Cara Renovasi Rumah Menjadi 2 Lantai Tanpa Membongkar Lantai 1


Cara Renovasi Rumah Menjadi 2 Lantai Tanpa Membongkar Lantai 1
Cara Renovasi Rumah Menjadi 2 Lantai Tanpa Membongkar Lantai 1 --- Ada beberapa alasan kenapa seseorang ingin melakukan dan mencari cara renovasi rumah lama dari lantai 1 (satu) menjadi lantai 2 (dua). Salah satu alasannya adalah keterbatasan lahan. Pertanyaannya adalah apakah ruangan pada rumah dengan luas lahan yang kecil dan sempit bisa ditambah? Apakah ada cara renovasi rumah biaya murah?

Baca juga: 13 Rahasia Bisa Beli Rumah dengan Gaji 2 Juta, 3 Juta & 4 juta + Simulasinya 

Jawabannya adalah bisa! Namun, tentu saja tidak mudah, tapi juga tidak sulit, asalkan kita mempertimbangkan beberapa hal, seperti RAB atau perkiraan biaya renovasi, baik tanpa membongkar bangunan awal atau lama, maupun dengan membongkarnya. Ini bisa dijadikan sebagai perbandingan, dan kemudian bisa dipilih cara atau jalan dengan biaya murah dan mudah.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah dengan Mudah (Dari Nol sampai Jadi)

Bagi rumah type 36, type 45, type 48, type 30/60, atau dengan luas yang bisa dikatakan relatif kecil (minimalis), tapi ingin menambah ruangan, maka salah satu jalannya adalah dengan membuat rumah bertingkat. Bisa dibuat menjadi dua atau beberapa lantai. Dengan kata lain, rumah tersebut tumbuhnya ke atas, bukan ke samping, mengingat keterbatasan lahan.

Ada beberapa ruangan yang bisa dibuat pada lantai 2. Misalnya, jika rumah type 45 dengan luas rumah 5x8, maka setidaknya ada 2 sampai 3 ruangan utama yang bisa dibuat pada lantai 2. Bisa dengan menambahkan ruang tidur utama, ruang tidur anak, gudang, dan sebagainya.

Baca juga: 6 Tips & Cara Mudah Membuat Teras Rumah Minimalis (Hemat Biaya)

Lalu, apa keuntungan membuat rumah menjadi tingkat 2 tanpa membongkar lantai 1? Ya, efisiensi biaya. Siapa sih yang tidak mau membangun dan merenovasi rumah dengan biaya murah? Nah, berikut ini saya akan memberikan contoh kasus bagaimana merenovasi rumah menjadi lantai 2 tanpa membongkar lantai 1.

Sebagai contoh kasus:


Pak Amir ingin melakukan renovasi rumah. Namun, karena ukuran dan luas rumahnya yang relatif kecil, maka ia ingin merenovasi dengan membuat rumah tersebut menjadi 2 lantai. Pak Amir tidak memiliki cukup dana (minim) dan sangat ingin berhemat. Oleh karena itu, ia ingin lantai 1 pada rumahnya tidak dibongkar, dengan asumsi bahwa lantai 2 langsung ditumpuk di atasnya.

Baca juga: 16 Tips & Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas dan Indah

Pak Amir berencana, di lantai 2 tersebut akan dibuat ruang tidur utama beserta WC di dalamnya, kemudian juga dibuat kamar tidur anak, ruang keluarga, dan ruang untuk cuci dan jemur pakaian.

Jawab: Setiap rumah pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Ada yang lantai 2 bisa ditumpuk langsung di atas lantai 1, ada juga yang tidak bisa. Namun, sesuai dengan kasus di atas yang mana Pak Amir tidak memiliki lahan yang luas dan keterbatasan dana, maka solusi yang tepat memang menumpuk lantai 2 di atas lantai 1. Lalu, bagaimana cara mudah renovasi rumah menjadi 2 lantai tanpa membongkar lantai 1?

Cari Area yang Paling Lapang dan Kokoh untuk Ruang Tidur Utama


Inilah cara mudah renovasi rumah menjadi 2 lantai tanpa membongkar lantai 1 yang pertama. Ya, ruang tidur utama memang sebaiknya berada di area yang paling luas dengan struktur yang kokoh. Salah satunya bisa diletakkan di atas ruang bagasi kendaraan mobil atau motor. Kenapa? Karena ruang tersebut memiliki struktur yang kokoh dan ideal untuk dibangun ruang tidur utama di atasnya.

Kamar Tidur Anak bisa Bersebelahan dengan Kamar Tidur Utama


Di sebelah ruang tidur utama tersebut, bisa diselipkan ruang tidur anak dengan posisi yang bersebelahan. Lalu, bagaimana dengan pembuatan pintunya? Bisa dibuat pintu sambung melalui tembok yang saling berbatasan.

Menciptakan Atap Transparan


Mungkin Anda bertanya-tanya, untuk apa menciptakan atap transparan? Tujuannya adalah untuk cuci jemur pakaian. Ketika atap transparan itu dibuka, itu tidak akan terlihat dari luar sehingga aman untuk menjaga privasi.

Untuk ruang gudang, bisa diletakkan di sisi kiri rumah dan pintu masuk utama bisa dibuat dari arah bagasi. Dengan begitu, penampilan rumah menjadi lebih indah, bagus, dan tertata rapi.

Ada Ruangan yang Harus Dialihkan


Renovasi rumah menjadi 2 lantai tanpa membongkar lantai satu memang terlihat agak sulit. Namun, itu tetap bisa terealisasi, asalkan ada ruangan yang mesti dialihkan, bukan berarti dikorbankan. Tujuannya tidak lain untuk kelancaran proses renovasi sehingga nantinya bisa menciptakan rumah dua lantai yang ideal.

Nah, ruangan pertama yang dikorbankan adalah ruang tidur yang terdapat di bagian belakang rumah. Ruangan tersebut direnovasi dan dialihkan menjadi ruang keluarga. Lantai 1 sebaiknya dibuat lapang dengan cara membuang sekat-sekat dan ruangan yang bersifat komplementer. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek luas dan lapang pada rumah.

Perhatikan Hal-Hal Lain


Ada hal-hal lain yang mesti diperhatikan. Pertama, jalur aliran air. Jalur air kamar mandi utama bisa ikut dengan kamar mandi yang ada di bawah. Kemudian, agar rumah tampak lebih segar, mungkin bisa dibuat balkon. Jangan lupa beri void karena itu bisa menjaga aliran sirkulasi hawa sehingga bisa tetap segar.

Baca juga: 15 Cara Cerdas Mengelola Gaji Bulanan yang Kecil dan Pas-Pasan

Kesimpulan: Untuk melakukan renovasi rumah menjadi 2 lantai tanpa membongkar lantai 1, dibutuhkan perencanaan yang matang. Mulai dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) sehingga Anda bisa melakukan estimasi dan perkiraan biaya yang dibutuhkan. Lakukan tips ini sebagai cara renovasi rumah biaya murah. 

Kemudian, saya juga menganjurkan agar Anda melakukan konsultasi secara intensif kepada konsultan bangunan rumah (arsitek) untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Itulah sebaik-baiknya cara renovasi rumah lama. Kenapa demikian? Ya, informasi pada artikel ini saya kira hanya bisa memberi gambaran secara umum sedangkan konsultan bisa memberi penjelasan lebih detail. Namun, saya berharap informasi yang sedikit ini, cara renovasi rumah menjadi 2 lantai tanpa membongkar lantai 1 ini bisa bermanfaat buat Anda semua. Aamiin.

Postingan terkait: