan Ruangan

Dengan memberikan bingkai terbuka (tanpa penutup) yang terbuat dari bahan apapu, apakah bahan kayu, rotan, atau sebagainya, itu dianggap efektif untuk memisahkan antara ruang tamu dan ruang keluarga. Selain bisa menjaga kesan luas pada ruangan, cara seperti ini juga relatif mudah dilakukan.

7. Ciptakan Sekat dari Kaca Transparan

Nah, pemberian sekat dari kaca transparan untuk pemisah ruangan merupakan salah satu cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Anda bebas melih model atau desain kaca, tapi alahkah lebih baik jika Anda memilih kaca dengan motif yang tidak terlalu berlebihan, motif polos pun juga bagus. Yang terpenting, fungsinya yang diutamakan. Percaya atau tidak, sekat yang terbuat dari kaca tersebut selain mampu memberikan kesan luas, itu juga dapat menciptakan kesan modern dan elegan pada ruangan rumah Anda.

Cara menata ruang tamu dan ruang keluarga yang menyatu bisa diakali dengan beragam cara, mulai dari melakukan penataan terhadap furnitur dan perabot rumah, hingga penataan desain ruangan. Yang terpenting adalah kenyamanan. Pastikan penciptaan desain tersebut tidak mengabaikan kenyamanan hidup dan tinggal di dalam rumah.

Cara Menata Ruang Tamu Yang Menyatu Dengan Ruang Keluarga Tanpa Sekat!

Tag: desain ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, cara menata ruang tamu tanpa kursi, tips membuat ruang keluarga dengan penataan yang simpel. Trik membuat desain dapur dan ruang makan sederhana, cara menata ruang tamu dan dapur, dan desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan. Cara menata ruang tamu pintu tengah dan cara menata ruang tamu yang memanjang.


Cara Menata Ruang Tamu Yang Menyatu Dengan Ruang Keluarga Tanpa Sekat!

Itulah informasi dan pemaparan tentang cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Anda dapat mengaplikasikan salah satu atau bahkan ketujuh cara tersebut untuk membatasi antara ruang tamu dan ruang keluarga. Satu hal lagi yang tidak kalah penting yaitu pastikan Anda membuat perencanaan yang matang. Lalu, pastikan juga Anda melakukan konsultasi atau mencari referensi sebanyak mungkin. Dengan demikian, apa yang ingin Anda wujudkan dapat tercapai. Semoga bermanfaat, selamat menikmati hidup.

Postingan terkait: