Lengkap! 12 Tips & Cara Merawat Mobil Matic Agar Awet & Tetap Prima

Tips & Cara Merawat Mobil Matic Agar Awet & Tetap Prima

Cara Merawat Mobil Matic Agar Awet --- Seperti apa perawatan mobil matic yang baik? Apakah perlu mengeluarkan biaya perawatan yang besar? Tidak! Kalau Anda mau tahu cara merawat mobil matic agar awet dan performa mesin tetap prima, Anda bisa melakukan bahkan dengan cara yang sederhana.

Misalnya, Anda bisa menghidupkan dan memanaskan mobil secara rutin sehingga bisa meminimalkan kendala pada mesin. Nah, untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, berikut telah saya sediakan 12 Tips & Cara Merawat Mobil Matic Agar Awet & Tetap Prima. Tips ini cocok untuk semua jenis mobil matic, apakah toyota avanza, merk honda, yamaha, mitsubishi, dll. Check it out!

1. Panaskan Mobil Sebelum Berkendara

Alasan sibuk, lupa, atau abai sering menjadi kendala kenapa banyak orang tidak memanaskan mobil. Padahal, fungsi pemanasan (warming up) pada mobil sangat penting, baik untuk mobil matic maupun manual. Dengan memanaskan mobil, penyesuaian suhu udara pada mesin bisa menjadi lebih baik, dan sirkulasi oli bisa tersebar lebih merata ke seluruh elemen & komponen mesin. Tapi ingat, Anda juga mesti tahu cara memanaskan dan menghidupkan mobil yang baik dan benar.

Berapa waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mobil? Tidak perlu sampai 5 menit apalagi lebih, karena itu bisa membuang-buang bahan bakar. Jadi, cukup maksimal 3 menit saja tapi tidak kurang dari 2 menit. Ingat, ketika memanaskan mobil, jangan pernah menyalakan AC. Pastikan juga transmisi di posisi N (Netral), dan jangan terlalu dalam menginjak gas. Setelah kondisi mesin stabil, AC baru boleh dinyalakan. Lakukan cara ini secara rutin, dan Anda tidak butuh biaya perawatan yang mahal.

2. Cek Kinerja Transmisi Mobil

Inilah trik selanjutnya, cara merawat mobil matic agar awet dan memiliki performa prima. Ya, perawatan seperti ini tidak butuh kerumitan. Anda bisa melakukannya secara mandiri. Caranya? Coba Anda tempatkan tuas transmisi di posisi R atau D. Kemudian, lepaskan rem mobil. Kalau mobil Anda langsung bergerak, itu mengindikasikan ada masalah pada sistem transmisi.

3. Ganti Oli Mesin Secara Teratur

Dari banyak sisi, mobil matic butuh perawatan yang lebih banyak daripada mobil manual, termasuk dalam perawatan oli mesin. Gantilah oli mesin secara teratur. Kenapa? Oli mesin berfungsi sebagai pelumas yang mampu mengurangi gesekan antar komponen mesin. Oli mesin juga berfungsi untuk membersihkan kotoran pada mesin yang kemudian disaring dengan penyaring oli. Tidak hanya itu, oli mesin juga mampu mendinginkan mesin dan mencegah terjadinya karat.

Nah, inilah salah satu cara merawat mobil matic agar awet. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan perawatan seperti ini secara rutin agar mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

4. Ganti Oli Transmisi Secara Berkala

Selain oli mesin, oli transmisi juga penting untuk Anda cek dan butuh diganti secara berkala. Biaya perawatan atau harga oli transmisi matic ini tidak lebih mahal dibandingkan jika Anda melakukan pembiaran. Ya, risikonya jauh lebih besar. Kapan perawatan seperti ini dilakukan? Anda bisa melakukan ganti oli transmisi ketika mobil sudah berjalan di angka 25.000 km s.d. 50.000 km. Tapi ingat, pastikan juga Anda memakai oli yang direkomendasikan (sesuai).

5. Jika Terkena Banjir, Segera Ganti Oli Transmisi

Anda mesti paham dengan kondisi seperti ini. Ya, jika misalnya terjadi hujan deras, kemudian mobil matic Anda terkena banjir, pastikan Anda segera mengganti oli transmisi. Butuh fokus dan perawatan khusus untuk kendala seperti ini. Pasalnya, genangan air yang cukup tinggi, sangat memungkinkan air masuk ke dalam gearbox mesin. Nah, inilah salah satu cara merawat mobil matic agar awet dan prima.

6. Pahami Gejala atau Tanda-Tanda Kerusakan Mobil

Sudah semestinya Anda, sebagai pemilik dan pengemudi, peka terhadap kondisi mobil Anda. Anda mesti paham kendala apa yang sedang terjadi pada mobil Anda. Itulah pentingnya memahami seluk-beluk mobil. Anda bisa memulai dari hal-hal yang mendasar. Sebagai contoh, jika terdengar bunyi mesin yang cukup kasar pada mobil, Anda patut mencurigai bahwa di sana ada masalah.

7. Rutin Melakukan Uji Jalan

Nah, ini termasuk perawatan yang cukup mudah dan tidak butuh biaya perawatan yang signifikan. Bahkan, cara ini bisa dilakukan kapan saja. Ya, Anda mesti rutin melakukan uji jalan pada mobil matic Anda. Anda bisa mengendarai mobil pada jarak tertentu, dan sambil berkendara, cek elemen-elemen penting pada mobil. Seperti persneling, misalnya. Cek apakah ada kendala pada persneling, atau kendala pada komponen lain yang terkait.

8. Hati-Hati dan Teliti dalam Penggunaan Persneling

Inilah salah satu cara merawat mobil matic agar awet dan tentu saja memungkinkan bagi Anda untuk bisa meminimalisasi biaya perawatan mobil. Dalam menggunakan persneling, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Sebagai contoh, saat mobil dalam keadaan berhenti dan mati, hindari menggunakan persneling. Jika dipaksakan, maka persneling berpotensi menjadi cepat rusak.

Kemudian, hindari juga menggunakan persneling ketika hendak memarkir mobil. Jika dilakukan, pedal dan kopling bisa menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, jika Anda ingin memarkir mobil, pastikan mobil berhenti terlebih dahulu, barulah tuas transmisi digeser ke posisi P (Parkir).

9. Lakukan Servis Mobil Secara Berkala

Perawatan yang satu ini merupakan hal yang vital dan wajib untuk dilaksanakan, baik untuk mobil matic maupun manual. Lakukan servis mobil secara berkala dan teratur agar performa mobil matic Anda terjaga dan bisa menjadi lebih awet (tahan lama). Oleh karena itu, jangan abaikan perawatan ini.

10. Tidak Ugal-Ugalan dalam Berkendara

Secara implisit, ini merupakan cara merawat mobil matic agar awet dan tetap prima. Bayangkan, mana yang lebih tahan, berkendara secara baik (normal) atau secara ugal-ugalan? Nah, oleh karena itu, kalau Anda tidak ingin mobil matic Anda memiliki usia yang singkat, berkendaralah secara baik. Ingat, mobil matic memiliki tingkat kerentanan yang lebih besar daripada mobil manual.

11. Tidak Menggunakan Mobil dengan Banyak Tangan

Nah, ini juga termasuk perawatan mobil secara tersembunyi. Ya, jangan biarkan mobil matic Anda digunakan oleh banyak tangan atau dipinjam oleh banyak orang. Cukup keluarga Anda saja yang boleh menggunakan. Pun, jika ada teman yang mau meminjam, ada baiknya cek apakah teman tersebut bisa dipercaya dalam membawa mobil.

12. Tumbuhkan Rasa Peduli dan Memiliki

Cara merawat mobil matic agar awet yang terakhir adalah dengan menumbuhkan rasa peduli dan memiliki terhadap mobil Anda sendiri. Jika ini Anda miliki, saya yakin, mobil Anda akan baik-baik saja dan tetap awet dalam jangka waktu yang relatif lama. Dengan menumbuhkan semangat ini, apapun untuk kebaikan mobil Anda, pasti Anda lakukan. Oleh karena itu, cam kan lah! :D

Well, itulah 12 Tips & Cara Merawat Mobil Matic Agar Awet & Tetap Prima. Cara ini cukup sederhana, bukan? Bahkan, kalau Anda mau dan peduli dengan trik di atas, Anda tidak butuh biaya perawatan yang besar untuk menjaga kualitas mobil matic Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda mencintai dan menumbuhkan rasa peduli pada mobil Anda, yaitu dengan mengimplementasikan 12 tips di atas. Semoga bermanfaat!

Related things: cara merawat mobil matic avanza, biaya perawatan mobil, cara memanaskan mobil matic yang jarang dipakai, perawatan mobil matic honda, harga oli transmisi, cara memanaskan mobil.

Postingan terkait: