6 Cara Mudah Membuat Teras Rumah Minimalis Sederhana (Hemat Biaya)

Cara Mudah Membuat Teras Rumah Minimalis Sederhana Hemat Biaya

Inspirasi Teras Rumah Minimalis Sederhana --- Teras rumah merupakan salah satu elemen penting pada sebuah rumah. Ya, ketika sobat memandang suatu rumah, yang pertama kali kelihatan adalah gambar atau wajah rumah tampak depan. Salah satu bagian dari bagian depan rumah adalah teras. Artinya, teras bisa menjadi ikhtisar dan cerminan dari keseluruhan rumah. Itulah kenapa sobat harus memperhatikan betul bagaimana model, desain, dan wujud dari teras rumah tersebut.

Semakin indah, cantik, bersih, dan asri teras rumah yang sobat miliki, semakin baik pula pandangan orang terhadap rumah sobat. Lalu, seperti apa teras rumah yang bagus dan ideal? Sebenarnya, hanya dengan membuat teras rumah minimalis sederhana, saya rasa sudah cukup. Asalkan, sobat tahu bagaimana cara mengoptimalkannya.

Baca juga --> Cara Mudah Menciptakan Rumah yang Asri (Hemat Biaya)

Nah, bagi sobat yang berencana membuat atau merenovasi teras rumah, berikut ada beberapa hal yang perlu sobat pahami dan perhatikan untuk mewujudkan model desain teras rumah minimalis sederhana yang indah, cantik, dan hemat biaya. Pastikan sobat memahaminya dengan saksama. Check it out!

1. Alokasi Anggaran dan Konsep Teras Rumah


Inilah elemen pertama yang penting untuk sobat pahami dengan baik. Kenapa? Ya, itu nanti akan berpengaruh terhadap efektivitas dan efisiensi pembuatan teras rumah. Nah, jika sobat menentukan terlebih berapa anggaran yang dikeluarkan untuk pembuatan teras rumah minimalis sederhana, maka sobat bisa dengan mudah memilih model dan konsep teras seperti apa yang akan dibuat, apakah terbaru, modern, klasik, masa kini, cantik, dan lainnya.

Namun sebelum itu, sobat juga harus melakukan research kecil-kecilan untuk melihat konsep teras seperti apa yang sesuai dengan budget sobat. Jangan hanya mengikuti hasrat, namun tidak mampu mewujudkannya. Jangan pula memaksakan kehendak. Ingat, dahulukan kebutuhan.

2. Penggunaan Furnitur

Teras Rumah Minimalis Sederhana Modern

Furnitur merupakan salah satu elemen penting dalam menunjang keindahan teras rumah. Jangan pernah beranggapan bahwa meskipun sobat tidak memiliki teras yang luas, tidak boleh menggunakan furnitur. Itu perspektif yang keliru. Justru furnitur itu sendiri yang akan membuat teras menjadi lebih baik. Namun, sobat tidak boleh sembarangan memilih furnitur.

Ada beberapa variabel furnitur yang penting sobat perhatikan untuk mewujudkan teras rumah minimalis sederhana. Pertama, perhatikan konsep furnitur yang digunakan. Saya menyarankan sobat untuk menjaga keseimbangan dan keserasian antara furnitur yang digunakan untuk teras dan furnitur yang digunakan untuk ruangan dalam rumah. Jika pun ada perbedaan, setidaknya jangan terlalu mencolok.

Kedua, perhatikan ukuran furnitur. Untuk tipe rumah minimalis, furnitur yang cocok digunakan adalah yang berukuran kecil. Ketiga, perhatikan kuantitas furnitur. Jangan gunakan furnitur secara berlebihan, efeknya juga tidak baik. Kemudian, aspek terakhir yang perlu diperhatikan yaitu fungsi furnitur. Ya, gunakanlah furnitur yang memiliki fungsi yang jelas. Nah, ketika semua variabel furnitur tersebut bisa sobat penuhi, maka akan terciptalah efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan furnitur.

3. Pemilihan Tanaman

Teras Rumah Minimalis Sederhana Asri

Pernah dengar peribahasa bagaikan sayur tanpa garam? Nah, jika saya boleh membuat pengandaian, tanaman itu ibaratkan garamnya dan teras adalah sayurnya. Apakah enak jika sayur tanpa garam? Begitu pula dengan teras, tidak akan lengkap tanpa tanaman. Saya tidak menuntut sobat untuk menempatkan banyak tanaman di teras, nanti malah keasinan. Hehehe. Artinya, tempatkan secukupnya, dengan takaran yang mantap.

Yang paling penting sobat lakukan adalah pengoptimalan. Esensi dari penggunaan tanaman itulah yang pelu dikedepankan. Sebagai contoh, sobat cukup menyediakan 5 tanaman yang masing-masingnya memiliki jenis yang berbeda. Kemudian, tata dan susun dengan baik hingga bisa membuat teras terlihat asri. Sobat boleh menggunakan pot, atau jenis lainnya. Satu hal lagi, pastikan juga untuk menggunakan tanaman yang bervariasi dan berukuran minimalis, ya.

4. Pencahayaan


Percaya atau tidak, pencahayaan akan sangat berpengaruh dalam menciptakan teras rumah minimalis sederhana. Secara umum, cahaya mampu memberikan efek terang dan cerah sehingga tentu saja itu akan mendukung untuk menciptakan teras yang bagus dan bersih. Nah, dalam penggunaan cahaya, sobat memiliki banyak alternatif, dan alternatif yang paling sering digunakan adalah pencahayaan melalui lampu.

Lampu itu sendiri memiliki beragam jenis. Saya menyarankan sobat untuk menggunakan lampu LED karena lebih terang. Ini tentu saja akan membantu dalam penerangan terutama pada malam hari. Dengan hiasan tanaman plus lampu yang bersinar, teras rumah akan terlihat menakjubkan.

5. Penggunaan Lantai Teras


Dalam menciptakan teras rumah minimalis sederhana, lantai juga merupakan elemen yang tidak bisa dilupakan. Pasalnya, lantai merupakan elemen pokok dan memiliki porsi yang luas pada sebuah teras. Ada beberapa alternatif yang bisa sobat gunakan dalam menciptakan lantai yang bagus. Sebagai contoh, dengan menggunakan keramik, baik keramik polos maupun bermotif.

Umumnya, keramik polos berwarna putih lebih sering digunakan, namun tentu saja keramik bermotif juga bisa digunakan. Namun, akan jauh lebih baik jika disesuaikan dengan konsep rumah, apakah konsep klasik, modern, mewah, dan seterusnya.

Ada juga alternatif lain yang bisa sobat gunakan untuk lantai, dan ini menurut saya lebih praktis. Ya, dengan menggunakan karpet. Sobat bebes memilih karpet polos atau bermotif. Intinya satu, sesuaikan dengan konsep rumah agar terlihat lebih serasi.

6. Pemilihan  Warna

Teras Rumah Minimalis Sederhana Asri dan Indah

Sesuatu yang sederhana bisa terlihat istimewa karena penggunaan warna. Begitu juga dengan menciptakan teras rumah minimalis sederhana. Warna apa yang dimaksud di sini? Semuanya. Mulai dari warna lantai, warna dinding, warna bunga, dan elemen-elemen lainnya. Jika sobat mampu menciptakan keserasian, bukan tidak mungkin sobat akan memiliki teras yang cantik dan berseri.

Itulah informasi singkat mengenai 6 cara mudah membuat teras rumah minimalis sederhana. Semoga informasi ini bisa menjadi inspirasi dan pegangan untuk sobat semua dalam menciptakan teras yang bagus. Jika ada kekurangan pada artikel ini, mohon dimaafkan. Ok?

Postingan terkait: